Sabtu, Mei 18, 2024

Curug Uci Garut: Daya Tarik, HTM, dan Alamat

Curug Uci Garut merupakan sebuah objek wisata atau tepatnya hidden gem yang menyuguhkan panorama lembah yang indah. Tempat ini belum banyak wisatawan ketahui karena lokasinya cukup tersembunyi dan akses menuju lokasinya cukup menguras tenaga. Namun, potret indahnya air terjun ini berhasil tersebar di media sosial dan mampu menarik banyak wisatawan untuk datang. Apalagi para anak muda yang hobi berpetualang dan menyukai tantangan.

Garut sendiri merupakan sebuah kabupaten di priangan timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya. Kabupaten ini menyabet julukan swiss van java atau Swiss-nya Jawa Barat bukan tanpa alasan. Bentang alamnya yang mayoritas berupa gugusan pegunungan memang mengingatkan kita pada indahnya Negara Swiss di Eropa sana. Kabupaten yang sering juga kita kenal dengan kota intan ini memiliki ragam objek wisata alam yang memesona, salah satunya berupa air terjun atau dalam bahasa Sunda bernama curug.

Curug Uci Garut menjadi salah satu air terjun tersembunyi yang kini pesonanya mulai terangkat menarik perhatian publik. Tempatnya memang cocok untuk menjadi spot healing sekaligus refreshing. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini yang akan memuat beberapa informasi penting tentang objek wisata ini. Yuk, simak selengkapnya, Sobat Djava!

Baca juga: Curug Ciarjuna Garut, Hidden Gem di Kota Intan

Daya Tarik Curug Uci Garut

Letak air terjun yang berada dalam hutan mungkin sudah biasa, tetapi pernahkah kalian menjumpai air terjun di tengah lembah? Jika belum, maka cobalah datang langsung ke lokasi curug ini yang memang berada di tengah lembah indah dengan gugusan pegunungan. Tak hanya menjadi pemandangan dari kejauhan, pegunungan dan perbukitan itulah justru yang menjadi sandaran air terjunnya. Seolah membagi gugusan perbukitan menjadi dua bagian dengan alirannya.

Uniknya, Curug Uci Garut juga merupakan air terjun berundak dengan dua undakan yang masing-masing memiliki ketinggian air yang berbeda. Jika kita totalkan maka jumlahnya mencapai sekitar 100 meter di, lho. Debit airnya juga cukup deras dengan warna yang jernih khas air pegunungan. Jatuhan airnya akan membentuk kolam alami dengan bebatuan yang menghiasi di berbagai sudutnya.

Kolam yang menampung jatuhan air terjunnya akan berwarna kebiruan memesona, berpadu dengan warna gugusan perbukitannya yang hijau memanjakan mata. Bahkan kolam pada undakan kedua air terjun jika kita lihat dari atas bentuknya seperti cinta, lho. Pesona air terjun ini memang tak bisa kita ragukan lagi, tetapi pastikan Anda datang saat cuaca cerah dan tidak sedang musim hujan. Agar warna airnya tidak keruh dan panormanya lebih terlihat jelas.

Bentang alam di sekitar Curug Uci Garut ini merupakan tebing perbukitan yang tinggi dengan bebatuan besar sehingga tidak memungkinkan untuk mencapai undakan pertama. Meskipun begitu, menikmati undakan terbawah air terjun ini sudah cukup untuk membuat Anda merasakan betapa megah dan indahnya curug ini. Anda juga tentu bisa bermain air bahkan berenang untuk merasakan sensasi kesegaran airnya. Namun, hanya bisa pada bagian kolam yang dangkal dan aliran sungainya dengan pengawasan dari local guide.

Jika Anda gemar hunting foto, air terjun ini akan menjadi pilihan yang tepat. Panorama air terjun yang tinggi dengan tebing perbukitan yang gagah akan membuat fotomu makin epik. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda membawa kamera drone agar bisa menangkap semua lanskap indah curug ini.

Asal-Usul Penamaan Curug Uci Garut

Objek wisata Curug Uci Garut biasa warga sekitar kenal juga dengan Curug Cikawung atau Curug Mala. Penamaan ‘uci’ sendiri lahir karena sejarah yang mengatakan bahwa dahulu terdapat penduduk bernama ‘uci’. Beliau yang melestarikan alam di lokasi curug dan sekitarnya sehingga jauh dari kesan gersang. Nenek Uci melakukannya dengan menanam berbagai tanaman pada kebunnya, karena jasa itulah ia abadi dalam nama air terjun ini.

Kemudian penamaan Curug Cikawung sendiri lahir karena aliran curug ini memang berasal dari Sungai Cikawung. Namun, kini air terjun ini lebih banyak populer dengan sebutan Curug Uci Garut.\

HTM, Fasilitas, dan Alamat

Harga tiket masuk objek wisata ini murah meriah, hanya Rp10.000 saja per orangnya. Namun, fasilitas objek wisata ini masih minim karena pengelolaannya belum terjamah oleh pemerintah setempat. Untuk parkir kendaraan pun wisatawan harus ikut ke pekarangan rumah warga. Kemudian untuk perbekalan, sebaiknya Anda menyiapkannya dari rumah agar tidak kelaparan setelah hiking ke curug ini. Adapun jam operasional objek wisata ini dalah 24 jam setiap hari (bisa saja berubah sewaktu-waktu, info lebih lanjut 081213401658).

Tertarik berkunjung ke Curug Uci Garut? Kunjungi tempatnya yang beralamat di Kampung Punduk Curug, Desa Girimukti, Kec. Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44166. Terdapat tiga rute menuju tempat ini, tetapi yang paling dekat adalah melewati Cigembong dengan jarak trekking sekitar 1 kilometer. Harap jangan berkunjung saat musim hujan karena akses jalannya akan licin dan bisa membahayakan. (Ris/Djavatoday)

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya