Kamis, Juli 11, 2024

Curug Tirta Sela: HTM, Fasilitas, hingga Alamat

Curug Tirta Sela merupakan sebuah objek wisata alam indah yang berlokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat dengan daya tarik utama berupa air terjun ini memiliki udara yang sejuk karena berada pada lereng Gunung Slamet. Objek wisata alam ini berada pada pengelolaan Perseroan Terbatas Palawi Risorsis, sebuah perusahaan yang merupakan anak dari Perum Perhutani. Air terjun ini juga termasuk dalam wana wisata Baturraden yang namanya telah populer di kalangan pelancong dari berbagai daerah.

Kabupaten Banyumas memang merupakan salah satu kawasan di nusantara yang memiliki ragam wisata, mulai dari yang bertema edukasi,religi, kuliner, maupun alam. Daerah yang terkenal dengan julukan kota satria ini pun selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai daerah. Baturraden pun tak jarang menjadi tujuan wisata wisatawan kebanyakan. Namun, ternyata masih terdapat hidden paradise yang terdapat di wisata Baturraden, lho.

Hidden paradise tersebut bernama Curug Tirta Sela. Air terjun ini cukup tersembunyi karena berada dalam hutan dengan tebing berbatu yang mengungkungnya. Keindahannya tentu tak perlu lagi Anda ragukan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke curug ini untuk healing dan liburan, simak terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi, ya!

Baca juga: Telaga Warna Dieng: HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Daya Tarik Curug Tirta Sela

Sebelum membahas daya tarik air terjun yang satu ini, mari kita kupas terlebih dahulu asal-usul penamaannya. Kata ‘tirta’ jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘air’, sedangkan ‘sela’ memiliki arti ‘batu’. Maka penamaan air terjun ini dapat kita artikan sebagai air terjun yang mengeluarkan air dari celah bebatuannya. Sejarah penamaan ini bukan tanpa alasan, aliran air terjun yang satu ini memang seolah keluar dari celah tebing bebatuannya.

Tebing berbatu berwarna abu-hitam gelap tersebut menjulang tinggi dan melingkar seolah sedang mengungkung air terjunnya. Tumbuhan rambat, tumbuhan paku, dan jenis vegetasi alam lainnya menghiasi sebagian permukaan tebing sehingga membuatnya hijau asri. Pohon-pohon dengan daun yang rindang dan hijau juga memenuhi areanya, membuat sekitar Curug Tirta Sela menjadi begitu sejuk. Nuansanya alamnya yang tenang sangat cocok menjadi tempat healing dan liburan untuk menjernihkan pikiran dan mengisi energi sebelum beraktivitas kembali.

Adapun daya tarik utama dari objek wisata ini adalah air terjunnya yang mengalir indah dari celah tebing berbatunya. Jernihnya air mengalir dengan cukup deras secara vertikal dan membentuk kolam alami di bawahnya. Ketinggian air terjun ini berubah-ubah tergantung pada musim, unik sekali, bukan? Saat musim kemarau, ketinggiannya hanya 14 hingga 15 meter saja, tetapi saat musim hujan ketinggiannya bisa sampai 60 meter, lho!

Mendengarkan suara air terjun sembari menghirup udara sejuk dan menikmati pemandangannya yang asri tentu akan menjadi healing yang menyenangkan. Anda bisa bersantai pada bebatuan yang tersebar di depan Curug Tirta Sela atau duduk pada dek yang tersedia. Dek ini terletak di depan air terjunnya dan terdapat kursi serta meja yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati lanskap air terjunnya.

Setelah puas bersantai, beranjaklah dan coba sensasi kesegaran airnya dengan berenang pada telaganya. Telaga yang berukuran cukup luas ini menampung aliran air terjun yang jatuh dari ketinggian tebing. Warna air telaganya bisa menjadi cantik saat cuaca cerah, yakni hijau kebiruan. Tetaplah berhati-hati saat berenang atau bermain air karena banyak bebatuan yang licin. Harap untuk tidak membuang sampah ataupun mengotori tempat ini karena Anda akan mendapat denda Rp200.000.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa berlibur ke Curug Tirta Sela, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp25.000 saat memasuki area wisata Baturraden. Hal tersebut karena curug ini berada di dalam wana wisata Baturraden. Kemudian saat akan memasuki area curugnya, Anda harus membayar lagi Rp15.000 per orang (belum termasuk biaya parkir). Jadi, Anda bisa menikmati dahulu ragam wisata yang ada di Baturraden sebelum menjajal curug, seperti labirin, bumi perkemahan, hingga Kebun Raya Baturraden.

Jangan lupa untuk berkunjung pada jam operasionalnya agar perjalanan Sobat Djava tidak sia-sia. Adapun jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB setiap hari. Kami sarankan agar datang pada pagi hari saat cuaca cerah karena pengunjung yang datang ke curug akan dibatasi 100 orang. Hal tersebut untuk menjaga kealamian dan keasrian alam mengingat air dari curug masih masyarakat setempat menfaatkan.

Fasilitas dan Alamat Curug Tirta Sela

Beberapa fasilitas yang terdapat pada objek wisata Curug Tirta Sela adalah area parkir, spot foto, dan dek untuk bersantai. Belum tersedia warung dekat area air terjunnya. Adapun alamatnya adalah Jalan Wana Wisata Curug Tirta Sela, Dusun II, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Anda juga harus melakukan trekking terlebih dahulu selama 10 menit dengan medan curam dan terkadang licin, jadi hati-hati, ya! (Ris/Djavatoday)

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya