Kamis, Mei 23, 2024

Curug Telu Banyumas: Harga Tiket hingga Daya Tarik

Curug Telu Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun (curug) yang menawan. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki tiga aliran utama dengan ukuran yang cukup besar dan deras. Tak hanya itu, untuk menuju ke curug ini juga Anda akan melewati dua air terjun lainnya yang tak kalah cantik. Air terjun tersebut bernama Curug Lawang dan Curug Kedung Pete yang biasa menjadi spot berenang wisatawan.

Objek wisata alam ini cukup populer di Banyumas karena terletak pada kawasan wisata terkenal bernama Wana Wisata Baturraden. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daaerah rela jauh-jauh datang untuk berlibur menikmati suasana alam yang asri. Kemudahan akses trekking menuju air terjun ini juga menjadi salah satu alasan pengunjung yang tak pernah sepi. Terutama bagi mereka yang berasal dari perkotaan dan ingin healing dengan suasana alam yang jauh dari polusi.

Bagi Sobat Djava yang ingin menghabiskan masa liburan dengan berkunjung ke Curug Telu Banyumas, sebaiknya simak terkebih dahulu uraian berikut ini. Kami akan memberikan informasi menarik dan penting yang akan bermanfaat sebagai referensi liburan terkini. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Curug Cipendok Banyumas, Permata di Lereng Gunung Slamet

Harga Tiket Masuk Curug Telu Banyumas

Untuk bisa berlibur di Curug Telu Banyumas, Anda harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuknya. Tidak mahal, hanya dengan Rp7.000 saja per orangnya, Sobat Djava sudah bisa berlibur sepuasnya. Terdapat biaya tambahan bagi Anda yang membawa kendaraan, yakni biaya parkir. Besarannya adalah Rp2.000 untuk per unit motor, tetapi terkadang biaya parkirnya gratis, lho.

Dengan harga tiket masuk yang murah, Anda bisa menikmati tiga curug sekaligus, lho. Adapun jam operasional objek wisata Curug Telu Banyumas ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun ini adalah saat pagi menjelang siang dengan kondisi cuaca yang cerah. Berkunjung saat musim hujan khawatir akan terjadi banjir secara tiba-tiba dan akses jalannya akan cenderung licin.

Fasilitas dan Lokasi Curug Telu Banyumas

Sebagai sebuah objek wisata yang cukup beken di Jawa Tengah, air terjun ini tentu telah lengkap dengan beberapa fasilitas. Seperti area parkir, musala untuk beribadah, toilet dan kamar ganti, dan warung yang akan menjadi solusi ketika lapar setelah bermain air. Tersedia juga ragam spot foto alami dengan latar belakang berupa keindahan air terjun yang ciamik.

Adapun alamat objek wisata Curug Telu Banyumas adalah Sawah & Hutan, Desa Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Untuk bisa ke lokasinya, Anda harus memastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi baik karena kontur jalannya cukup ekstrem. Setelah memarkirkan kendaraan di area parkir dekat gerbang masuk, Anda juga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalur trekking sejauh 500 meter tersebut berupa jalan setapak dan tangga permanen yang lengkap dengan pagar besi sebagai pegangannya sehingga cukup aman.

Menempuh trekking selama 5 menit, Anda akan menemukan sebuah goa yang menyimpan keindahan air terjun bernama Curug Lawang. Curug tersebut memiliki kolam alami bernama Sendang Bidadari dengan kedalaman sekitar 1 meter sehingga banyak wisatawan yang berenang di sana.

Berjarak sekitar 200 meter dari Curug Lawang, Anda akan menemukan Curug Kedung Pete yang memiliki kolam dengan kedalaman sekitar 3 hingga 5 meter dengan warna air yang cantik kehijauan. Lanjutkan lagi perjalanan menuruni tangga, maka Anda akan sampai pada tujuan utama, yakni Curug Telu Banyumas.

Pesona dan Daya Tarik

Objek wisata Air Terjun Telu memiliki daya tarik berupa alirannya yang lebih dari satu, yakni tiga aliran utama dan masih banyak aliran kecil lainnya. Dari tiga alira tersebut, satu di antaranya memiliki debi air dan ketinggian yang lebih besar. Ketinggiannya mencapai 12 meter dengan bentuk vertikal yang terapit dua aliran lagi pada kedua sisinya. Aliran kecilnya lebih lebar dengan debit air yang lebih kecil dan ketinggian yang lebih rendah. Namun, pesonanya tak kalah indah karena alirannya yang lebih lebar membuatnya bak tirai putih yang indah.

Air yang jatuh dari ketinggian tebing yang tinggi akan tertampung dalam sebuah kolam alami yang airnya berwarna biru kehijauan. Kolam ini biasanya menjadi spot wisatawan untuk bermain air dan berenang. Di depan kolam dan air terjunnya, Anda akan menemukan banyak bebatuan besar yang biasanya menjadi spot foto dan spot bersantai favorit wisatawan. Curug Telu Banyumas juga memiliki udara yang sejuk dengan nuansa asri yang mampu mengusir kepenatan. (Ris/Djavatoday)

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya