Minggu, Mei 26, 2024

Curug Putri Palutungan, Pesona Keindahan Kuningan

Curug Putri Palutungan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun di bawah Gunung Ceremai. Air terjun ini terkenal dengan airnya yang dingin sekaligus menyegarkan, cocok menjadi spot untuk menghilangkan beban pikiran. Keasrian alam berupa hutannya juga menarik perhatian, Anda akan merasakan hawa sejuk juga nuansa syahdu yang memanjakan. Berbagai wahana dan fasilitas liburan juga telah pihak pengelola wisata siapkan agar wisatawan dapat merasakan ragam keseruan.

Kabupaten Kuningan memang salah satu penyumbang objek wisata alam dengan pesona yang tidak main-main. Keindahan dan kesejukan alamnya tak jarang mampu membuat tubuh rileks dan pikiran lebih jernih. Untuk Anda yang tinggal di kota metropolitan, tempat healing yang satu ini bisa menjadi suntikan semangat yang memuaskan. Untuk informasi lebih lengkapnya, Sobat Djava bisa menyimak uraian berikut ini sebagai referensi liburan, ya!

Baca juga: Curug Cigamea Bogor: HTM, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Curug Putri Palutungan

Informasi penting yang harus Anda ketahui ketika akan berkunjung ke Curug Putri Palutungan adalah harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya. Harga tiket masuk objek wisata ini bervariasi, Rp5.000 untuk anak-anak saat weekday dan Rp8.000 untuk anak-anak saat weekend. Kemudian untuk orang dewasa, siapkan biaya Rp15.000 jika berkunjung saat weekday atau Rp17.500 jika berlibur saat weekend. Adapun biaya retribusi parkir untuk sepeda motor adalah Rp6.000, sedangkan mobil adalah sebesar Rp11.000 per unit.

Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas berkemah atau camping ground. Untuk wisata umum yang ingin berkemah dan membawa tenda sendiri, cukup bayar Rp20.000 per orang saja. Sementara untuk para pelajar, harganya lebih terjangkau, yakni Rp18.000 per orang. Jika Anda ingin berkemah dengan tenda dari penyewaan, harganya bervariasi mulai dari Rp60.000. Harga-harga tersebut tidak bersifat tetap dan bisa berubah-ubah sesuai kebijakan dari pihak pengelola wisata.

Fasilitas, Jam Operasional, dan Lokasi

Beberapa fasilitas juga tersedia pada objek wisata Curug Putri Palutungan demi memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada wisatawan. Fasilitas tersebut adalah area parkir kendaraan, toilet, musala, gazebo dan tempat duduk untuk bersantai, warung-warung makan, dan spot foto yang ciamik. Tersedia juga camping ground, shelter, pusat informasi, penyewaan ATV, outbound paintball, penyewaan tikar, permainan trampolin, penyewaan hammock, dan wahana lainnya.

Adapun jam operasional tempat ini adalah 24 jam setiap harinya. Kami sarankan agar Sobat Djava datang saat cuaca cerah agar airnya jernih dan area wisatanya tidak becek. Datang saat cuaca cerah juga akan membuat pemandangan alamnya terlihat lebih ciamik sehingga bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Untuk Anda yang tertarik berlibur ke Curug Putri Palutungan, segera arahkan kendaraanmu menuju Kabupaten Kuningan. Alamat lengkapnya adalah Jalan Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat 45552. Tempat ini berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar 20 menit.

Akses jalan menuju air terjun ini sudah baik, tetapi Anda harus tetap berhati-hati saat berkendara. Saat tiba di area parkirnya, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi air terjunnya. Tidak jauh, hanya berjarak sekitar 100 meter dengan medan yang cukup mudah, termasuk untuk anak-anak. Tentunya dengan tetap pengawasan dan pendampingan dari orang tua, ya!

Daya Tarik dan Ragam Wahana Menarik Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan menyuguhkan keindahan air terjun yang deras dengan ketinggian sekitar 20 meter. Warna airnya jernih dengan suhu yang dingin sekaligus menyegarkan tubuh. Jatuhan air terjunnya akan tertampung dalam kolam alami yang terus mengalir ke kolam alami lainnya. Kolam-kolam alami tersebut menjadi keindahan tersendiri karena berundak-undak dengan bebatuan tepi kolam berwarna hitam.

Bentuk air terjunnya sendiri unik karena jika Anda lihat dari angle tertentu, bentuknya menyerupai gaun seorang putri. Keelokan inilah yang menjadi asal-usul penamaan air terjun ini terlepas dari mitos bahwa tempat ini adalah tempat mandinya bidadari. Pangkal air terjun juga sesekali akan menampilkan pelangi, pastikan cuaca sedang cerah agar bisa menyaksikannya, ya. Pohon-pohon rindang dan vegetasi alam yang rimbun dan hijau sejauh mata memandang juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kawasan hutan dengan pohon-pohon menjulang tinggi pun tak luput dari perhatian karena nuansanya begitu asri. Area hutan ini menjadi spot wisatawan untuk melakukan ragam aktivitas setelah bermain air dan berenang di air terjunnya. Terdapat area tanah lapang di hutan Curug Putri Palutungan yang biasanya menjadi tempat kegiatan outbound atau gathering para wisatawan. Seperti menjajal paintball, ATV, atau berburu spot foto.

Area hutan ini juga menjadi tempat berkemah para wisatawan dengan tenda-tenda yang beragam. Kursi-kursi kayu juga tersebar di beberapa titik sebagai tempat bagi wisatawan untuk bersantai sembari menghirup udara segarnya. Berpiknik juga bisa menjadi alternatif pilihan aktivitas liburan yang menarik karena areanya teduh dan sejuk. Jadi, kapan Sobat Djava akan berkunjung ke Curug Putri Palutungan? (Ris/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya