Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Putih Tasikmalaya, Keindahan Alam dengan Kisah Misterinya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Putih Tasikmalaya merupakan satu dari sekian banyaknya wisata air terjun yang memiliki pesona memanjakan mata. Objek wisata ini memiliki banyak daya tarik yang berasal dari alam dengan bumbu-bumbu kisah misteri yang kebenarannya masih dipertanyakan hingga kini. Meskipun memiliki kisah misteri, air terjun ini tak lantas sepi peminat karena keindahannya yang mampu memikat. Wisatawan dari berbagai daerah pun sering kali berdatangan untuk menyaksikan langsung suguhan air yang jatuh dari ketinggian tebing tingginya.

 Bagi Anda yang gemar mencari spot alam yang eksotis untuk hunting foto, tempat ini bisa menjadi pilihan yang pas. Begitupun bagi Anda yang berjiwa petualang dan ingin lebih dekat dengan alam, curug ini akan menjadi santapan yang lezat. Seperti air terjun lainnya, untuk menuju ke air terjun ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan melewati medan alam yang cukup terjal dengan jarak yang tidak dekat.

Namun, meskipun lelah dalam perjalanan, keindahan Curug Putih Tasikmalaya akan mengobatinya. Agar liburanmu ke curug ini sesuai rencana, sebaiknya Anda mencari referensi sebelum berkunjung. Salah satu caranya adalah dengan menyimak artikel ini hingga akhir karena kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang wisata ini. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Curug Putih Tasikmalaya

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam karena harga tiket masuknya sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp5.000 per orang dengan biaya parkir sekitar Rp5.000 per unit kendaraan. Dengan nominal tersebut, Anda tak hanya bisa menikmati 1 air terjun, tetapi 12 air terjun sekaligus dalam satu kawasan. Hal tersebut karena curug ini masih dalam satu kawasan dan pengelolaan dengan Curug Batu Blek.

Dengan begitu, Anda bisa mengeksplorasi beberapa curug lainnya selagi masih punya waktu dan tenaga. Seperti Curug Arjuna, Curug Nirwana, Curug Batu Blek, dan Masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke Curug Putih Tasikmalaya ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Jam Operasional Wisata

Informasi penting selanjutnya tentang air terjun ini yang tak kalah penting adalah jam operasionalnya. Anda perlu mengetahui detail jam operasionalnya agar tidak datang sia-sia, mengingat wisata ini memiliki hari liburnya. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB hanya setiap Sabtu dan Minggu saja. 

Jadi, pastikan Anda tidak datang saat hari weekday jika ingin berkunjung ke Curug Putih Tasikmalaya. Waktu terbaik untuk datang adalah saat memasuki musim hujan dengan kondisi cuaca yang sedang cerah. Hindari datang di atas jam 3 sore karena akses jalan akan mulai gelap dan khawatir akan terjadi longsor saat hujan tiba.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena telah tersedia area parkir. Begitupun bagi Anda yang ingin menyantap makanan dan minuman karena telah tersedia warung-warung sederhana. Tersedia juga toilet dan musala bagi Anda yang ingin mendirikan salat.

Curug Putih Tasikmalaya terletak di kaki Gunung Galunggung sehingga Anda harus memasuki area hutan. Anda akan memasuki hutan kawasan Cisayong yang rimbun dan memanjakan mata. Alamat tepatnya adalah Desa Sukamukti, Kec. Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46153. Siapkan fisik yang kuat karena Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang rimbun vegetasi alam hingga menyeberangi sungai.

Daya Tarik Curug Putih Tasikmalaya 

Air terjun memang selalu menjadi pilihan yang tepat saat seseorang ingin me-refresh pikirannya yang penuh beban pekerjaan. Suara deburan air dan gemerciknya yang mengalir sering kali membawa ketenangan dan kedamaian para pendengarnya. Letak air terjun yang biasanya berada dalam hutan yang sejuk dengan panorama eksotis juga menjadi salah satu alasan wisatawan gemar mendatangi air terjun. 

Nah, salah satu air terjun yang cocok menjadi spot healing di Priangan Timur adalah Curug Putih Tasikmalaya. Nama ‘putih’ konon berasal dari kata dalam bahasa Sunda, yakni ‘mutih’ yang berarti penyucian. Konon, orang-orang dahulu sering melakukan petapaan atau penyucian diri dengan bertapa di dalam goa yang berada tepat di balik aliran air terjun ini. Ritual ini dilakukan oleh mereka yang memiliki hajat atau permohonan. 

Entah cerita misteri itu benar atau tidak, tetapi beredar kabar bahwa hingga saat ini ritual tersebut masih berjalan. Meskipun begitu, wisatawan tetap tak merasa terganggu karena keindahan air terjun ini telah lebih dulu memikat hati. Ketinggiannya yang mencapai 50 meter dengan bentuk aliran vertikal tunggal memang membuatnya nampak eksotis. Apalagi warna airnya yang jernih membuatnya begitu putih, berpadu dengan hijaunya rerumputan yang memenuhi dinding tebing.

Terdapat kolam alami berwarna hijau kebiruan yang biasanya menjadi tempat wisatawan berenang dan bermain air. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan berswafoto berkatarkan indahnya air terjun. Nikmatilah nuansa alam yang asri dan hawa sejuk di Curug Putih Tasikmalaya bersama teman atau keluarga agar lebih bermakna. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya