Rabu, Mei 29, 2024

Curug Orak Arik Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Orak Arik Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang menawan. Air terjun ini masih perawan alias belum banyak orang ketahui sehingga suasananya masih sepi. Cocok bagi Anda yang ingin healing, mendekatkan diri dengan alam, dan menjauh dari hiruk-pikuk keramaian. 

Objek wisata ini juga cocok bagi Anda yang mager alias males gerak, tetapi ingin menikmati keindahan alam. Hal tersebut karena akses menuju curug ini masih terbilang mudah dan tidak begitu jauh. Budget untuk berlibur di air terjun ini juga sangat ramah di kantong, lho.

Kabupaten Banyumas memang memiliki banyak potensi wisata berupa air terjun yang worth it untuk Anda kunjungi saat musim liburan tiba. Beberapa air terjun yang cukup populer dari kabupaten ini adalah Curug Nangga, Curug Telu, Curug Carang, dan masih banyak lagi. Keberadaan Curug Orak Arik Banyumas pun menjadi kabar baik bagi para traveller karena destinasi alamnya makin bertambah.

Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi curug ini, tak ada salahnya untuk menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi menarik tentang curug ini yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Curug Orak Arik Banyumas

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah harga tiket masuknya. Curug Orak Arik Banyumas hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang, itupun jika ada yang berjaga di loketnya. Jika tidak, maka Anda bisa menikmati keindahan curug ini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, alias gratis.

Namun, jika Anda menitipkan kendaraan di area rumah warga, alangkah baiknya untuk memberikan uang seikhlasnya sebagai biaya parkir. Siapkan juga dana lain untuk kebutuhan makan atau kebutuhan lainnya. Harga tiket masuk ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata, ya.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata Curug Orak Arik Banyumas berada pada pengelolaan pemerintahan yang bekerja sama dengan warga setempat. Beberapa fasilitas umum pun telah tersedia, meskipun masih sangat sederhana. Seperti area parkir kendaraan, toilet atau kamar bilas, musala, dan warung-warung yang menjajakan makanan serta minuman tradisional.

Namun, warung ini tidak setiap hari buka mengingat jumlah pengunjung curug yang tidak selalu ramai. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa perbekalan secara mandiri, ya! 

Informasi lainnya yang penting untuk Anda ketahui adalah tentang jam operasional Curug Orak Arik Banyumas. Kabar baiknya, curug ini beroperasi selama 24 jam setiap harinya sehingga Anda bisa datang kapan saja. Namun, kami sarankan untuk datang saat cuaca cerah sedari pagi. Hindari datang saat puncak musim hujan karena khawatir terjadi air bah yang tiba-tiba.

Alamat Lengkap

Air terjun yang menawan ini menghiasi kaki Gunung Slamet. Lokasinya berdekatan dengan Curug Carang dan Curug Telu. Alamat lengkapnya adalah Dusun II, Kemutug Kidul, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota atau dapat Anda tempuh dalam waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam perjalanan.

Untuk menuju ke Curug Orak Arik Banyumas, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Akses jalannya cukup mudah dengan medan yang ramah untuk pemula. Anda akan melewati perkebunan warga, aliran sungai, hingga jalan berbatu. Sepanjang jalan pun tak akan bosan karena sejuk dan indahnya alam akan senantiasa menemani.

Daya Tarik Curug Orak Arik Banyumas

Curug ini merupakan salah satu air terjun yang tinggi di Banyumas, ketinggiannya mencapai 70 meter. Aliran airnya pun deras dengan warna air yang putih jernih sehingga menciptakan pemandangan yang eksotis. Airnya mengalir dari ketinggian tebing tinggi yang sebagian besar dindingnya tertutupi oleh vegetasi alam yang hijau.

Pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar air terjun juga menambah daya tariknya. Namun, aliran airnya tidak membentuk kolam sehingga wisatawan tidak bisa berenang. Hanya tersedia area aliran air dangkal untuk bermain air dan jembatan untuk berswafoto. Curug Orak Arik Banyumas memiliki nuansa alam yang syahdu dengan suasana yang damai dan asri. (Rismawati/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya