Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Curug Malela Bandung, Kemegahan Air Terjunnya Bak Niagara Falls

Curug Malela Bandung merupakan salah satu objek wisata air terjun di daerah Bandung Barat. Berbeda dengan air terjun lainnya, Curug Malela memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, curug ini seringkali dijuluki Niagara Falls-nya Bandung.

Bagi Anda yang mencari referensi tempat dengan panorama indah dan eksotis, Curug Malela adalah jawabannya. Wisata yang satu ini juga bisa menjadi tempat untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Curug Malela Bandung

Baca juga:

Kata “curug” memiliki arti “air terjun”, sedangkan kata “malela” diambil dari nama seseorang, yakni Eyang Tadjimalela. Ia merupakan penguasa wilayah sekitar curug. Menurut mitos yang beredar, sosoknya terkadang menampakkan diri di sekitar Curug Malela Bandung. Konon, ia seorang kakek-kakek berjenggot dan mengenakan pakaian putih.

Air dari curug yang memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter ini berasal dari Gunung Kendeng. Curug Malela juga sebenarnya memiliki beberapa tingkatan. Di paling atas disebut Curug Malela, kemudian ada Curug Katumili, Curug Manglid, Curug Ngebul, dsb.

Daya Tarik Curug Malela Bandung

Wisata alam ini seringkali mendapat julukan Niagara Falls-nya Bandung atau Niagara Mini Jawa Barat. Ini karena potret air terjunnya yang lebar dan tinggi, serupa dengan Niagara Falls, Amerika. Lebar air terjun yang mencapai 50 meter ini membuat kesan eksotis saat memandangnya. Kesan kemegahan pun begitu terasa, apalagi dengan kesejukan alam sekitarnya.

Para wisatawan biasanya menikmati keindahan curug dari atas jembatan yang a. Gemericik airnya membawa ketenangan hati dan pikiran. Bebatuan dan jernihnya air saling beradu, berpadu dengan pemandangan hijau pepohonan sekitar. Anda bisa duduk-duduk di tempat melingkar yang menjadi spot iconic di sana. 

Aktivitas Seru di Curug Malela

Di Curug Malela Bandung, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas alam untuk mengisi waktu berlibur. Seperti menikmati pemandangan air terjun dari jembatan, berenang di kolam air terjunnya, atau berenang. Anda juga bisa lho melakukan trekking

Jangan lupa untuk melakukan hunting foto di sekitar curug. Photospot favorit adalah di tempat di mana “Curug Malela” terpampang. Spot lainnya adalah di atas jembatan, atau di dekat air terjun. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Wisata Curug Malela Bandung masih terus dikembangkan. Meski begitu, terdapat beberapa fasilitas vital yang telah tersedia. Seperti area parkir, toilet, warung, dan spot foto.

Adapun jam operasionalnya biasa dimulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

HTM dan Lokasi

Harga tiket masuk ke Curug Malela Bandung adalah Rp10.000 per orang. Untuk yang menggunakan kendaraan sepeda motor biaya parkir sebesar Rp5.000. Sementara itu, bagi yang menggunakan mobil Rp8.000. Cukup terjangkau, bukan?

Lokasi Niagara Falls-nya Bandung ini berada di daerah perbatasan Kabupaten Cianjur, Kampung Mangdid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini berada di kawasan hutan sehingga memiliki akses jalan yang cukup sulit. Untuk menuju ke air terjunnya, Anda bisa berjalan kaki atau naik ojek. Ongkos ojeknya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp40.000.

Tips Berkunjung

Untuk Anda yang tertarik berkunjung ke Curug Malela Bandung, sebaiknya ikuti beberapa tipsnya. Pertama, berhati-hatilah saat perjalanan karena akses jalannya tidak cukup bagus. Gunakan sandal yang tidak licin untuk menghindari hal-hal yang buruk. Datanglah saat musim kemarau agar debit air cukup dan jernih serta akses jalannya tidak becek. 

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Malela Bandung yang memiliki kemegahan bak Niagara Falls. Berhati-hatilah saat berkunjung dan tetap jaga kebersihan serta keasrian lingkungan. Yang tak kalah penting adalah siapkan fisik dan kesehatan, ya! (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU