Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Luhur Bogor, HTM, Fasilitas, hingga Alamat

Curug Luhur Bogor merupakan sebuah objek wisata air terjun yang menyuguhkan keindahan alam dan nuansa keasrian yang pekat. Bukan tanpa alasan, keberadaan curug ini yang berada pada lereng Gunung Salak membuat alam yang tersaji benar-benar masih alami. Kesegaran airnya pun tak perlu Anda ragukan lagi karena berasal dari mata air Gunung Salak. Selain air terjun sebagai wisata alamnya, tempat ini juga menyediakan kolam buatan yang mirip seperti waterboom mini.

Bogor sekali lagi membuktikan julukannya sebagai ‘kota seribu curug’ dengan air terjun ini yang keberadaannya dekat dengan Curug Nangka. Namun, sebelum berkunjung ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu uraian berikut ini. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini, mulai dari daya tarik, harga tiket masuk, hingga alamat. Yuk, simak artikel ini selengkapnya agar Anda bisa mendapatkan referensi sebelum berkunjung.

Baca juga: Bukit Cirimpak Bogor, Camping Ground yang Recommended!

Daya Tarik Curug Luhur Bogor

Objek wisata alam Curug Luhur Bogor menjadi salah satu air terjun dengan daya tarik berupa tingginya air yang jatuh dari dinding tebing. Tak main-main, ketinggian air terjun ini mencapai 60 meter di atas permukaan laut, tak heran jika curug in bernama ‘luhur’. Yang dalam bahasa Sunda, ‘luhur’ berarti ‘tinggi’. Aliran curug ini cukup deras dengan warna air yang putih jernih, kontras dengan warna tebingnya.

Tebing yang menjadi sandaran curug ini sebenarnya berwarna cokelat kehitaman, tetapi banyaknya vegetasi yang hidup pada dinding tebing membuat tebing ini hijau. Namun, pemandangan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dan menciptakan kesan alam yang asri. Panorama air terjun ini makin elok karena keberadaan kolam alami yang menjadi tempat penampungan air yang jatuh. Kolam ini airnya berwarna kebiruan, Anda bahkan bisa melihat bebatuan di dasar kolam saat airnya benar-benar jernih.

Bebatuan sungai pun tersebar di dekat air terjun, menjadi alas duduk bagi para wisatawan yang biasanya bersantai sembari menikmati potret air terjun. Namun, sebagian besar pengunjung biasanya memilih untuk langsung merasakan kesegaran air Curug Luhur Bogor dengan berenang pada kolamnya. Kolam tersebut memiliki kedalaman yang bervariasi, makin mendekati air terjun maka kedalamannya makin dalam. Oleh karena itu, pihak pengelola memasang tali sebagai batas aman wisatawan ketika berenang atau bermain air.

Udara yang tersedia di tempat ini juga bersih dan hawanya sejuk, lho. Cocok untuk Anda yang ingin healing dan menikmati suasana alam yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan berfoto berlatarkan indahnya air terjun.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp45.000 per orangnya. Kemudian bagi yang membawa kendaraan, siapkan lagi biaya parkir Rp10.000 dan biaya kamar bilas Rp2.000. Untuk tempat lesehan, Anda juga harus membayar lagi Rp20.000.

Adapun jam opersional objek wisata Curug Luhur Bogor adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca cerah dan saat musim kemarau agar airnya tidak keruh.

Fasilitas dan Alamat Curug Luhur Bogor

Beberapa fasilitas telah tersedia di Curug Luhur Bogor. Seperti area parkir, toilet, kamar bilas, musala, dan juga warung-warung yang menawarkan makanan dan minuman. Tersedia juga kolam buatan dengan konsep waterboom mini. Beberapa permainan air pun tersedia, seperti ember tumpah, perosotan, terowongan pipa perosotan, dan lainnya.

Kolam ini memang buatan, tetapi airnya tetap alami karena berasal dari mata air asli Gunung Salak. Namun, Anda harus berhati-hati saat berenang pada kolam tersebut karena khawatir licin, termasuk saat mencoba perosotannya.

Jika Anda tertarik berlibur di Curug Luhur Bogor, langsung saja kunjungi ke lokasinya. Adapun alamatnya adalah Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370. Lokasinya berjarak sekitar 24 kilometer atau bisa Sobat Djava tempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Kondisi jalan menuju curug ini memang tidak begitu mulus, tetapi Anda tidak perlu berjalan kaki jauh menuju air terjunnya, hanya perlu menuruni tangga sekitar 150 meter. (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya