Senin, Juli 15, 2024

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi yang jauh dari hiruk-pikuk kota yang bising dan udara yang penuh polusi. Tak heran jika tempat ini senantiasa menjadi spot bagi banyak wisatawan untuk menenangkan diri dan refreshing bersama teman ataupun keluarga.

Banyumas memang tak pernah gagal menyuguhkan panorama air terjun yang memanjakan mata. Kota dengan seribu curug ini pun sering kali menjadi incaran para petualang dari berbagai daerah. Saking banyaknya air terjun di Banyumas, rasanya satu bulan pun tak cukup untuk mengeksplorasi semua curugnya.

Namun, kamu bisa memulainya dari curug yang satu ini, namanya adalah Curug Lawa Banyumas. Sebelum berkunjung, pastikan kamu mengetahui informasi mengenai air terjun ini. Tak perlu repot-repot mencari, kami akan merangkum informasi seputar objek wisata ini sehingga bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Gratis Curug Lawa Banyumas 

Untuk bisa menikmati daya tarik suatu objek wisata, biasanya wisatawan harus membayar biaya tiket masuknya. Namun, berbeda dengan objek wisata air terjun ini yang masih menerapkan free harga tiket masuk untuk semua wisatawan. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja kepada warga sekitar yang berjaga. Besarannya pun hanya sekitar Rp2.000 per unit kendaraan.

Sangat murah meriah, bukan? Itulah mengapa Curug Lawa Banyumas sering menjadi incaran para wisatawan untuk berlibur. Selain pemandangan air terjunnya yang indah, wisata ini juga sangat low budget. Namun, kebijakan ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Daya Tarik Curug Lawa Banyumas 

Banyaknya wisatawan yang datang ke objek wisata ini biasanya karena melihat postingannya di media sosial. Pesona dari air terjun setinggi sekitar 10 hingga 15 meter ini memang cukup hilir mudik di berbagai postingan, khususnya Instagram. Hidden gem ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan aliran air yang seperti keluar dari celah dindingnya.

Aliran airnya lebih dari satu dengan debit yang tidak begitu deras dan bentuk yang kecil. Sementara aliran besarnya adalah yang paling tinggi dengan debit air yang paling besar. Keeksotisan Curug Lawa Banyumas tercipta dari warna jernih airnya yang begitu kontras dengan warna hijau dari dedaunan yang menutupi dinding tebing. 

Pesonanya makin terlihat dengan adanya kedung atau kolam alami yang airnya berwarna kebiruan! Saat berenang, kamu bisa melihat dengan jelas dasar kolamnya. Beningnya air tersebut juga membuat wisatawan bisa bebas merekam di dalam air tanpa takut gambarnya buram. Cocok bagi Sobat Djava yang gemar ngonten di media sosial!

Kamu juga pastinya bisa berenang dan bermain air sepuasnya karena tidak terlalu dalam. Di tepian kolam ini kamu bisa bersantai sembari duduk atau sekadar minum kopi. Setelah itu, kamu bisa mengeksplorasi 2 curug lainnya yang berada di bawah Curug Lawa Banyumas, yakni Curug Pawon dan Curug Urang. Kedua curug ini memiliki kolam yang lebih luas sehingga cocok untuk melakukan cliff jumping.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini belum memiliki banyak fasilitas untuk menunjang kegiatan liburan wisatawan. Fasilitas seperti toilet, musala, hingga warung bisa kamu temukan di area Curug Ceheng yang berlokasi di bawah curug ini. Untuk perbekalan, sebaiknya kamu menyiapkannya secara mandiri. 

Wisatawan bisa datang ke objek wisata ini kapan saja karena Curug Lawa Banyumas buka setiap hari selama 24 jam. Namun, sebaiknya kamu datang saat pagi atau siang hari agar suasananya sedang segar-segarnya. Curug ini masih terhitung sepi pengunjung, tetapi biasanya sering ada warga lokal yang berenang saat sore hari.

Alamat Lengkap

Objek wisata ini bisa kamu kunjungi dengan mengarahkan kendaraan menuju Curug Ceheng. Alamat lengkapnya adalah Gandatapa I, Gandatapa, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183. Tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 30 menit. 

Dari area parkir yang berupa lapangan kecil pun kamu hanya harus berjalan kaki sekitar 7 menit. Medannya pun tidak terlalu berat. Untuk informasi lebih lanjut tentang Curug Lawa Banyumas, hubungi nomor telepon 082214318901. (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya