Selasa, Juli 23, 2024

Curug Kubang Cianjur, Destinasi Tersembunyi yang Eksotis

Curug Kubang Cianjur merupakan sebuah destinasi wisata alam dengan letak yang tersembunyi dan memiliki panorama eksotis. Objek wisata alam berupa air terjun (dalam bahasa Sunda disebut curug) ini juga belum sepopuler air terjun lainnya di Kabupaten Cianjur. Seperti halnya Curug Cikanteh, Curug Cikondang, Curug Ngebul, hingga Curug Citambur yang viral.

Meskipun begitu, air terjun ini tetap memiliki daya tariknya tersendiri yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang. Tempatnya yang cukup tersembunyi dan belum populer juga membuat destinasi wisata ini lebih memilih kesan private. Sobat Djava pun bisa menikmati setiap inci keindahannya dengan tenang tanpa berdesakan dengan wisatawan lainnya.

Seperti halnya objek wisata alam lain, Curug Kubang Cianjur juga memiliki hawa sejuk dengan nuanaa yang sunyi. Cocok menjadi tempat untuk healing atau refreshing bersama teman ataupun keluarga. Bagi Anda yang gemar berseped atau touring, curug ini juga bisa menjadi tujuan yang pas.

Tertarik untuk berkunjung ke curug ini? Mari simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir karena kami akan memberikan ragam informasi seputar objek wisata ini. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi.

Harga Tiket Masuk Curug Kubang Cianjur 

Untuk bisa memasuki sebuah objek wisata, biasanya Anda harus membayar sejumlah uang sebagai tiket masuknya. Namun, hal berbeda akan Anda temui di curug ini karena tidak ada nominal resmi sebagai harga tiket masuknya, alias gratis. Hal tersebut karena air terjun ini belum terkelola secara profesional, baik oleh pemerintah ataupun warga setempat. 

Namun, wisatawan biasanya harus membayar biaya parkir kendaraan saja sekitar Rp5.000 per unit motor. Sementara untuk mobil, nominalnya adalah Rp10.000. Perlu Anda ingat bahwa kebijakan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Jam Operasional

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah jam operasionalnya. Curug Kubang Cianjur beroperasi selama 24 jam setiap hari sehingga Anda bisa datang kapan saja. Namun, kami sarankan untuk datang saat pagi hari atau saat hari masih terang karena belum ada fasilitas pencahayaan. Hindari berkunjung saat puncak musim hujan karena akses jalannya akan lebih sulit dan pemandangannya tertutup kabut.

Fasilitas yang Minim

Destinasi wisata tersembunyi ini masih belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat sehingga belum memiliki fasilitas yang memadai. Hanya tersedia area untuk memarkirkan kendaraan yang tidak selalu ada penjaganya. Tidak ada fasilitas toilet, warung, ataupun musala sehingga Anda harus menyiapkannya secara mandiri. Wisata ini hanya menyediakan spot foto berupa indahnya air terjun yang bisa menjadi background fotomu.

Alamat Curug Kubang Cianjur 

Curug Kubang Cianjur terletak di antara perbukitan hijau yang memanjakan mata. Alamat lengkapnya adalah Desa Padasuka, Kec. Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43271. Lokasinya berdekatan dengan Curug Cicatang. Butuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan dari Bandung untuk menuju ke tempat ini.

Akses menuju lokasi air terjun ini bisa terbilang sulit karena jalannya masih banyak yang berbatu. Buruknya kondisi jalan juga berpadu dengan konturnya yang berkelok-kelok dan naik-turun. Oleh karena itu, pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan yang prima. 

Setelah memarkirkan kendaraan, Anda bisa melihat air terjunnya dari kejauhan. Ingin melihat lebih dekat? Sobat Djava bisa berjalan kaki sebentar untuk sampai di titik air terjun dan sungainya.

Daya Tarik Alam dan Aktivitas Seru

Curug Kubang Cianjur berada di antara perbukitan yang hijau sejauh mata memandang. Keeksotisan air terjun ini terlihat dari airnya yang jatuh dari ketinggian sekitar lebih dari 80 meter di atas permukaan laut. Debit airnya besar sehingga menimbulkan suara gemuruh khas alam yang asri. Warna airnya juga putih jernih dengan suhu yang menyegarkan. 

Anda bisa bermain air di aliran sungainya atau di undakan air terjunnya. Jangan lupa untuk berburu spot foto dengan latar air terjun yang indah. Wisatawan yang datang juga biasanya menghabiskan waktu dengan memasak nasi liwet dan menyantapnya sembari melihat eksotisnya air terjun.

Bagi yang gemar bersepeda ke pegunungan, Curug Kubang Cianjur bisa menjadi pilihan yang pas. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Puncak Becici Jogja, Wisata Alam Murah yang Memesona

Puncak Becici Jogja merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan panorama pegunungan yang memesona. Sesuai namanya, tempat ini berada di atas bukit yang...

Pantai Bercak Pacitan: Alamat, HTM, dan Daya Tarik

Pantai Bercak Pacitan merupakan sebuah objek wisata yang menarik karena menyuguhkan panorama bak Raja Ampat. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan pantai dengan air laut...

Curug Dago Pakar Bandung, Pernah Dikunjungi Raja Thailand!

Curug Dago Pakar Bandung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan air terjun setinggi 12 meter yang masih asri.

Pantai Pangasan Pacitan dengan Pesona Persawahan

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan eksotisme alam dari beberapa kombinasi.
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya