Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Koja Tasikmalaya: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Koja Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun yang mirip dengan Curug Cikaso. Air terjun ini dahulu sempat ramai di media sosial dan menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk berlibur dan berpetualang. Namun, kini air terjun ini seperti terabaikan karena sudah mulai jarang wisatawan yang berkunjung, tetapi pesona air terjun ini tetap tidak berubah. Air terjun ini tetap menyuguhkan megahnya air yang jatuh dari ketinggian tebing kapur dengan pesona alam sekitarnya yang masih asri.

Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, tempat di mana banyak air terjun lain tersimpan dengan indah. Seperti halnya Curug Raden Muara Paseh, Curug Ciwatin, hingga Curug Cibakom. Bagi Anda yang menginginkan nuansa alam yang masih alami dan cocok dijadikan sebagai spot healing, Kecamatan Cikatomas dapat menjadi pilihannya.

Salah satu air terjun di Cikatomas yang populer adalah Curug Koja Tasikmalaya. Bagi Anda yang ingin berlibur atau berpetualang ke curug ini, anda bisa menyimak artikel ini hingga selesai. Kami akan memberikan informasi yang penting dan menarik tentang air terjun ini sehingga bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum berkunjung. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Koja Tasikmalaya

Objek wisata air terjun ini merupakan wisata yang belum terkelola oleh pemerintah setempat sehingga masih bergantung pada swadaya masyarakat. Oleh karena itu, objek wisata ini tidak mematok harga tiket masuk bagi setiap wisatawan yang datang. Namun, anda bisa memberikan uang seikhlasnya jika ada warga sekitar yang berjaga di sekitar objek wisata air terjun ini. Sobat Djava juga bisa menyiapkan uang yang lebih untuk membeli perbekalan ataupun menyewa jasa tour guide yang biasanya merupakan warga sekitar.

Selain informasi mengenai harga tiket masuk, informasi lainnya yang harus anda ketahui adalah jam operasionalnya agar anda tidak datang dengan sia-sia. Objek wisata Curug Koja Tasikmalaya beroperasi pada pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap hari Sabtu. Setiap Minggu, objek wisata ini mulai beroperasi dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB. 

Untuk hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat, jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sementara itu, khusus hari Kamis akan buka selama 24 jam penuh. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat memasuki musim hujan dengan kondisi cuaca yang cerah. Sebaiknya anda berkunjung saat matahari belum tenggelam karena akses jalannya belum dilengkapi dengan fasilitas penerangan.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek wisata ini cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan pemukiman warga sekitar, sehingga masih belum ada fasilitas untuk wisatawan. Untuk kebutuhan seperti kamar mandi ataupun untuk salat, Anda bisa mencarinya di area pemukiman warga sekitar. Jangan lupa untuk membawa perbekalan dari rumah karena tidak ada warung di sekitar Curug Koja Tasikmalaya.

Air terjun ini berjarak cukup jauh dari kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Alamat lengkapnya adalah Citamiang, Cikatomas, Linggalaksana, Kec. Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46193. Akses jalan menuju lokasinya sudah cukup bagus, tetapi masih ada beberapa ruas jalan yang cukup ekstrem.

Setelah tiba di area parkir Curug Koja Tasikmalaya, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 1,3 km. Medan jalannya cukup menantang dan akan mengasyikkan bagi Anda yang berjiwa traveller. Sepanjang perjalanan pun akan terlihat hijaunya pepohonan yang memanjakan mata dengan hawa sejuknya. Bagi Anda yang senang bersepeda, curug ini juga bisa menjadi lintasan yang menantang.

Daya Tarik Curug Koja Tasikmalaya

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan aliran yang unik dan menarik. Tak seperti air terjun lainnya yang jatuh vertikal seperti pancuran, air terjun ini jatuh mengalir menyusuri tebing batu kapur. Dari atas, alirannya lurus vertikal sebelum alirannya menyebar pada area bawah karena mengikuti bentuk dinding batuan. Panorama aliran ini pun menyita perhatian dan menjadikannya seperti Curug Cikaso. 

Warna airnya jernih dengan aliran yang melebar mengikuti dinding tebing. Saat jatuh, airnya akan berkumpul membentuk kolam alami yang biasanya menjadi tempat wisatawan untuk berenang. Kolam ini memiliki warna air yang jernih kehijauan sehingga begitu eksotis dan cocok menjadi background saat berfoto. Jangan lupa untuk melakukan lompatan dari batu, berpiknik, dan bersantai menikmati indah serta sejuknya Curug Koja Tasikmalaya. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya