Rabu, Juli 10, 2024

Curug Juneng Banyumas, Keindahan Alam bak Dunia Fantasi

Curug Juneng Banyumas merupakan sebuah objek wisata tersembunyi yang berada di kawasan hutan wisata Baturraden. Kawasan ini memang populer sebagai spot yang memiliki banyak air terjun dengan pesona berbeda-beda. Seperti halnya curug yang satu ini dengan nuansa dunia fantasi bak di film misteri luar negeri. Tempatnya yang masih terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kota membuatnya memiliki suasana yang begitu tenang.

Banyumas merupakan sebuah kabupaten yang terkenal sebagai julukan 1001 curug. Bukan tanpa alasan, kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memang memiliki topografi pegunungan yang menawan. Di dalamnya tersimpan banyak keindahan alam yang sering kali menjadi tujuan berlibur wisatawan. Meskipun untuk menuju tempatnya membutuhkan perjuangan, wisatawan tetap datang beramai-ramai untuk mendapatkan view eksotisnya.

Keindahan alam banyak dipercaya sebagai obat yang mujarab untuk mengusir segala stres dan beban hidup yang terasa berat. Terutama bagi kamu yang berkutat dengan pekerjaan selama sepekan penuh di tengah bisingnya perkotaan. Jernihkanlah kembali pikiran dengan keindahan alam Curug Juneng Banyumas.

Sebelum berkunjung, simaklah terlebih dahulu artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan referensi. Kami akan memberikan informasi-informasi penting dan menarik seputar objek wisata alam Banyumas ini. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Daya Tarik Curug Juneng Banyumas

Sobat Djava, jika kamu ingin merasakan seperti ada di dunia fantasi layaknya film-film luar negeri, cobalah kunjungi Curug Juneng Banyumas. Curug ini memiliki panorama alam yang indah dengan kabut tipis yang menghiasi. Keindahannya berpadu dengan banyaknya tanaman rambat yang menggantung dari atas tebing berbatu. Di beberapa sisi tebing pun muncul aliran air terjun tipis dan melebar layaknya tirai putih.

Kombinasi panoramanya makin epik dengan warna biru kehijauan dari kolam alami curugnya yang berkilauan saat terkena sinar matahari. Air terjunnya sendiri cukup tinggi dengan aliran yang cukup deras berbentuk vertikal. Sebelum tiba pada titik air terjunnya, kamu bisa menikmati lorong tebing dengan tumbuhan rambat yang eksotis. Wisatawan biasanya duduk bersantai di area ini karena memiliki daratan yang cocok sebagai tempat istirahat.

Aktivitas Seru

Curug Juneng Banyumas memiliki udara super sejuk dan pemandangan eksotis bak dunia fantasi. Tempat ini pun cocok menjadi spot healing dan refreshing karena nuansanya asri dengan suasana yang damai. Jangan lupakan untuk mengabadikan panorama alam sekitarnya yang indah dengan berswafoto.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di curug ini adalah ciblon, alias berenang di kolam alaminya. Airnya tentu segar karena berasal dari mata air asli yang jernih berwarna kebiruan. Tetaplah berhati-hati saat bermain air atau berenang karena kedalamannya mencapai 4 meter. 

Setelah ciblon di airnya yang dingin, hangatkan kembali tubuh dengan menyeduh segelas kopi. Wisatawan yang datang ke Curug Juneng Banyumas biasanya membawa cooking set untuk sekadar memasak suki atau barbeku. Menikmati santapan hangat sembari memandangi view epil curugnya akan menjadi healing yang asyik.

HTM dan Jam Operasional

Objek wisata ini masih belum terkelola oleh pihak pemerintah setempat sehingga belum ada harga tiket resminya. Wisatawan terkadang tidak membayar biaya masuk dan hanya membayar biaya parkir kendaraan saja. Namun, sebaiknya siapkan uang sekitar Rp7.000 untuk berjaga-jaga sebagai biaya tiket masuknya. 

Kamu bisa mengunjungi Curug Juneng Banyumas kapan saja karena tidak ada jam operasional resminya. Namun, kami sarankan untuk datang sedari pagi hingga sebelum sore. Hindari berkunjung saat musim hujan karena rentan terjadi banjir dan longsor. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau dengan kondisi cuaca yang cerah agar mendapatkan view terbaiknya.

Alamat dan Info Fasilitas

Objek wisata ini berlokasi di Baturraden, berada di bawah Curug Kembar. Lebih tepatnya adalah Desa Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Dari tempat parkir, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dengan medan yang tidak mudah. Hati-hatilah karena jalannya licin, tetapi sajian alam sepanjang jalan begitu menyejukkan.

Curug Juneng Banyumas belum memiliki fasilitas apapun sehingga kamu harus menyiapkan perbekalan dan peralatan sendiri. (Rismawati/Djavatoday)

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang...

Seribu Pulau Pangalengan, Spot Glamping dan Main Kayak!

Seribu Pulau Pangalengan merupakan sebuah hidden gem yang menawarkan sensasi bermalam di tengah alam yang syahdu. Tempat ini menyuguhkan keindahan Situ Cileunda dengan panorama...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya