Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Hordeng Bogor: Pesona, HTM, hingga Fasilitas

Curug Hordeng Bogor merupakan objek wisata air terjun yang berada di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini sudah tak asing lagi di telinga para wisatawan karena sering kali menjadi tujuan destinasi saat liburan. Pesona alam yang terdapat di air terjun ini juga telah banyak tersebar di media sosial, khususnya Instagram dan TikTok. Membuat warganet jadi ikut tertarik untuk berkunjung dan merasakan keasriannya secara langsung.

Lokasinya yang cukup strategis karena dekat dari beberapa kota besar seperti Bekasi dan Jakarta juga membuat tempat ini selalu ramai. Para pengunjung seolah tak sabar merasakan sensasi segarnya air dan sejuknya alam Kota Hujan. Apalagi setelah sepekan penuh berkutat dengan tugas kuliah ataupun setumpuk pekerjaan. 

Nah, bagi Sobat Djava yang ingin ikut menikmati pesona objek wisata Curug Hordeng Bogor, ayo segera agendakan. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi, ya!

Pesona Curug Hordeng Bogor

Mengawali pekan baru untuk kembali beraktivitas seperti rutinitas sehari-hari memang terkadang berat. Perlu sesuatu yang menyegarkan dan mampu menjernihkan pikiran agar bisa mengembalikan semangat. Salah satu caranya adalah dengan berlibur saat weekend ke objek wisata yang memiliki potret alam yang keren. 

Salah satunya adalah objek wisata Curug Hordeng Bogor, air terjun yang memiliki pesonanya tersendiri. Tak seperti air terjun pada umumnya yang tinggi, air terjun ini hanya berkisar 2-3 meter saja. Namun uniknya, air terjun ini memiliki lebar yang ukurannya serupa dengan tingginya. Potretnya pun seperti tirai yang elok memanjakan mata.

Bentuknya yang seperti tirai itu jugalah yang menjadi sebab kata ‘hordeng’ tersemat dalam penamaannya. Hordeng berasal dari bahasa Sunda yang jika kita artikan dalam bahasa Indonesia adalah ‘tirai’. Meskipun tidak memiliki ketinggian seperti Curug Sodong yang melegenda, Air Terjun Hordeng tetap memesona.

Airnya jernih dan saat menyatu membentuk kolam di bawahnya, airnya akan berwarna biru kehijauan. Cantiknya pemandangan tersebut bertambah dengan rimbunnya pepohonan yang mengungkung air terjun. Bebatuan di sekitarnya juga membuat lanskapnya makin menguarkan aroma khas alam. Menikmati keindahan Curug Hordeng Bogor sembari duduk di atas bebatuannya adalah cara healing yang sederhana.

Berswafoto dan Berenang

Berlibur di tempat yang epik rasanya kurang jika tak mengeluarkan kamera untuk mengabadikan potretnya. Berswafoto berlatarkan keindahan curug adalah aktivitas favorit yang biasanya wisatawan lakukan. Kemudian berlanjut dengan mempostingnya di media sosial ala-ala selebgram.

Selain berswafoto, wisatawan juga tentunya bisa berenang untuk merasakan langsung sensasi kesegaran airnya. Cukup dingin, tetapi aroma kealamiannya mampu membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Jangan lupa untuk mencoba mini cliff jumping dari bebatuan besar di sana. Kolam alami di Curug Hordeng Bogor memang tidak dalam, tetapi wisatawan harus tetap berhati-hati.

Lokasi dan Akses Jalan

Objek wisata ini berlokasi di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830. Anda bisa mengaksesnya via Sentul ataupun Citeureup. Mendekati lokasi, akses jalannya cukup menantang karena banyak tanjakan dan jalan berbatu. Jalannya pun cukup sempit, pastikan Anda tidak membawa mobil yang berukuran besar, ya!

Pastikan juga kendaraan dalam kondisi yang prima karena jalan menuju Curug Hordeng Bogor cukup terjal. Setelah sampai di area parkir, wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 30-40 menit. Melewati jalan setapak berupa tanah, pematang sawah, hingga hutan rindang. Jangan datang saat musim hujan karena akses jalan ini akan licin dan sangat becek.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berlibur di air terjun ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya Rp10.000 di pos pertama. Kemudian membayar lagi Rp20.000 di pos kedua, jika ada yang meminta biaya selain di pos, itu adalah pungutan liar. Harga tersebut sudah termasuk ke Curug Ciburial dan Curug Kembar. Bagi yang membawa kendaraan, akan ada biaya parkir tambahan.

Fasilitas dan Jam Operasional

Fasilitas di Curug Hordeng Bogor meliputi area parkir, toilet, musala, dan warung dekat area parkir. Ada juga spot foto berupa anjungan berbentuk bunga dan deck di ketinggian. Adapun jam operasional wisata ini mulai pukul 07.00-15.00 WIB setiap hari. (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya