Sabtu, Mei 18, 2024

Curug Goa Lumut Endah: Info Tiket hingga Lokasi

Curug Goa Lumut Endah merupakan sebuah objek wisata alam yang menambah daftar panjang air terjun di Bogor. Berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), air terjun ini tentu memiliki udara sejuk dan pesona yang menawan. Suasana khas lembah yang menenangkan juga akan kamu dapatkan. Membuat tubuh lebih rileks, menyegarkan pikiran, dan mengembalikan semangat.

Tempat ini cocok menjadi destinasi pilihan saat akhir pekan. Mengajak teman dan keluarga untuk sama-sama menikmati panorama indahnya akan membuat liburanmu makin bermakna. Jangan khawatir dengan akses jalannya karena cukup aman untuk semua umur.

Tertarik berwisata di Curug Goa Lumut Endah? Baca artikel ini selengkapnya sebagai referensi, ya!

Pesona Curug Goa Lumut Endah

Setiap air terjun pasti memiliki keunikan yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Termasuk air terjun ini, jernihnya air yang akan berubah warna menjadi hijau kebiruan ini begitu memanjakan mata. Air terjunnya memang hanya setinggi 4-5 meter saja, tetapi potretnya tetap memesona. Tebing berbatu yang berselimut lumut menjadi penopang air terjun dan melengkung mengelilinginya.

Seperti namanya, di balik aliran airnya terdapat sebuah goa kecil yang dindingnya penuh dengan lumut. Meskipun potretnya terlihat indah, wisatawan tetap tidak boleh memasuki goa tersebut karena banyaknya mitos yang berkembang. Konon katanya, dahulu sempat ada wisatawan yang nekat memasuki goa tersebut. Namun, hingga kini wisatawan itu tak pernah terlihat keluar dari goa dan tak ada yang mengetahui bagaimana kabarnya.

Terlepas dari segala hal mistisnya, Curug Goa Lumut Endah tetap menjadi magnet bagi wisatawan yang terlena akan keindahannya. Keasrian alamnya yang terasa begitu kental selalu berhasil membuat takjub siapapun yang datang. Pepohonan yang rindang dan gemercik airnya menjadi alunan suara alam yang merdu.

Berenang dan Berkemah

Selain memiliki panorama yang indah, Curug Goa Lumut Endah juga menawarkan kesegaran air yang menggoda. Air yang jatuh akan membentuk kolam alami di bawahnya yang bertepikan bebatuan. Kolam ini begitu jernih dan akan berwarna hijau kebiruan saat terkena ainar matahari. Beningnya air kolam ini bahkan bisa membuatmu melihat bebatuan di dasarnya.

Wisatawan bisa berenang di kolam ini sepuasnya, tetapi harap jangan terlalu lama karena suhu airnya begitu dingin. Selain berenang, wisatawan juga bisa berkemah di sana dengan catatan harus booking terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungi nomor 082135278035 untuk melakukan reservasi camping.

Harga Tiket Masuk

Sebelum berkunjung ke Curug Goa Lumut Endah, kamu harus menyiapkan uang untuk biaya masuknya. Harga tiket masuk ke kawasan TNGHS yakni Rp30.000 per motor, sedangkan harga tiket masuk ke curugnya adalah Rp10.000 per orang. Terdapat biaya tambahan bagi wisatawan yang membawa kendaraan, Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa mendukung aktivitas liburan wisatawan. Di antaranya ada area parkir, toilet, musala, camping ground, dan warung-warung makan. Bagi kamu yang ingin makan di area air terjun, harap untuk selalu berhati-hati karena bau makanan bisa mengundang monyet datang. Monyet-monyet ini memang tak selalu menampakkan diri, tetapi terkadang menghampiri saat tahu ada makanan di areanya.

Sobat Djava bisa mengunjungi Curug Goa Lumut Endah setiap Senin-Sabtu pada pukul 06.00-17.00 WIB. Sementara pada hari Minggu beroperasi mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Khusus hari Jum’at, objek wisata alam ini buka mulai pukul 12.30-17.00 WIB. Sebaiknya kamu berkunjung saat musim kemarau karena objek wisata ini akan tutup saat hujan mengguyur.

Hal tersebut karena air akan mengalir lebih deras dan membanjiri kolam di bawahnya. Derasnya air khawatir akan membahayakan keselamatan wisatawan. Selain itu, air juga akan cenderung keruh saat hujan sehingga panoramanya akan kurang maksimal. Akses jalan saat hujan pun akan licin karena medannya berupa tangga berbatu.

Lokasi Curug Goa Lumut Endah

Curug Goa Lumut Endah berlokasi di Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Lokasinya berdekatan dengan Curug Pangeran dan Curug Pasir Reungit. Untuk mengakses lokasinya, pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima karena medannya masih cukup terjal. Tetaplah berhati-hati di perjalanan karena kontur jalannya sedikit curam, menanjak, dan berkelok-kelok. (Ris/Djavatoday)

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya