Jumat, Juni 21, 2024

Curug Gemawang Banyumas, Segarnya Ciblon di Kolam Biru Tosca!

Curug Gemawang Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun dengan kolam biru toscanya. Air terjun ini memang tidak berlokasi di kawasan wisata populer Baturraden, tetapi pesonanya tak kalah ciamik. Wisatawan yang datang bisa menikmati banyak aliran air terjun dari tebing berbatu dengan suguhan nuansa alam yang masih sangat asri. Tempatnya yang cukup tersembunyi membuat objek wisata ini menjadi hidden gems yang pas untuk healing.

Seperti biasa, untuk menikmati keindahan yang sejati terkadang kita harus melakukan perjuangan yang panjang. Hal ini sesuai dengan gambaran objek wisata ini karena wisatawan yang datang harus rela melewati jalanan yang menanjak curam. 

Medan jalannya pun tak semuanya mulus, kamu akan melewati jalanan yang masih berbatu sehingga perlu kehati-hatian khusus. Meskipun begitu, perjuangan selama perjalanan akan dibayar lunas oleh keindahan air terjunnya.

Jika Sobat Djava tertarik mengunjungi objek wisata ini untuk healing, jangan lupa untuk menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar objek wisata Curug Gemawang Banyumas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Daya Tarik Wisata Alam Curug Gemawang Banyumas 

Kabupaten Banyumas santer terkenal dengan topografi pegunungan dan perbukitannya yang banyak menyimpan pesona air terjun. Sebut saja kawasan Baturraden yang menjadi desa wisata dengan banyak curug indah yang memanjakan mata. Cocok untuk healing dan photo hunting saat akhir pekan tiba!

Selain Baturraden, kawasan Desa Kemawi juga ternyata memiliki hidden gems yang layak untuk kamu jadikan spot healing. Hidden gems tersebut bernama Curug Gemawang Banyumas yang indah dengan nuansa asrinya. Air terjun ini memiliki dua tingkatan dengan total ketinggian lebih dari 30 meter dan bentuk aliran vertikal. 

Warna airnya jernih seputih kapas dan menjadi begitu kontras dengan warna dinding berbatu yang menjadi sandarannya. Daya tarik lain dari objek wisata ini adalah keberadaan kolam alami di bawahnya yang airnya berwarna biru tosca. Warna cantik kolamnya akan nampak saat musim kemarau tiba, berbeda saat musim hujan yang akan menjadi bening bahkan cenderung keruh.

Objek wisata curug ini akan memberikan sensasi alam yang kental dengan hawa sejuk dan udara segar. Pohon-pohon rindang pun masih bisa kamu nikmati dengan alunan gemercik air yang mengalir. Wisatawan biasanya tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berenang atau sekadar bermain air di Curug Gemawang Banyumas ini. Namun, perlu kehati-hatian karena kolam tersebut cukup dalam.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan berswafoto berlatarkan air terjun yang memesona. Sobat Djava juga bisa mengeksplorasi tempat ini untuk menemukan aliran curug lain yang berukuran lebih kecil. Jika ingin ke area atas curug, wisatawan harus menaiki tangga.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata Curug Gemawang Banyumas mematok harga tiket masuk yang terjangkau untuk wisatawan. Tarif tiketnya hanya Rp5.000 saja per orang baik dewasa maupun anak-anak. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan biaya parkir. Perlu kamu ingat juga bahwa tarif ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Meskipun belum begitu mendapatkan perhatian dari pemerintahan setempat, objek wisata ini telah memiliki beberapa fasilitas. Seperti area parkir kendaraan yang luas, toilet, loket tiket, tempat duduk, hingga gazebo dan panggung sederhana. Terdapat warung, tetapi tidak setiap hari buka sehingga lebih baik menyiapkan bekal sendiri.

Jam Operasional dan Alamat Curug Gemawang Banyumas 

Curug Gemawang Banyumas beroperasi setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau dengan kondisi cuaca cerah. Meskipun aliran airnya tidak sederas saat musim hujan, tetapi pemandangannya lebih memesona.

Objek wisata ini berlokasi di Karangbanar, Kemawi, Kec. Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53195. Butuh sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Banyumas. Sebaiknya kamu menggunakan motor karena jalannya tidak begitu lebar. Harap berhati-hati karena medan jalannya masih ada yang berbatu dengan kontur turun-naik.

Itulah beberapa informasi tentang Curug Gemawang Banyumas. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Petik Buah Inagro, Bisa Piknik dan Field Trip!

Wisata Petik Buah Inagro merupakan objek wisata sekaligus tempat rekreasi yang asyik untuk piknik dan filed trip. Tempat ini memiliki luas hingga 35 hektare...

Curug Temon Banyumas: HTM, Daya Tarik, dan Alamat

Curug Temon Banyumas merupakan sebuah air terjun yang menjadi destinasi wisata karena keindahannya yang menawan. Bentuk alirannya yang unik menyerupai huruf Y dengan kolam...

Curug Penganten Banyumas, Eksotis dengan Mitos Romantis!

Curug Penganten Banyumas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan saat menyambangi Provinsi Jawa tengah.

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya