Selasa, Mei 28, 2024

Curug Dengdeng, Keindahannya Bak Niagara Mini dari Tasikmalaya

Air terjun sering disebut curug oleh masyarakat sunda. Setiap air terjun memiliki keindahan tersendiri. Untuk warga Tasikmalaya dan sekitarnya, khususnya bagi para traveller yang menyukai wisata air. Ada air terjun yang wajib dikunjungi, yakni Curug Dengdeng yang juga merupakan Niagara Mini dari Tasikmalaya.

Curug ini  terletak di Cikatomas, Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Curug ini dapat ditempuh sekitar 70 km dari pusat kota Tasikmalaya. Untuk dapat mencapai lokasi ini kalian harus menyiapkan kendaraan yang benar benar fit. Karena setelah dari jalan raya kita akan melewati jalan yang masih tanah dengan panjang sekitar 4 kilometer.

Ketika sampai di lokasi kita diharuskan membayar tiket sebesar Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 15 ribu untuk mobil. Disana disediakan tempat parkir yang luas oleh pengelola. Dari tempat parkir kita diharuskan berjalan kaki terlebih dahulu. Kepada pengunjung untuk membawa air minum ketika akan menuju lokasi Curug Dendeng.

Curug ini berbeda dari curug lainnya karena memiliki tiga undakan. Undakan yang pertama 9 meter, kedua 11 meter dan ketiga 13 meter.

Pemandangan Unik di Curug Dedeng

Niagara Mini dari Tasikmalaya. Foto: Pas

Curug ini memiliki pemandangan berbeda-beda tergantung dengan musim apa kita berkunjung. Ketika musim hujan debit air akan tinggi, cocok untuk pecinta alam yang menyukai keindahan air.

Ketika musim kemarau debit air akan berkurang sehingga akan terlihat cekungan-cekungan air jernih. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika awal musim hujan dan awal musim kemarau. Karena debit air tidak terlalu tinggi.

Curug Dengdeng dapat dikatakan Niagara Mini dari Tasikmalaya. Karena bentuk curug ini seperti Air terjun Niagara namun dalam ukuran yang lebih kecil. Keindahan curug ini tidak kalah dengan Niagara yang berada di Negara bagian Amerika Serikat New York dengan Provinsi Kanada Ontario.

Karena hebatnya internet curug ini sudah terkenal dikalangan masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya.  Sehingga pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Antara lain sudah disediakan toilet, mushola serta parkir yang luas.

Ketika kita sudah lelah bermain dengan air jangan lupa untuk mengisi perut. Ada beberapa warung yang berjejer menyediakan berbagai minuman dan makanan. Kita juga dapat berpiknik dengan keluarga dan membawa makanan sendiri.

Itu dia beberapa hal tentang Curug Dendeng. Curug ini cocok dijadikan tempat wisata bersama keluarga ataupun dengan teman – teman. Ketika berada di sekitar curug jangan lupa untuk selalu berhati – hati. Selalu jaga diri dimanapun kalian berada. Stay safe. Salam Lestari. (Pas/Djavatoday)

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya