Minggu, Juli 21, 2024

Curug Country Bogor: HTM, Fasilitas, dan Alamat Lengkap

Curug Country Bogor merupakan satu dari sekian banyaknya objek wisata alam berupa air terjun yang menyuguhkan pesona luar biasa. Tempat ini bisa menjadi spot healing dan destinasi liburan yang menarik karena memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi bagi Sobat Djava yang memiliki hobi fotografi, tempat ini bisa menjadi spot hunting yang tepat. Keunikan curugnya bisa menjadi objek foto yang ciamik.

Air terjun ini juga banyak wisatawan dan masyarakat setempat kenal dengan sebutan ‘Curug Jodoh’. Hmm, mengapa bisa begitu? Apakah dengan berkunjung ke air terjun ini akan mendatangkan jodoh lebih cepat? Simak selengkapnya uraian berikut ini untuk mendapatkan jawabannya. Kami juga akan memberikan beberapa informasi penting lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum berkunjung.

Curug Country Bogor sebagai Miniatur Niagara Falls

Sobat Djava, apakah Anda tahu tentang air terjun terindah sekaligus air terjun dengan volume air terbesar di dunia? Ya, air terjun tersebut adalah Niagara Falls, berada pada perbatasan Amerika Serikat, Ontario, dan Kanada. Air terjun ini begitu indah dan lebar bak tirai dinding besar yang megah. Kini, tak perlu jauh-jauh ke Negeri Paman Sam, Kota Hujan memiliki minaturnya lewat Curug Country Bogor.

Curug tersebut mirip seperti Niagara Falls karena memiliki aliran air yang melebar pada dinding batunya. Meskipun debit airnya jauh lebih kecil daripada Niagara Falls yang sesungguhnya, curug ini tetap mereplikasi keindahannya. Tidak seperti air terjun pada umumnya, air terjun yang juga populer dengan nama Curug Jodoh ini hanya mengalir dengan debit kecil. Gemercik jatuhan airnya terdengar lembut, tidak berdebam atau menciptakan deburan yang kuat.

Warna airnya bening meskipun tidak hijau kebiruan seperti halnya dengan Curug Lembah Tepus Bogor. Namun, potret Curug Country Bogor tetap memesona karena seperti tirai tipis yang menutupi dinding bebatuan. Dinding bebatuannya pun tidak rata, melainkan berundak membentuk tingkatan-tingkatan kecil sebagai tempat air mengalir. Jatuhan air terjunnya akan membentuk sebuah kolam alami berukuran cukup kecil, tetapi masih bisa untuk bermain air.

Pesona air terjun ini cocok menjadi objek foto karena begitu instagramable. Pepohonan sekitar yang rindang juga membuat areanya teduh sehingga Anda bisa bersantai dengan nyaman. Letak air terjun yang cukup jauh dari keramaian juga membuat udaranya begitu segar dengan hawa yang menyejukkan. Menjadikan tempat ini sebagai spot untuk melepas penat dan me-refresh pikiran adalah pilihan yang tepat.

Mitos Curug Country Bogor

Selain terkenal karena julukan miniatur Niagara Falls, Curug Country Bogor juga populer dengan mitosnya. Mitos tersebut berkaitan dengan jodoh. Menurut penduduk setempat, siapapun yang mandi atau berendam di curug ini maka akan makin mudah menemukan jodohnya. 

Mitos ini berkembang dan sampai kepada masyarakat lainnya di luar daerah. Bahkan sering kali wisatawan sengaja datang karena mendengar tentang mitos tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, pesona air terjun ini tetap menjadi sebuah fakta. 

HTM, Fasilitas, dan Alamat

Harga tiket masuk ke objek wisata alam Curug Country Bogor adalah Rp10.000 per orang baik untuk weekend atapun weekday. Kemudian terdapat biaya tambahan sebagai retribusi parkir sebesar Rp10.000. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak wisata terkait. 

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00-00.00 WIB, kecualo hari Sabtu buka pukul 07.00-05.00 WIB. Namun, kami sarankan untuk datang saat pagi menjelang siang hari agar akses jalannya baik. Mengingat tempat ini cukup berada pada pedalaman sehingga khawatir jika datang menjelang malam hari.

Untuk fasilitasnya sendiri, Curug Country Bogor telah menyediakan area parkir, kamar ganti, dan juga warung makan. Letaknya tepat di dekat air terjun bersama dengan fasilitas saunh untuk bersantai. Kecuali area parkir yang berada cukup jauh dari curug karena jalannya tidak bisa terakses kendaraan roda dua sekalipun.

Alamatnya sendiri adalah Jl. Cijejetpolri, Desa Tanjungrasa, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16840. Setelah tiba di Desa Tanjungrasa, Anda harus menemukan lapangan sepakbola sebagai patokan dan beloklah ke kiri sesuai papan penunjuk arah. Terus ikuti jalan tersebut dan ambil arah kiri, setelah menemukan bundaran, ambil arah kanan menuju pos jaga wisata ini.

Setelah tiba di area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Kondisi jalannya cukup terjal dan licin sehingga harus berhati-hati. Anda akan melewati pepohonan dan menyeberangi sungai untuk sampai ke lokasi Curug Country Bogor. Jangan berkunjung saat musim hujan karena akses jalan akan makin licin dan warna airnya bisa mengeruh. (Ris/Djavatoday)

Pantai Pangasan Pacitan dengan Pesona Persawahan

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan eksotisme alam dari beberapa kombinasi.

Coban Srikandi Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Srikandi Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri.

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya