Sabtu, Mei 18, 2024

Curug Cihanyawar Garut, Ada Fasilitas Riverside Camp!

Curug Cihanyawar Garut mungkin masih terdengar asing karena tak sepopuler curug lainnya, contohnya Curug Sanghyang Taraje. Namun, kepopuleran tak bisa menggambarkan penilaian air terjun ini sepenuhnya karena ternyata ada banyak pesona yang bisa Anda temukan di sana. Air terjun yang berada di kaki Gunung Cikuray ini ternyata memiliki eksotisme alam dengan pemandangan air terjun yang paling menyita perhatian. Kejernihan airnya dengan suhu yang dingin justru menjadi hal yang menyegarkan, tak hanya mata, terapi juga pikiran.

Objek wisata alam ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menenangkan diri atau istilah kerennya, healing. Suasana alamnya yang asri dengan berbagai tumbuhan vegetasi alaminya memang mendukung terciptanya kedamaian hati. Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan ragam fasilitas seru untuk membuat liburanmu menjadi lebih asyik lagi. Salah satu fasilitasnya adalah riverside camp, alias berkemah di tepi sungai.

Ingin tahu bagaimana informasi lainnya seputar Curug Cihanyawar Garut? Simak artikel ini selengkapnya, ya!

Daya Tarik Curug Cihanyawar Garut

Berlibur ke objek wisata air terjun sedang trend akhir-akhir ini, apalagi jika pemandangan yang tersaji benar-benar melampaui ekspektasi. Seperti halnya pada Air Terjun Cihanyawar ini yang menyuguhkan keindahan air terjun setinggi 16 meter. Debit airnya yang deras dengan warna air yang jernih begitu berpadu dengan hijaunya vegetasi hutan yang mengelilingi. Udara yang sejuk pun menambah kesan rileksasi yang intens, membuat wisatawan betah berlama-lama di sana.

Daya tarik lain dari Curug Cihanyawar Garut adalah keberadaannya yang merupakan cagar alam dengan flora dan fauna yang menakjubkan. Salah satunya adalah ragam pepohonan yang menjulang tinggi dan meneduhkan area wisata. Pohon-pohon itu adalah pohon pinus, pohon kawung, hingga lisamara. Area pepohonan ini menjadi tempat ngadem paling favorit, apalagi terdapat beberapa gazebo yang tersedia untuk bersantai. 

Pesona tempat ini tak hanya ada pada area air terjunnya saja. Ketika Sobat Djava melakukan perjalanan ke wisata ini, perkebunan teh akan memanjakan mata sepanjang jalan. Anda bisa turun sejenak dan menikmati hamparan teh hijau yang sedang para petani rawat. Perkebunan teh ini juga menjadi spot foto favorit wisatawan, lho.

Riverside Camp Pertama di Garut

Air yang mengalir dari Curug Cihanyawar Garut selanjutnya akan membentuk kolam dan mengalir ke sungai kecil. Gemercik airnya tentu menjadi suara alam yang merdu dan menjadi teman bersantai yang syahdu. Oleh karena itu, hadirlah sebuah area berkemah dengan dek sebagai alasnya yang berada di tepi sungai. Agar wisatawan dapat menikmati pesona alamnya lebih lama lagi.

Riverside camp ini menjadi yang pertama di Garut, lho. Dari tenda, Anda bisa menikmati pemandangan air terjun, mendengarkan gemercik air sungai, dan menghirup udara segar hutan pinus sembari bersantai. Tenda ini tak hanya untuk berkemah saja, wisatawan yang sekadar ingin bersantai saat siang hari pun bisa menyewanya.  Di seberang tenda, terdapat sebuah taman dengan bangku-bangku yang tersedia untuk wisatawan.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata Curug Cihanyawar Garut telah memiliki fasilitas yang memadai dan cukup lengkap, lho. Seperti area parkir kendaraan yang luas, musala, toilet, shelter, gazebo, tempat duduk, hingga tenda di tepian sungai. Warung-warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau pun tersedia. Bagi yang suka tantangan, cobalah mengendarai mobil jeep dan off-road di jalur perkebunan teh yang indah. 

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah buka pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari. Namun, untuk fasilitas camping river side tetap beroperasi selama 24 jam. Kami sarankan untuk berkunjung saat musim kemarau dengan cuaca yang cerah. Hal tersebut karena area wisata ini masih berupa tanah yang akan becek saat hujan tiba.

HTM dan Lokasi Curug Cihanyawar Garut

Untuk bisa healing di Curug Cihanyawar Garut, Anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja per orangnya. Kemudian bagi yang ingin menyewa tenda selama healing tanpa menginap, cukup membayar Rp20.000 per jam. Sementara untuk berkemah, Anda bisa menyiapkan dana Rp300.000 per tenda berkapasitas 4 hingga 6 orang dengan fasilitas kasur, bantal, dan selimut. Saat weekend, biayanya menjadi Rp350.000 per tenda.

Tempat ini memang termasuk hidden gem karena melewati perkampungan dan memasuki area hutan cagar alam. Lokasi lengkapnya yakni Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten, Jawa barat 44181. Akses jalannya cukup bagus, bisa untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saat mendekati lokasi, kondisi jalannya ada yang sedikit berbatu. 

Objek wisata yang berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl ini juga memiliki cerita mitos tersendiri. Konon, siapapun yang berkunjung ke Curug Cihanyawar Garut akan mudah mendapatkan jodoh, lho. Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, air terjun ini tetaplah eksotis dan cocok menjadi spot healing ataupun olahraga. Hubungi nomor 0895402228400 untuk informasi reservasi. (Ris/Djavatoday) 

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya