Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Cigetruk Cirebon: Harga Tiket, Fasilitas, dan Alamat

Curug Cigetruk Cirebon merupakan sebuah air terjun yang menjadi objek wisata baru dengan suguhan alam yang memesona. Nuansa alami dan juga asri bisa Anda rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Udara bersih dan sejuk pun terasa dari balik rindangnya pepohonan dan deburan airnya. Cocok bagi Sobat Djava yang ingin ngadem sekaligus healing, melipir sejenak dari panasnya cuaca kota udang.

Kabupaten Cirebon ternyata tak hanya populer dengan wisata sejarah dan religinya yang kental, mengingat daerah ini masih mempertahankan kesultanannya. Alamnya pun memiliki potensi yang besar untuk menjadi objek wisata yang mampu memberikan kenyamanan kepada para wisatawannya. Meskipun terbilang baru dan masih dalam tahap pembangunan serta pengembangan, objek wisata ini recommended untuk Anda datangi. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui beberapa informasi penting tentang objek wisata ini.

Kami akan memberikannya pada Anda melalui uraian berikut ini sebagai referensi liburan yang menyenangkan. Mulai dari harga tiket masuk, fasilitas, daya tarik, hingga lokasi atau alamat lengkap objek wisata Curug Cigetruk Cirebon ini. Yuk, Simak selengkapnya, Sobat Djava!

Baca juga: Curug Tilu Leuwi Opat, Tempat Healing di Bandung Barat

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Alam Curug Cigetruk Cirebon

Untuk dapat berlibur dengan suguhan panorama alam yang indah dengan hawa sejuk, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang. Hal tersebut karena ada banyak objek wisata alam nusantara yang mematok harga tiket masuk dengan nominal yang terjangkau. Seperti halnya wisata air terjun yang satu ini. Harga tiket masuk objek wisata alam Curug Cigetruk Cirebon hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Harga tersebut belum termasuk biaya retribusi parkir. Adapun biaya retribusi parkirnya adalah Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Cukup murah meriah, bukan? Harga tiket masuk dan retribusi parkir ini bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek wisata Curug Cigetruk Cirebon memiliki beberapa fasilitas yang cukup memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk wisatawan. Seperti area parkir yang dapat menampung 40 hingga 60 unit motor. Namun, aera parkir mobilnya masih terbatas dan lahannya berada cukup jauh dari objek wisata, sekitar 3 menit jika berjalan kaki.

Kemudian terdapat fasilitas toilet atau kamar mandi, musala, dan gazebo untuk bersantai menikmati alam dari ketinggian. Jika lapar dan tidak membawa bekal, jangan hawatir karena terdapat warung-warung yang menjual makanan serta minuman. Beberapa spot foto sederhana juga tersedia dengan latar air terjun yang mengalir deras sehingga hasil fotonya tetap ciamik.

Adapun lokai objek wisata Curug Cigetruk Cirebon berlokasi di Kaupaten Cirebon, di bawah Gunung Ceremai. Alamat lengkap tempat healing ini adalah Desa Mandala, Kec. Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 4565. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya dan berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota sehingga lebih memudahkan akses wisatawan. Penunjuk jalan dan Google Maps pun sudah tersedia untuk memudahkan Anda dalam mencari lokasinya.

Daya Tarik dan Pesona Alam Curug Cigetruk Cirebon

Air terjun ini menyuguhkan keindahan lewat deras alirannya yang jatuh dari ketinggian sekitar 27 meter. Meskipun tak setinggi air terjun di kota-kota lain, tetapi curug ini sudah cukup untuk mendapat gelar curug tertinggi di Cirebon. Debit airnya cukup deras dengan warna air yang jernih, tetapi saat mengalir dan berkumpul menjadi kolam alami, airnya sedikit keruh. Meskipun begitu, kolam tersebut tetap bisa menjadi spot bermain air dan berendam para wisatawan karena kesegarannya.

Kolam ini berundak-undak dan mengalir seperti sungai yang memanjang dan memotong area wisata menjadi dua. Di atas kolam terdapat sebuah jembatan untuk menghubungkan dua area wisata tersebut. Selain sebagai penghubung, jembatan ini juga berfungsi sebagai spot foto para wisatawan. hal tersebut karena lanskap Curug Cigetruk Cirebon dapat terlihat dari atas jembatan.

Di tepian kolamnya, berjejer bangku-bangku dan payung besar yang berfungsi sebagai gazebo atau saung. Wisatawan dapat duduk-duduk santai di sana sembari menikmati deburan air terjun dan gemercik air kolam yang mengalir ke undakan selanjutnya. Anda juga bisa menggelar tikar dan menyantap perbekalan yang lezat, orang biasa menyebut kegiatan ini dengan piknik cantik.

Itulah beberapa informasi tentang Curug Cigetruk Cirebon. Objek wisata ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk ngadem dan healing bersama keluarga ataupun teman. (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya