Selasa, Juni 25, 2024

Curug Cigamea Bogor: HTM, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Curug Cigamea Bogor merupakan salah satu objek wisata alam populer yang menyuguhkan dua air terjun sekaligus. Letaknya bahkan berdampingan dengan ketinggian yang berbeda di tengah rimbunnya vegetasi alam berwarna hijau. Suasana asri pun begitu terasa dengan udara bersih dan hawa sejuk yang melegakan pernapasan. Panoramanya pun tak perlu Anda ragukan karena air terjun ini berada pada kawasan konservasi wisata Gunung Salak Endah (GSE). 

Mengenai fasilitasnya, objek wisata alam ini terhitung cukup lengkap dan memadai untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Berbagai wahana outbound yang seru hingga menantang pun tersedia jika Anda ingin mencoba. Bagi yang gemar berburu foto yang instagramable, tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan karena memiliki keindahan alam yang ciamik. Ingin tahu lebih banyak informasi tentang curug ini? Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea Bogor

Informasi penting yang harus Anda ketahui ketika akan berkunjung ke objek wisata Curug Cigamea Bogor adalah harga tiket masuknya. Mengingat spot healing ini berada pada kawasan terpadu konservasi wisata Gunung Salak Endah, maka Anda harus membayar biaya masuk areanya. Tidak mahal, hanya Rp15.000 per orang saja. Kemudian saat memasuki gerbang curugnya, Anda harus membayar lagi Rp10.000 per orangnya.

Objek wisata ini juga memiliki fasilitas terapi ikan yang hanya mematok harga Rp5.000 saja per orangnya. Biaya-biaya tersebut tidak bersifat tetap dan bisa berubah kapan saja. Untuk informasi lebih lanjut dan up to date, kunjungi laman Instagram resminya dengan username @curug_cigamea.

Fasilitas dan Jam Operasional

Berlibur bersama keluarga ataupun teman di Curug Cigamea Bogor akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Apalagi telah tersedia beragam fasilitas yang bisa menambah kenyamanan Anda. Seperti area parkir kendaraan, toilet dan kamar mandi, warung-warung makanan dan minuman, spot foto, serta gazebo untuk bersantai. Tersedia juga warung yang menjajakan cendera mata, musala, flying fox, penginapan, dan juga bumi perkemahan atau camping ground.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00-17.30 WIB setiap harinya. Sementara untuk fasilitas camping ground tetap beroperasi selama 24 jam setiap hari. Kami sarankan agar berlibur saat musim kemarau agar debit airnya tidak naik sehingga Anda bisa bermain air. Warna airnya juga akan lebih jernih dan telaganya berwarna hijau kebiruan.

Daya Tarik Wisata Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea Bogor memiliki daya tarik berupa dua buah air terjun yang letaknya berdampingan dengan ketinggian berbeda. Satu air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan tebing abu kehitaman yang menjadi sandarannya. Sementara air terjun yang satunya lagi memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang mengalir pada tebing berwarna merah bata. Aliran air curug yang kedua ini lebih terurai seperti tirai panjang dengan rintikan air yang terkadang menciptakan pelangi.

Air yang jatuh dari atas curug akan berkumpul dalam sebuah kolam atau telaga alami. Air kolam ini begitu cantik dengan warna hijau kebiruan. Bebatuan yang berada pada area kolamnya juga menambah kesan alami yang natural. Begitupun dengan rimbunnya pepohonan hijau dan ragam vegetasi alam yang menciptakan nuansa asri. Hawa sejuk yang terasa di tempat ini juga menyebarkan ketenangan dan kesegaran.

Tempat ini cocok menjadi spot healing dan refreshing. Apalagi ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan jika berlibur di Curug Cigamea Bogor. Seperti bersantai menikmati keindahan curug, bermain air, berburu spot foto, mencoba flying fox, dan mencoba terapi ikan. Anda juga bisa bermalam di curug ini, baik dengan berkemah ataupun menyewa penginapan.

Alamat Lengkap

Objek wisata ini berlokasi di Kampung Loka Purna, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Anda bisa hanya menuliskan tujuan Taman Nasional Gunung Halimun Salak saja pada aplikasi Google Maps. Lokasi curugnya berada tidak jauh dari gerbang TNGHS/GSE. Dari pintu masuk, Anda harus melanjutkan perjalanan ke air terjunnya dengan berjalan kaki sejauh sekitar 400 meter. Medan jalannya tidak sulit, hanya berupa tangga yang tertata rapi dengan paving blok.

Sepanjang jalan menuju Curug Cigamea Bogor, Anda akan melihat pemandangan alam yang hijau sejauh mata memandang. Monyet-monyet pun akan terlihat bergelantungan bersamaan dengan kicauan burung khas hutan. Warung-warung juga tersebar sepanjang jalan menuju curugnya. (Ris/Djavatoday)

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Umbul Kroman Klaten, Bisa Pancarkan Aura Kecantikan

Umbul Kroman Klaten merupakan sebuah hidden gem yang menjadi destinasi para pelancong untuk sekadar healing. Tempat ini menyuguhkan sebuah kolam mata air alami yang...

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya