Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Cidulang Jonggol: Daya Tarik hingga Lokasi

Curug Cidulang Jonggol menjadi satu dari sekian banyaknya wisata air terjun di Kota Hujan, Bogor. Kota yang mendapat julukan “kota seribu curug” ini seolah tak ada habisnya memanjakan wisatawan dengan segarnya air yang jatuh dari ketinggian. Lokasinya yang dekat dari kota-kota besar seperti Jakarta dan Bekasi membuatnya seperti oase di tengah padang pasir yang gersang. Membuat para muda-mudi berbondong-bondong menjadikannya destinasi untuk berlibur saat akhir pekan tiba.

Kesejukan Bogor yang sulit terasa di kota-kota besar di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Mereka memanfaatkannya sebagai tempat untuk refreshing, menjernihkan pikiran dan menyingkirkan segala beban. Bagi para pecinta alam, mengunjungi air terjun tentunya akan sangat menyenangkan. Akses jalan yang sering kali menantang bahkan tak bisa menghentikan semangatnya untuk menikmati pesona alam.

Bagi Sobat Djava yang ingin berpetualang menikmati keindahan alam, Curug Cidulang Jonggol bisa menjadi pilihan. Sebelum berkunjung ke sana, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi. Selamat membaca, Sobat Djava!

Daya Tarik Curug Cidulang Jonggol

Indonesia begitu kaya akan pesona alamnya, berbagai macam kenampakan alam sering kali kita temui di berbagai penjuru Nusantara. Salah satunya adalah air terjun, panorama alam yang menyajikan deburan air dari ketinggian dengan suasana alam yang masih asri terjaga. Salah satu air terjun dengan pesona yang memukau adalah air terjun yang terletak dekat dengan Situ Rawa Gede Bogor.

Air terjun tersebut bernama Curug Cidulang Jonggol. Sebuah air terjun yang memiliki air jernih dan debit air yang cukup besar dengan ketinggian yang sedang. Air yang jatuh dari atas tebing membentuk sebuah kolam alami, airnya pun tak jarang berubah menjadi biru kehijauan. Jika Anda lihat dari atas, terkadang muncul pelangi yang menghiasi, indah sekali, bukan?

Airnya memiliki suhu yang dingin, berpadu dengan udara Bogor yang sejuk dan suasana damai khas alam. Pepohonan dan tanaman hijau di sekelilingnya menambah kesegaran dan memanjakan mata. Anda bisa duduk-duduk santai di atas batu yang tersusun rapi di depan air terjun untuk menikmati panoramanya. 

Berenang dan Bermain Air

Di Curug Cidulang Jonggol, Anda bisa bermain air sepuasnya dan berenang untuk merasakan kesegaran airnya. Air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari mata air Gunung Kencana. Itulah mengapa kesan alaminya begitu terasa. Berhati-hatilah saat berenang karena ada banyak bebatuan di dasar kolam.

Kolamnya tidak begitu besar dan memiliki kedalaman yang cukup dangkal. Namun, usahakan untuk tidak berenang tepat di bawah air terjun untuk menghindari hal-hal yang buruk, ya! Utamakanlah keselamatan di manapun Sobat Djava berada.

Selanjutnya, Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto berlatarkan gagahnya air terjun. Ajak serta sahabat atau keluarga agar momenmu lebih bermakna. Curug Cidulang Jonggol tidak menyediakan spot foto buatan, tetapi panorama alamnya tetap mendukung untuk menciptakan foto yang instagramable.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini masih belum memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Hanya ada gazebo atau saung di dekat air terjun. Warung makanan terletak di dekat Curug Cibeureum yang juga dekat dengan Curug Cidulang Jonggol. Untuk area parkir, Anda bisa memarkirkan kendaraan di area Situ Rawa Gede.

Adapun jam operasional wisata ini adalah 24 jam setiap hari. Kami sarankan untuk berkunjung saat musim kemarau dengan cuaca cerah agar akses jalannya tidak menyulitkan. 

Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Untuk bisa healing di Curug Cidulang Jonggol, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Anda akan masuk melalui gerbang Situ Rawa Gede, di sana Anda tidak perlu membayar tiket. Bicaralah kepada petugas di sana bahwa Anda hanya akan berkunjung ke Air Terjun Cidulang.

Untuk Anda yang tertarik berlibur di sini, langsung saja kunjungi lokasinya. Alamatnya berada di Sirnajaya, Sukamakmur, Jalan Puncak Dua, Sirnajaya, Kec. Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830. Berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Jakarta atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Curug Cidulang Jonggol berada di ketinggian sekitar 1.300 mdpl. Untuk mengaksesnya, Anda harus sedikit mendaki melewati jalan setapak yang berbatu dan berupa tanah. Treking ini bisa memakan waktu sekitar 30-60 menit. Berhati-hatilah saat di perjalanan, ya! (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya