Rabu, Mei 29, 2024

Curug Cidadap Semaya, Spot Healing Terindah di Banyumas

Curug Cidadap Semaya merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot healing di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun ini menawarkan keindahan jatuhan air dengan panorama alam yang hijau memanjakan mata. Tak lupa juga suguhan hawa sejuk dan nuansa tenang yang bisa mengusir kepenatan atau beban pikiran.

Kabupaten Banyumas memang terkenal memiliki banyak wisata alam karena topografinya yang berupa dataran tinggi. Beberapa wisata alam yang telah populer sejak lamanya adalah Wisata Baturraden, Hutan Pinus Limpakuwus, Curug Jenggala, dan masih banyak lagi. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daerah rela datang jauh-jauh hanya untuk berlibur menikmati sajian alamnya.

Bagi Sobat Djava yang juga ingin merasa sensasi berlibur di alam Banyumas, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Curug Cidadap semaya. Namun, sebelum berkunjung sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi menarik seputar curug ini yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Curug Cidadap Semaya

Untuk bisa berkunjung dan berlibur di Curug Cidadap Semaya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membeli tiket masuknya. Hal tersebut karena objek wisata ini masih gratis dan belum terkelola secara profesional, baik oleh pemerintah maupun oleh warga setempat. Jika ada yang berjaga, Anda bisa memberikan uang seikhlasnya kepada warga sebagai jasa penitipan kendaraan.

Anda juga bisa menyiapkan dana untuk keperluan lainnya, seperti menyewa tour guide, untuk makan, dan membeli oleh-oleh. Biaya untuk berwisata ke curug  ini bisa saja berubah sewaktu-waktu karena tidak bersifat permanen. Untuk informasi terbaru setiap saatnya, Sobat Djava bisa menghubungi nomor telepon 0857-4789-8560.

Jam Operasional dan Fasilitas

Informasi selanjutnya yang tak kalah penting tentang objek wisata ini adalah jam operasionalnya, agar Anda tidak datang dengan sia-sia. Jam operasional Curug Cidadap Semaya adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB setiap hari. Pengalaman berlibur ke Curug ini akan lebih seru jika anda berkunjung saat cuaca cerah.

Adapun fasilitas pada objek wisata air terjun ini masih minim karena belum terkelola dengan baik. Hanya tersedia keindahan alam yang masih asri terjaga sebagai spot healing yang akan memanjakan setiap wisatawan. Untuk fasilitas seperti musala, toilet, ataupun warung bisa Anda temukan di area parkir atau area pemukiman warga.

Daya Tarik Curug Cidadap Semaya 

Dewasa ini, liburan agaknya telah menjadi suatu kebutuhan sebagai penghilang rasa bosan dan penat setelah bekerja selama sepekan. Liburan dengan konsep alam pun sering kali menjadi pilihan karena memiliki nuansa tenang yang nyaman. Salah satu tempat liburan favorit wisatawan adalah air terjun dengan pesona yang menawan.

Salah satu air terjun yang bisa Anda singgahi saat musim liburan tiba adalah Curug Cidadap Semaya yang berada di Banyumas. Air terjun ini tak lebih tinggi dari 30 meter dengan debit air yang cukup deras. Suara gemuruhnya pun terdengar dari radius puluhan meter dan menjadi suara alam yang mampu mengusir kepenatan. Airnya yang jernih dan tertiup angin membuat udara di sekitarnya menjadi lebih segar.

Wisatawan bisa merasakan kealamian dan kesegaran airnya langsung dengan berenang atau hanya sekadar bermain air dalam alirannya. Bebatuan yang terhampar pun dapat menjadi pijakan atau tempat duduk atau bersantai. Jangan khawatir tersengat panasnya matahari karena area air terjun ini rimbun dengan pepohonan yang meneduhkan.

Pohon-pohon dan vegetasi alam lainnya juga membuat pemandangannya lebih memesona. Anda bisa berswafoto dengan latar air terjun dan tebing yang penuh dengan hijaunya tanaman. Saat musim hujan, Curug Cidadap Semaya akan memiliki dua aliran yang sama indahnya.

Alamat Lengkap

Objek wisata ini berdekatan dengan Curug Gomblang, tepat berada di balik perbukitannya. Alamat lengkapnya adalah Dusun III, Sunyalangu, Kec. Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53161. 

Dari area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit. Akses jalannya tidak mudah dan membutuhkan kekuatan fisik. Anda akan melewati perkebunan warga dan menyusuri sungai hingga akhirnya tiba di Curug Cidadap Semaya. (Rismawati/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya