Sabtu, Mei 18, 2024

Curug Cibadak Garut: Harga Tiket, Fasilitas, dan Alamat

Curug Cibadak Garut merupakan satu dari sekian banyaknya objek wisata air terjun di kota intan. Air terjun yang letaknya begitu dekat dengan jalan lalu lintas perkampungan ini memiliki keunikan karena ketinggiannya yang mencapai 100 meter. Namun, ketinggian tersebut adalah angka total dari dua undakan air terjun yang mengalir dari ketinggian tebing yang nampak megah. Potretnya pun terlihat menawan karena begitu menyatu dengan panorama perbukitan hijau yang memanjakan mata.

Kabupaten Garut ternyata mulai menyaingi kota-kota lain di Jawa Barat yang memiliki surga air terjun, salah satunya adalah Bogor. Kabupaten ini, khususnya bagian selatannya memang terkenal dengan ragam objek wisata alam yang hits dan bahkan masih perawan. Sebut saja Pantai Cijeruk yang pesonanya kini telah tersebar ke berbagai platform media sosial. Menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah untuk datang menikmati keindahannya secara langsung.

Akses jalan yang terkadang tidak mudah tak menyurutkan semangat wisatawan agar bisa healing dengan tenang. Namun, bagi Sobat Djava yang tak ingin lelah trekking untuk bisa healing, Curug Cibadak Garut bisa menjadi pilihannya. Letaknya yang strategis di samping jalan membuat wisatawan mudah menjangkau lokasinya. Untuk informasi lebih detail tentang objek wisata yang satu ini, simak selengkapnya uraian berikut ini, ya!

Pesona Curug Cibadak Garut dengan Ketinggian Mencapai 100 Meter

Mendengarkan suara deburan atau gemercik air di tengah syahdunya alam memang bisa menjadi terapi untuk menghilangkan semua kepenatan. Tak heran jika wisata air terjun menjadi populer akhir-akhir ini, terutama mereka para kalangan pemuda yang suka bertualang. Juga mereka yang memiliki hobi memotret keindahan alam.

Salah satu tempat yang bisa Anda jajal untuk melakukan hal-hal tersebut adalah Curug Cibadak Garut. Air terjun dengan ketinggian total sekitar 100 meter, berada antara tebing bebatuan dan gugusan perbukitan. Alirannya cukup deras dengan warna air yang jernih dan bersuhu dingin sekaligus menyegarkan. Udara yang bersih dengan hawa sejuk pun terasa pekat memenuhi kawasan air terjunnya.

Pada undakan air terjun pertama atau yang terletak pada bagian atas, alirannya membentuk vertikal dengan satu aliran saja. Sementara pada undakan kedua, alirannya akan melebar sehingga terlihat seperti terdapat tiga aliran. Hal tersebut karena tebing pada undakan kedua lebih lebar dan membentuk ceruk antara kaki perbukitan. Kolam alami pun terbentuk menampung jernihnya air yang terkadang berwarna hijau kebiruan.

Bebatuan kecil pun memenuhi tepian kolam tersebut, biasanya menjadi tempat wisatawan untuk duduk bersantai menikmati pesona curug. Bebatuan besar pun tersebar menciptakan kesan natural khas alam yang asri. Sajian bentang alam Curug Cibadak Garut pun tak jarang menjadi obat penghilang stres yang mujarab. Juga sukses menjadi latar foto yang ciamik!

Anda bisa mengambil gambar sepuasnya, tetapi harus dengan kehati-hatian karena bebatuannya cukup licin. Jangan lupa untuk mencoba kesegaran air terjun ini dengan bermain air pada kolam alaminya. Airnya yang dingin dan hawa udara yang sejuk akan sempurna membuat tubuh lebih rileks. Setelah itu, hangatkan kembali tubuh dengan minuman hangat yang bisa Anda pesan dari warung yang tersedia.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Curug Cibadak Garut

Untuk bisa menjajal keeksotisan Curug Cibadak Garut, Anda tidak perlu membayar mahal. Hanya dengan Rp5.000 per orang dan tambahan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan, Anda sudah bisa healing sepuasnya. Biaya tersebut tidak bersifat tetap, artinya bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia pada objek wisata ini adalah saung atau gazebo. Tersedia juga warung makan dan toilet umum milik warga yang dekat dengan lokasi curug. Wisata ini memang belum memiliki fasilitas yang lengkap karena pengelolaannya masih secara sederhana. Untuk memarkirkan kendaraan pun, Anda harus ikut ke halaman rumah warga.

Jam Operasional dan Alamat

Jika Anda ingin berkunjung ke Curug Cibadak Garut, pastikan datang pada jam operasionalnya. Jam operasional tersebut adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap hari. Kami sarankan untuk datang saat pagi hari dengan kondisi cuaca cerah agar memudahkan perjalanan. Datang saat cuaca cerah juga akan membuat Anda bisa menikmati pemandangannya dengan lebih maksimal.

Anda bisa menggunakan Google Maps untuk bisa berkunjung ke air terjun ini. Adapun alamatnya adalah Desa Cisangkal, Kec. Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44173. Berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Lokasi air terjun ini berada dalam area perbukitan dan area hutan yang masih asri. Namun, jalannya bisa Anda akses menggunakan kendaraan meskipun kondisinya tidak sepenuhnya beraspal.

Kontur jalannya pun menanjak dan meliuk-liuk khas jalan perbukitan sehingga membutuhkan skill mengemudi yang mumpuni. Ketika sampai ke area curug, Anda hanya perlu memarkirkan kendaraan dan berjalan kaki menaiki tangga batu yang rapi menuju curug. Tidak jauh, hanya sekitar 3 menit Anda sudah sampai di Curug Cibadak Garut. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi nomor 085793508392. (Ris/Djavatoday) 

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya