Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Belot Rempoah Banyumas: Daya Tarik hingga HTM

Curug Belot Rempoah Banyumas merupakan salah satu objek wisata alam yang indah dan masih jarang terjamah. Letaknya yang berada di pegunungan membuatnya seolah tersembunyi dan terisolasi dari dunia luar. Meskipun begitu, Anda tak perlu bersusah payah berjalan kaki jauh untuk melihat keindahannya. Hal tersebut karena akses jalannya sudah bagus dan ramah untuk anak-anak sekalipun.

Objek wisata air terjun ini pun cocok menjadi destinasi wisata alam untuk keluarga ataupun bersama teman. Sobat Djava bisa mengeksplorasi berbagai hal dan merasakan sensasi seru saat lebih dekat dengan alam. Bagi Anda yang ingin healing atau refreshing dari rutinitas sehari-hari, tempat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki suasana yang tenang.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu artikel ini sebagai referensi. Kami akan memberikan ragam informasi menarik seputar Curug Belot Rempoah Banyumas hanya untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Daya Tarik Curug Belot Rempoah Banyumas

Seperti halnya air terjun lain, curug ini pun memiliki daya tariknya tersendiri. Air terjun ini mengalir dari ketinggian sekitar 40 meter di atas permukaan laut dengan debit air yang cukup deras. Namun, debit air tersebut bergantung pada musim, yang artinya akan lebih deras saat musim hujan dan akan lebih surut saat musim kemarau tiba.

Curug Belot Rempoah Banyumas terlihat begitu menawan karena warnanya yang putih jernih jatuh secara lurus vertikal. Jatuhan airnya akan membentuk sebuah kolam alami yang tak kalah jernih dan sering kali menjadi tempat wisatawan untuk bermain air atau berenang. Namun, wisatawan sebaiknya tidak berenang mendekati titik air terjun karena kedalamannya bisa membahayakan.

Dari kolam tersebut, airnya akan mengalir membentuk sungai melewati bebatuan. Panorama air terjun ini lebih memesona dengan keberadaan pepohonan yang mengelilinginya. Tak heran karena air terjun ini berada pada kawasan pegunungan yang masih asri dan jarang terjamah oleh manusia. Suasananya pun begitu menenangkan karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Anda bisa menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya karena tempat ini masih nol polusi. Bersantailah dan nikmati pemandangan Curug Belot Rempoah Banyumas yang memanjakan mata. Jangan lupa untuk berburu spot foto instagenik dengan latar belakang air terjun dan rimbunnya pepohonan yang eksotis. Untuk mengatasi suhu dingin di area air terjun ini, anda bisa menyeduh minuman hangat atau menyantap mi instan kuah.

Jika beruntung, Anda bisa sekalian memancing ikan pada area sungai yang terletak di bawah kolam air terjun. Warga setempat juga terbiasa melakukannya saat musim kemarau tiba, di mana air sungai lebih surut dan jernig. Terkadang, warga setempat juga menemukan banyak udang di sekitar air terjun ini, lho.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Curug Belot Rempoah Banyumas tidak memiliki tarif resmi untuk tiket masuknya sehingga anda bisa berwisata dengan gratis. Namun, berjaga-jagalah untuk membawa uang sebagai biaya parkir kendaraan dengan nominal sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000. Siapkan juga dana untuk keperluan lainnya seperti mencicipi kuliner di warung wisatanya, ngopi di kedai kopinya, atau menyewa tour guide.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah 24 jam setiap hari. Anda bisa mendatangi objek wisata ini kapan saja. Namun, kami sarankan untuk datang saat cuaca sedang cerah pada saat musim kemarau tiba atau memasuki musim hujan. Hindari berkunjung saat puncak musim hujan agar akses jalan menuju air terjunnya tidak begitu licin.

Fasilitas dan Alamat Curug Belot Rempoah Banyumas

Curug Belot Rempoah Banyumas ini belum terkelola dengan baik oleh pemerintah setempat maupun oleh warga sekitar. Oleh karena itu, belum terdapat fasilitas apapun di dekat air terjunnya sehingga wisatawan harus menyiapkan perbekalannya secara mandiri. 

Untuk logistik makanan ataupun minuman, Anda bisa membelinya di warung yang terletak di area parkir kendaraan. Begitupun untuk fasilitas musala dan toilet bisa anda temui di area parkir yang cukup berjarak dari titik air terjun.

Curug Belut Rempoah Banyumas terletak di kawasan wisata Baturraden yang populer sebagai spot wisata alam. Alamat lengkapnya adalah Jl. Siliwangi, Dusun II, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Dari area parkir, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 5 hingga 10 menit dengan akses jalan yang cukup baik berupa beton. Namun, beberapa bagian jalan masih berupa jalan setapak dan terlapisi lumut yang cukup licin sehingga harus berhati-hati. (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya