spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

Curug Balong Endah Bogor, Wisata Hits di Gunung Halimun Salak

Curug Balong Endah Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat dalam lingkup Taman Nasional Gunung Salak. Jika Anda berkunjung ke sana, tak akan ada kata bosan karena banyak wisata yang bisa dijelajahi. Salah satunya adalah curug ini yang memiliki pesona jernihnya air dan sejuknya alam sekitar. Potret keasriannya kini tersebar di media sosial dan menarik wisatawan dari berbagai kota.

Bogor memang tempatnya banyak curug berada dengan keunikan yang berbeda. Penasaran bagaimana keunikan dari Curug Balong Endah? Simak penjelasan berikut ini, Sobat Djava!

Keunikan Curug Balong Endah Bogor

- Advertisement -

Tak hanya memiliki curug atau air terjunnya yang indah, Curug Balong Endah Bogor juga memiliki kolam yang indah. Ini memang sesuai dengan namanya yakni Balong Endah yang berarti kilam yang indah. Airnya jernih bahkan terkadang berwarna kehijauan dan kebiru-biruan. Bibir kilam yang tersusun dari bebatuan membentuk lengkungan yang menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Pemandangannya dilengkapi dengan hijaunya pepohonan dan tebing bebatuan yang eksotis. Bukit-bukit tinggi yang mengelilinginya pun menambah kesan asri. Banyak pancuran kecil yang mengalir dari atas tebing. Aliran air dari air terjun utamanya mengalir menjadi sungai. 

Ragam Aktivitas Seru

Jika Anda ingin refreshing dan melepas penat, Curug Balong Endah Bogor adalah pilihan yang tepat. Anda bisa bersantai menikmati suasana sejuknya dengan duduk di bebatuan atau berendam di kolam cantiknya. Balong Endahnya memiliki kedalaman 1 hingga 3 meter saja sehingga para wisatawan bisa berenang, tetapi harus tetap berhati-hati. Setelah berenang, Anda bisa lho melakukan treking atau menyusuri sungainya.

Ingin bermalam agar bisa menikmati pesonanya lebih lama? Jangan khawatir karena Anda bisa berkemah di area yang disediakan. Pilihan kedua adalah dengan menyewa penginapan di sekitar curug. Jangan lupa untuk berselfie dan mengabadikan momen dengan instagramable.

Spot Foto Curug Balong Endah

Ada banyak spot foto yang tersedia secara alami di Curug Balong Endah Bogor ini. Yang paling favorit adalah di kolamnya yang jernih dan alami. Birunya air kontras dengan hijaunya pepohonan sekitar. Anda juga tentunya harus berfoto dengan background curugnya. 

Berpose di atas bukit dan bebatuan juga patut Anda coba. Potret sungainya dengan tebing bebatuan pada kedua sisi juga menarik untuk mengabadikannya. 

Lokasi dan Akses Jalan

Curug Balong Endah Bogor berlokasi di Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Anda tinggal mengikuti jalan utama hingga memasuki gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak, selanjutnya Anda akan menemukan ke Curug Balong. Kawasan ini menjadi tempat berkumpulnya curug-curug lain yang tak kalan indah, seperti Curug Pangeran. Namun, akses jalannya memang membutuhkan effort yang lebih karena jalannya yang terjal. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Wisata ini resmi dibuka sejak tahun 2016 dan telah memiliki ragam fasilitas. Seperti toilet, mushola, area parkir, warung makanan, camping ground, penginapan, dsb. Adapun jam operasionalnya dibuka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00. Namun, jadwal ini bisa saja berubah sewaktu-waktu mengingat kebijakan terkait pandemi Covid-19.

HTM

Tiket masuk destinasi wisata ini ada dua. Yang pertama adalah tiket masuk area Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar Rp25.000 per motor 2 orang. Kemudian, tiket masuk untuk memasuki Curug Balong Endah Bogor sebesar Rp10.000. Tiket parkir motor sebesar Rp5.000, sedangkan untuk mobil Rp10.000.

Disarankan berlibur ke Curug Balong Endah Bogor saat musim kemarau agar debit airnya stabil dan airnya jernih kebiruan. Jalannya pun cenderung lebih aman dibandingkan saat musim hujan yang becek. Siapkan stamina karena dari area parkir menuju curugnya harus berjalan kaki terlebih dahulu. Untuk perempuan harap membawa mukena sendiri dan setiap pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan. (Rismawati/Djavatoday)

5 Pilihan Destinasi Wisata di Cikajang Garut, Berlibur Sambil Menikmati Udara Segar

Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut terkenal dengan suhu udaranya yang dingin. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di ketinggian, mulai dari 1.200 hingga 2.500 mdpl....

Wisata Paralayang Majalengka, Pilihan Wisata Ekstrem dan Seru di Majalengka

Wisata Paralayang Majalengka merupakan salah satu pilihan wisata ektrem yang ada di Kabupaten Majalengka, khususnya bagi kamu yang sedang berada di kawasan Gunung Panten. Objek...

4 Rekomendasi Wisata Kebun Teh Di Garut, Populer dan Juga Bersejarah

Kebun teh sering kita jumpai di daerah dataran tinggi. Keberadaannya memang selalu mencuri perhatian. Selain menawarkan view alam yang hijau, udara dingin dan sejuk...

Pondok Cai Pinus, Tempatnya Hunting Foto Keren di Kuningan

Pondok Cai Pinus merupakan salah satu destinasi wisata di Kuningan yang cocok bagi kamu yang gemar selfie atau hunting foto instagramable. Tempat ini sejatinya...
spot_img

Terpopuler

Lainnya