Sabtu, Juli 20, 2024

Curug Badak Batu Hanoman, Wisata Alam di Tasikmalaya

Curug Badak Batu Hanoman merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan dua spot air terjun. Kedua air terjun ini terbilang cukup tinggi dengan penampakan alam yang masih asri dengan hawa sejuk yang menenangkan. Tak heran jika objek wisata ini selalu ramai oleh wisatawan, baik dari warga lokal Tasikmalaya maupun wisatawan yang berasal dari luar daerah. Keunggulan lain dari objek wisata air terjun ini adalah akses jalannya yang cukup mudah dengan track yang cocok untuk pemula.

Kabupaten Tasikmalaya memang menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki banyak wisata air terjun tersembunyi yang indah. Salah satu yang paling populer adalah Curug Ciparay yang memiliki debit air yang deras dengan ketinggian yang memukau. Kabupaten ini juga menyimpan hidden gem lainnya yang tak kalah memesona, seperti Curug Dengdeng, Curug Arga, Curug Sawer, hingga Curug Meber.

Berlibur ke lokasi air terjun memang menjadi salah satu pilihan wisatawan saat ini. Mendengarkan gemuruh dan gemercik air terjun yang jatuh serta mengalir pun seolah telah menjadi terapi penghilang stres yang manjur. Selain itu, air terjun banyak wisatawan pandang sebagai spot yang memerlukan petualangan karena biasanya berada di dalam hutan sehingga akses jalannya cukup menantang. Namun, berbeda dengan Curug Badak Batu Hanoman yang tak perlu tracking terlalu jauh dan terjal.

Bagi Anda yang masih pemula dalam berjalan kaki di tengah alam, tetapi ingin menikmati keindahan air terjun, maka wisata ini adalah jawabannya. Untuk mengetahui informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini sebagai referensi, simak artikel kami selengkapnya, ya. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Daya Tarik Curug Badak Batu Hanoman

Setiap air terjun tentu memiliki keindahan yang menjadi daya tariknya tersendiri, begitupun dengan Curug Badak Batu Hanoman. Anda dapat menikmati tiga aliran air terjun dalam 2 lokasi yang masih dalam satu kawasan wisata sekaligus. Yang pertama adalah Curug atau Air Terjun Badak yang memiliki dua aliran yang saling bersisian. Ketinggian air terjun ini berkisar antara 40 hingga 50 meter dengan debit air tergantung pada musim. 

Warna airnya jernih dengan aliran sungai di bawahnya yang biasa menjadi tempat wisatawan bermain air. Air terjun ini berlokasi di Gunung Talaga Bodas Tasikmalaya sehingga airnya mengandung belerang. Oleh karena itu, warga sekitar percaya bahwa airnya dapat menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit.

Penamaan Badak pada curug ini berasal dari batuan alami yang menonjol di tengah aliran salah satu air terjunnya. Batu tersebut mirip dengan cula badak sehingga menjadi asal usul penamaan air terjun ini. Pesona air terjun ini begitu terlihat dari airnya yang jatuh dari ketinggian tebing yang menghijau karena tertutupi vegetasi alam. Pepohonan hijau yang menguarkan nuansa sejuk pun turut menambah daya tarik Curug Badak Batu Hanoman.

Lanjutkan perjalanan lebih jauh, maka Anda akan menemukan Curug Hanoman yang mengalir memanjang dengan landai seperti ekor kera. Itulah mengapa air terjun ini bernama salah satu tokoh kera dalam pewayangan, yakni Hanoman. Wisatawan bisa lebih leluasa bermain air di curug ini karena memiliki kolam alami yang lebih luas.

Hutan Pinus

Pesona Curug Badak Batu Hanoman tak hanya berasal dari air terjunnya, tetapi juga alam sekitarnya yang eksotis. Salah satunya adalah hutan pinus yang berdekatan dengan lokasi air terjun. Anda bisa beristirahat dengan bersantai di atas hammock atau berburu spot foto instagramable berlatarkan jejeran pinus yang indah. Tersedia juga kafe bergaya kekinian bagi Anda yang ingin ngadem di tengah hutan pinus sembari ngopi.

HTM dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp10.000 per orang dengan biaya parkir Rp2.000 per motor dan Rp5.000 per mobil. Dengan biaya tersebut, Anda bisa mengakses dua curug dan kolam air panas, lho. Jika ingin menyewa hammcok, siapkan lagi biaya Rp5.000. Adapun jam operasionalnya adalah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari.

Fasilitas dan Lokasi Curug Badak Batu Hanoman

Curug Badak Batu Hanoman telah memiliki berbagai fasilitas, seperti area parkir kendaraan, warung-warung, musala, toilet, saung, hingga spot foto. Tersedia juga kolam air panas, kafe, dan camping ground. Alamat objek wisata ini adalah Desa Sukasetia, Kec. Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 42056. Berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya dengan jarak tracking sekitar 250 meter saja. (Rismawati/Djavatoday)

Pantai Pangasan Pacitan dengan Pesona Persawahan

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan eksotisme alam dari beberapa kombinasi.

Coban Srikandi Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Srikandi Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri.

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya