spot_img
Selasa, Agustus 16, 2022
spot_img

Curug Awang Sukabumi, Pesonanya bak Niagara Falls Mini 

Curug Awang Sukabumi merupakan satu dari banyaknya rangkaian air terjun yang ada di kawasan Geopark Ciletuh. Wisata air terjun ini memiliki pesona yang memukau yang berbeda dari yang lain. Yakni aliran airnya yang melebar dan deras, seperti indahnya Niagara Falls di Benua Amerika. Uniknya, Niagara Falls mini ini berada di tengah-tengah pematang sawah yang hijau memanjakan mata.

Berlibur dan menjelajah Taman Geologi Ciletuh rasanya belum lengkap jika tak berkunjung ke curug ini. Meskipun akses jalan yang belum begitu baik, curug ini senantiasa menjadi destinasi bagi mereka yang ingin healing. Termasuk bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan persawahan dengan udara sejuk.

Tentang Curug Awang Sukabumi

Curug Awang Sukabumi memiliki arti “air terjun di langit” karena “awang” berarti “langit” dalam bahasa Sunda. Nama “awang” tersemat karena air terjun ini termasuk memiliki ketinggian yang cukup, yakni sekitar 40 meter. Julukan Niagara Falls Mini juga ada alasannya, lho. Yakni karena lebar curug yang mencapai 60 meter  sehingga air yang mengalir bak tirai, indah sekali!

Keindahan Niagara Falls-nya Jawa Barat

Daya tarik curug ini terletak pada debit air terjun yang deras dengan lebar aliran air yang tak biasa. Air tersebut berasal dari Sungai Ciletuh dan selanjutnya mengalir ke curug lainnya. Megahnya air terjun ini juga begitu terasa karena tebing yang menyangga airnya begitu kokoh. Warnanya cokelat kemerahan, membuatnya terlihat begitu eksotis.

Tempias airnya pun tak jarang menciptakan kepul putih dan menggenang membentuk kolam di bawahnya. Curug Awang Sukabumi juga memiliki pesona lain, yakni persawahan hijau yang mengelilingi curug. Pepohonan hijau khas pedesaan pun bisa Anda jumpai di sana.

Hunting Foto di Curug Awang Sukabumi

Mengabadikan keindahan alam dan mempostingnya di media sosial memang sedang trend, Sobat Djava. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari tempat-tempat indah agar bisa hunting foto sepuasnya. Nah, curug ini bisa lho menjadi salah satu pilihannya. Pesona air terjun dengan tebing dan bebatuan di sekelilingnya wajib Anda potret!

Saat musim hujan, Anda bisa mengabdikan view-nya dari bawah air terjun. Debit airnya akan cenderung deras, jadj Anda harus tetap berhati-hati. Namun, saat musim kemarau, debit air biasanya berkurang bahkan lebar air terjun akan terkikis. Anda pun bisa memotret dari atas air terjun.

Memotret alam di sekitaran Curug Awang Sukabumi juga bisa Anda lakukan. Terutama view sawah, pegunungan, dengan air terjun di bawahnya. Anda bisa memotret dari sebuah jalur jalan kayu yang aesthetic.

Aktivitas di Curug Awang Sukabumi

Tak hanya bisa hunting foto, Anda tentu bisa menikmati liburan dengan aktivitas seru lainnya. Misalnya dengan duduk-duduk di batu dekat curug sembari menikmati keindahan air terjunnya. Anda juga bisa bersantai dari jembatan kayu yang berada di tengah pematang sawah. Bermain air di dekat curug juga bisa, asalkan Anda harus tetap mengutamakan keselamatan, ya!

Lokasi dan Akses Jalan

Curug Awang Sukabumi berada di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Tepatnya berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, sebuah taman geologi yang telah diakui UNESCO. Akses jalan menuju lokasinya sebenarnya bagus, Anda tinggal mengikuti jalan utama sesuai maps. 

Namun, sekitar 1 km menuju lokasi, Anda akan masuk pada jalan yang berbatu. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya pastikan kondisi kendaraan benar-benar prima. Kami sarankan juga untuk tidak menggunakan mobil pendek karena jalan yang tidak mendukung. Meski akses jalan yang penuh rintangan, perjuangan Anda akan terbayarkan saat melihat air terjunnya.

HTM, Fasilitas, dan Jam Operasional

Fasilitas di Curug Awang Sukabumi di antaranya area parkir, toilet, dan warung-warung makan. Adapun jam operasional wisata ini adalah setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuknya adalah Rp15.000 per orang. Kemudian biaya parkirnya adalah Rp5.000, terjangkau, bukan?

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung ke curug ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips berkunjung agar liburanmu lebih lancar. Pertama, pastikan Anda datang dalam kondisi sehat dan pastikan kendaraan pun tidak rusak. Kedua, gunakan sandal gunung atau sandal yang tidak licin agar lebih aman saat berada du dekat air terjun. Ketiga, datanglah saat musim hujan jika Anda ingin melihat view air terjun yang full menutupi tebing dengan debit air yang deras.

Namun, jangan datang saat hujan sedang deras karena takut akses jalannya licin dan warna airnya keruh. Jika Anda datang saat musim kemarau, debit air terjunnya akan berkurang. Jangan lupa juga untuk membawa kamera terbaik untuk berfoto di Curug Awang Sukabumi. (Ris/Djavatoday)

Kebun Teh Jangkung Malabar, Spot Healing di Pangalengan

Kebun Teh Jangkung Malabar merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan lanskap pegunungan. Destinasi wisata ini memiliki perkebunan teh yang hijau memanjakan mata. Pepohonan...

Curug Seribu Bogor, Suguhkan Panorama Eksotis Beraura Mistis

Curug Seribu Bogor merupakan suatu wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah rimbunnya pepohonan. Suasana asri yang sejuk akan terasa begitu menapakkan...

Tebing Keraton Bandung, Wisata Alam dengan Pemandangan Epic

Tebing Keraton Bandung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam yang epic. Gugusan pegunungan yang berselimut kabut tipis begitu memesona bak lukisan...

Wisata Patitie Blado, Ngopi Sambil Wisata Kebun Teh

Kabupaten Batang dianugerahi panorama alam indah serta udaranya yang sejuk. Oleh karena itu, banyak wisata alam di Kabupaten Batang yang menyajikan view hamparan perkebunan...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya