Senin, April 22, 2024

Coban Tarzan Malang: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Coban Tarzan Malang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer karena menawarkan kesejukan. Meskipun air terjunnya tidak setinggi yang lain, tetapi keunikannya tetap menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi wisata ini memiliki fasilitas kafe yang mengusung konsep unik yang menyatu dengan alam. Cocok bagi Anda yang ingin bersantap sembari bersantai menikmati kesejukan dan gemercik air sungai yang menenangkan.

Kelebihan lain dari objek wisata air terjun ini adalah track jalannya yang tidak sulit apalagi curam. Jarak tempuhnya pun tidak begitu jauh, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 hingga 20 menit saja. Tak heran jika wisata alam ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama anak muda.

Nah, bagi Anda yang juga penasaran dengan objek wisata ini, bisa langsung datang, ya. Namun, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu artikel ini karena kami akan memberikan ragam informasi menarik tentang Coban Tarzan Malang. Sobat Djava bisa menjadikannya sebagai referensi. Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Serba-serbi Coban Tarzan Malang

Mendengar namanya, Sobat Djava pasti akan langsung teringat dengan salah satu karakter dalam film Hollywood terkenal, yakni Tarzan. Namun, ternyata penamaan air terjun atau dalam bahasa Jawanya “coban” ini tak memiliki kaitannya dengan tokoh film tersebut. Penamaan “Tarzan” sendiri konon berasal dari seorang pria yang singgah ke daerah tempat coban berada.

Pria tersebut hidup hingga meninggal di daerah tersebut. Nama dari pria tersebut adalah Pak Tarzan yang sekarang menjadi nama dari air terjun ini. Fakta lain tentang Coban Tarzan Malang adalah keberadaannya yang berada di kaki Gunung Bromo. Udara sejuk dengan alam yang masih asri pun tersaji dengan apik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Objek wisata ini memiliki kesejukan alam yang cocok menjadi tempat untuk refreshing. Harga tiket masuknya pun sangat murah, hanya Rp5000 saja per orangnya. Jika Anda membawa kendaraan, siapkan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor atau Rp10.000 untuk tiap mobil. Harga tiket tersebut sudah termasuk akses ke dua air terjun lainnya, lho.

Adapun jam operasional wisata Coban Tarzan Malang adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.25 setiap harinya. Kami sarankan untuk datang saat cuaca cerah, ya! Harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas dan Lokasi

Destinasi wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari area parkir yang luas, warung-warung makan, toilet, musala, spot foto, hingga kafe. Uniknya, kafe di sini memiliki konsep yang menyatu dengan alam. Wisatawan yang datang dapat duduk menikmati santapan sembari merendamkan kaki pada aliran sungai.

Bangku-bangku kafe dan mejanya memang berada pada sungai yang memiliki aliran tidak deras. Airnya hanya mengalir tenang dengan suara gemercik tanda air mengalir melewati bebatuan. Sekeliling kafe bernama Kenceh ini adalah pepohonan rindang yang menyejukkan. Wisatawan pun dapat menikmati kesejukan udara Coban Tarzan Malang dan nikmatnya hidangan.

Tertarik mengunjungi objek wistaa ini? Anda bisa langsung datang ke lokasinya dengan alamat Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65155. Akses jalannya cukup baik dan bisa untuk kendaraan roda empat. Saat tiba di area parkir, Anda harus berjalan kaki melewati jembatan kayu dan jalan setapak untuk tiba di air terjunnya.

Daya Tarik Air Terjun

Coban Tarzan Malang berada pada kaki Gunung Bromo sehingga memiliki hawa sejuk dengan pemandangan alam yang asri. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 15 meter, tetapi keindahannya tetap memesona karena airnya mengalir dari tiap sela bebatuan. Bebatuan tersebut adalah dinding tebing yang menjadi sandaran air terjun untuk mengalir.

Warna airnya jernih dengan debit yang cukup deras. Air yang jatuh pun akan tertampung dalam sebuah kolam alami yang tidak dalam. Anda bisa bermain air dan merasakan langsung kesejukan airnya dalam kolam tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan dengan berswafoto berlatarkan indahnya air terjun.

Demikian informasi tentang Coban Tarzan Malang. Jadi, apakah Sobat Djava tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini? (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk...

Pijar Park Kudus, Spot Healing di Tengah Hutan Pinus

Pijar Park Kudus merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep bumi perkemahan, kafe outdoor, hingga wahana outbound. Tempat ini cocok menjadi spot healing...

Curug Orak Arik Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Orak Arik Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang menawan. Air terjun ini masih perawan alias belum banyak...

Umbul Besuki Klaten: Info HTM, Fasilitas, Lokasi

Umbul Besuki Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata ini telah ada sejak 2019 dan menjadi favorit...

Terpopuler

Lainnya