Kamis, Juli 11, 2024

Coban Rais Kota Batu: HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Coban Rais Kota Batu merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang tinggi di tengah hutan yang asri. Tempat ini begitu tersembunyi atau bisa kita sebut sebagai hidden gem yang akan sangat cocok bagi Sobat Djava yang gemar berpetualang. Hal tersebut karena akses menuju air terjun ini cukup menantang membutuhkan trekking yang cukup jauh. Meskipun melelahkan, wisatawan tak lantas surut karena keindahan air terjunnya berhasil menjadi magnet bagi mereka.

Objek wisata ini juga masih satu kawasan dengan destinasi kekinian yang populer di Kota Batu Destinasi liburan tersebut adalah Batu Flower Garden yang memiliki ragam wahana dan spot foto kekinian yang instagramable. Bagi Sobat Djava yang ingin merasakan kesejukan alam yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, maka air terjun ini bisa menjadi solusi terbaiknya.

Pemandangan lembahnya yang indah pun tak jarang membuat wisatawan terkesima. Tertarik berkunjung ke Coban Rais Kota Batu? Mari simak terlebih dahulu artikel ini selengkapnya karena kami akan memberikan ragam informasi menarik dan penting tentang air terjun ini. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Daya Tarik Coban Rais Kota Batu

Coban berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘air terjun’. Air terjun sendiri merupakan jatuhan air dari ketinggian yang biasanya memiliki panorama yang indah. Definisi ini pun sesuai dengan air terjun yang berada di lereng Gunung Panderman ini.

Namanya adalah Coban Rais Kota Batu, berada pada ketinggian dataran tinggi atau pegunungan sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut. Berada pada ketinggian tersebut membuat kawasan air terjun memiliki nuansa yang begitu sejuk bahkan memiliki udara yang cenderung dingin. Cocok mnejadi spot untuk menenangkan atau rileksasi diri, terutama Anda yang selalu berkutat dengan pekerjaan selama sepekan.

Air terjun ini juga berada di tengah hutan dan lembah pegunungan yang indah, membuat kawasannya begitu asri dan alami. Panorama hijau dari pepohonan yang rindang juga begitu memanjakan mata. Apalagi daya tarik utamanya, yakni air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter yang mengalir dari ketinggian tebing. Aliran air yang jatuhnya berbentuk vertikal dengan debit air yang cukup deras.

Kejernihan airnya membuatnya nampak berwarna putih seperti kapas, sangat kontras dengan warna tebingnya yang hijau karena berhiaskan vegetasi alam. Tebing yang penuh dengan tanaman hijau tersebut membuat panorama Coban Rais Kota Batu menjadi lebih eksotis. Anda akan bernar-benar merasakan berada di tengah hutan yang seolah  tak pernah terjamah oleh manusia. 

Berbagai batuan padas pun memenuhi beberapa sudut kawasan air terjun ini, menambah kealamian alamnya. Jatuhan air terjunnya akan menjadi sebuah kolam alami dengan hiasan bebatuan padas. Kemudian dari kolam tersebut akan mengalir lagi menjadi sungai kecil. Wisatawan biasanya bermain air di sungai dan kolamnya untuk merasakan langsung kesegaran airnya.

HTM dan Jam Operasional

Coban Rais Kota Batu mematok harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 per unit motor, untuk mobil tentu harga parkirnya di atas itu, ya. Harga tiket masuk tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata. 

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan 15.00 WIB. Anda bisa mendatanginya kapan pun karena air terjun ini buka setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca cerah dan menuju musim hujan. Agar pemandangannya menawan dan debit airnya mulai bertambah, tetapi masih dalam batas aman..

Fasilitas dan Alamat Coban Rais Kota Batu

Coban Rais Kota Batu berada pada pedalaman hutan sehingga belum terdapat fasilitas di dekat air terjunnya. Jadi, pastikan Anda membawa perbekalan, ya. Namun, terdapat fasilitas yang terdapat di area parkir atau loket tiket. Seperti area parkir, toilet, musala, warung makan, dan objek wisata Batu Flower Garden.

Lokasi air terjun ini berada di Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316. Berjarak sekitar 25 kilometer dari Malang. Saat tiba di area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 9 kilometer untuk ukuran pulang pergi. Biasanya wisatawan tempuh dalam waktu 1 hingga 1,5 jam.

Jalur menuju Coban Rais Kota Batu cukup menantang. Anda akan melewati jalan yang cukup bagus, kemudian memasuki area perbukitan yang naik turun. Bahkan Anda akan menyusuri beberapa sungai. Meskipun cukup menguras tenaga, keindahan air terjunnya akan mengobatinya. Siapkan alas kaki yang tepat untuk berpetualang dan siapkan fiisk yang prima, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya