Selasa, Juni 25, 2024

Coban Putri Kota Batu: HTM, Fasilitas, hingga Alamat

Coban Putri Kota Batu merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun dengan nuansa alam yang asri. Objek wisata ini berada di antara pegunungan yang indah dengan hutan pinus yang sejuk dan eksotis. Cocok bagi Anda yang ingin bersantai di tengah alam, rekreasi, hingga melakukan kegiatan outbound yang seru. 

Tempat ini menjadi salah satu air terjun primadona warga Batu, Malang, dan sekitarnya. Tak heran jika tempat ini selalu ramai oleh wisatawan, bahkan hingga turis mancanegara. Keindahan alamnya yang masih terjaga menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Coban Putri Kota Batu, simaklah terlebih dahulu uraian berikut ini. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini. Mulai dari harga tiket, fasilitas, daya tarik, hingga alamat lengkap.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Coban Putri Kota Batu

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp10.000 sebagai tarif tiket masuknya. Jika ingin berswafoto dengan spot ayunan, tangan dewa, dan bintang di ketinggian, siapkan biaya Rp10.000 per orang. Siapkan juga uang untuk biaya lainnya, seperti mencoba wahana flying fox, camping ground, hingga panjat tebing.

Jika Anda tidak membawa bekal, jangan lupa siapkan uang untuk membeli jajanan atau makanan penghilang lapar di warung yang tersedia. Perlu Sobat Djava ingat bahwa biaya-biaya tersebut bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola Coban Putri Kota Batu. Untuk informasi terbaru setiap saatnya, hubungi nomor 08980388349 atau kunjungi Instagram resminya @cobanputri.

Adapun jam operasional objek wisata air terjun ini adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Agar airnya jernih dan panorama pegunungan lebih epik, sebaiknya Anda datang saat cuaca cerah. Berkunjunglah sedari pagi agar udaranya masih segar dan Anda memiliki banyak waktu untuk bermain sepuasnya.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Coban Putri Kota Batu memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan. Seperti area parkir, toilet, musala, area berkemah, warung, gazebo, hingga spot foto yang instagramable. Tersedia juga wahana flying fox, panjang tebing, dan outbound lainnya seperti offroad menggunakan jeep. Untuk area parkir akan ada biaya retribusinya, yakni Rp3.000 per motor dan Rp5.000 per mobil, sedangkan sewa jeep adalah Rp35.000.

Objek wisata ini berlokasi dekat dengan Coban Rais dan Batu Flower Garden. Lebih tepatny adalah Jalur Lkr. Bar., Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur 65316. Berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu hanya 10 menit saja. Setelah memarkirkan kendaraan, Anda harus berjalan kaki menuju air terjunnya dengan jarak sekitar 400 meter.

Daya Tarik Coban Putri Kota Batu

Coban Putri Kota Batu memiliki dua aliran air terjun dengan masing-masing memiliki ketinggian 15 dan 20 meter. Aliran airnya melebar mengikuti permukaan tebing yang tidak beraturan, membuatnya terlihat unik. Airnya juga jernih, meskipun tidak memiliki debit air yang deras seperti air terjun pada umumnya. Tebing yang menjadi sandaran air terjun terhiasi oleh ragam vegetasi alam dan pepohonan hijau yang memanjakan mata.

Udara di sekitar air terjun pun tentu sejuk karena letaknya yang berada pada lembah kawasan Gunung Panderman Batu. Ketinggiannya mencapai sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Panorama puncak gunung pun bisa Anda saksikan dari gardu pandang yang menjadi tempat berfoto favorit wisatawan. Lanskap hutan pinus pun ikut terbawa menambah keeksotisan.

Selain berburu spot foto, Anda juga harus mencoba kesegaran air dari Coban Putri Kota Batu secara langsung. Aliran air terjunnya akan tertampung dalam kolam alami dengan kedalaman tak lebih dari paha orang dewasa. Anak-anak pun bisa ikut bermain air, tetapi tetap harus dengan dampingan orang tua. Suhu airnya cenderung dingin karena berasal dari mata air alami.

Setelah itu, Anda bisa mencoba menantang adrenalin dengan menaiki flying fox atau melakukan panjat tebing. Jangan lupa untuk menyusuri keindahan area hutan pinus sekitaran air terjun menggunakan jeep sewaan. Jika masih betah, Anda bisa bermalam di Coban Putri Kota Batu dengan berkemah. Namun, harap membawa tenda dan peralatan lainnya sendiri, ya! (Rismawati/Djavatoday)

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Umbul Kroman Klaten, Bisa Pancarkan Aura Kecantikan

Umbul Kroman Klaten merupakan sebuah hidden gem yang menjadi destinasi para pelancong untuk sekadar healing. Tempat ini menyuguhkan sebuah kolam mata air alami yang...

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya