Rabu, Juni 19, 2024

Coban Arema Malang, Bentuknya Mirip Kepala Singa!

Coban Arema Malang merupakan sebuah air terjun yang menjadi objek wisata alam kebanggaan masyarakat Jabung. Objek wisata ini memiliki nama lain, yakni Coban Singo karena bentuk air terjunnya yang mirip dengan kepala singa. Kepala singa sendiri merupakan lambang dari kesebelasan tim sepakbola kebanggaan aremania, yakni Arema FC. Unik sekali, bukan?

Sebenarnya air terjun ini merupakan rangkaian dari 5 air terjun dalam satu kawasan kecamatan yang sama. Dengan begitu, Sobat Djava bisa sekali mendayung, lima air terjun terlampaui. Asalkan siapkan fisik yang kuat karena menyusuri lima air terjun ini akan menguras tenagamu. Meskipun begitu, segala kelelahan Anda akan terbayar dengan keindahan air terjunnya.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang Coban Arema Malang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Daya Tarik Coban Arema Malang

Sobat Djava, salah satu kabupaten yang memiliki banyak pilihan objek wisata adalah Kabupaten Malang. Beberapa kawasannya bahkan merupakan desa wisata yang menyimpan banyak keindahan dan ketenangan. Salah satunya adalah Desa Wisata Ngadirejo yang merupakan kawasan pegunungan dengan banyak air terjun yang menghiasi.

Air terjun yang cukup unik dan menarik untuk Anda kunjungi di desa wisata ini adalah Coban Arema Malang. Coban ini berada dalam satu kawasan dengan Coban Cinde, Coban Jodo, dan beberapa coban lainnya yang memesona. Wisatawan pun bisa mengunjungi semuanya dan menikmati perjalanan yang penuh dengan udara bersih nan segar.

Dari loket atau pintu masuk, Anda akan menemukan Coban Kricik dan Coban Suko terlebih dahulu. Barulah sampai di Air Terjun Arema yang memiliki dua tingkatan air terjun di tengah rimbunnya pepohonan. Tingkatan yang pertama memiliki aliran yang lebih vertikal dari ketinggian puluhan meter dengan posisi yang sedikit menyamping. Alirannya deras dengan warna air seputih kapas.

Airnya kemudian akan mengalir dan menjadi air terjun tingkatan kedua dengan ketinggian yang lebih rendah. Tingkatan yang kedua ini juga memiliki bentuk yang lebih melebar mengikuti tebing berbatu yang menonjol. Batu besar yang teraliri air tersebut mirip dengan bentuk kepala singa sehingga coban ini bernama Coban Arema Malang.

Jatuhan airnya akan tertampung dalam kolam alami yang warna airnya bisa menjadi kebiruan dengan cantiknya. Wisatawan biasanya berenang dan bermain air dalam kolam ini karena airnya yang menyegarkan. Tepian kolam ini merupakan bebatuan yang bisa menjadi tempat wisatawan untuk duduk bersantai.

Panorama Coban Arema Malang menjadi lebih eksotis karena banyaknya pohon-pohon yang rindang. Berbagai vegetasi alam lain yang merambat dan menjuntai pun turut menghiasi. Membuat udaranya begitu bersih dan hawanya menyejukkan. Anda tentu bisa berburu spot foto yang instagramable dengan latar alam yang memanjakan mata.

Alamat dan Jam Operasional

Objek wisata ini berada di Dusun Krajan Bendolawang, Ngadirejo, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65155. Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Tumpang, kemudian di pertigaan Tumpang ambil arah menuju Desa Ngadirejo. Terus jalan hingga tiba di Dusun Bondolawang. Tiba di area pintu masuk, Anda bisa memarkirkan kendaraan.

Lanjutkanlah perjalanan ke Coban Arema Malang dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 1,32 kilometer. Akses tracking menuju air terjunnya tidak mulus, tetapi juga tidak begitu terjal. Sepanjang perjalanan pun Anda akan menikmati keindahan pohon-pohon asri dengan hawa sejuk yang menyegarkan.

HTM dan Fasilitas Coban Arema Malang

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Arema sekaligus 4 air terjun lainnya, Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam. Hanya dengan Rp15.000 per orang saja dan tambahan biaya parkir yang hanya berkisar Rp5.000 sampai dengan Rp10.000. Anda sebaiknya menyiapkan dana untuk keperluan pribadi lainnya, seperti untuk membeli makanan atau menyewa jasa tour guide.

Coban Arema Malang belum memiliki fasilitas yang lengkap, tetapi untuk area parkir, toilet, dan warung bisa Anda temukan di area pintu masuk. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman untuk tracking, ya!  (Rismawati/Djavatoday)

Curug Penganten Banyumas, Eksotis dengan Mitos Romantis!

Curug Penganten Banyumas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan saat menyambangi Provinsi Jawa tengah.

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya