Senin, April 22, 2024

Bukit Katumbiri Purwakarta: HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Bukit Katumbiri Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam dengan daya tarik panorama pegunungan yang indah. Objek wisata ini menawarkan sensasi alam yang sejuk dengan suguhan pemandangan yang memanjakan mata. Kesegaran alamnya cocok menemani waktu luangmu sembari bersantai menghabiskan masa liburan bersama teman atau orang tersayang. Terutama pada kawula muda yang gemar mencari spot healing dengan ragam spot foto yang ciamik.

Liburan memang menjadi sebuah tradisi masyarakat untuk menghilangkan penat dan mengembalikan semangat setelah aktivitas yang padat. Berbagai tempat pun menjadi tujuan para wisatawan untuk menghabiskan liburannya. Kota-kota wisata seperti Bandung, Malang, Yogyakarta, hingga Wonosobo pun tak jarang menjadi sasaran utama. Namun, ternyata Purwakarta pun memiliki ragam wisata menarik yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin refreshing, lho.

Salah satu pariwisata yang baru-baru ini menarik perhatian publik adalah objek wisata alam bernama Bukit Katumbiri Purwakarta. Sesuai namanya, wisata alam ini menyuguhkan daya tarik perbukitan yang membentang luas. Penasaran seperti apa keindahan dan informasi menarik lainnya tentang objek wisata ini? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Bukit Katumbiri Purwakarta

Purwakarta merupakan sebuah kabupaten yang termasuk dalam kawasan Jawa Barat, berbatasan langsung dengan Bandung, Subang, Karawang, Bogor, dan Cianjur. Kabupaten dengan julukan Kota Pensiunan ini memiliki banyak potensi wisata alam karena memiliki gugusan pegunungan yang indah. Maka tak heran beberapa pariwisata Purwakarta mengedepankan panorama pegunungan sebagai daya tariknya.

Seperti objek wisata alam  Bukit Katumbiri Purwakarta yang menawarkan pesona pegunungan dari ketinggian. Anda bisa menikmati keindahan alamnya hanya dengan membayar tiket masuk yang terjangkau, yakni seharga Rp10.000 per orang. Jika Anda datang menggunakan kendaraan, siapkan juga biaya untuk retribusi parkir kendaraan Rp3.000 untuk per unit motor. Sementara untuk mobil, besarnya biaya parkir adalah Rp5.000 per unitnya.

Siapkan juga dana untuk keperluan lainnya, seperti membeli makanan atau oleh-oleh khas Purwakarta. Kemudian untuk jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang cerah. Perlu Anda ketahui bahwa harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu karena tidak bersifat permanen, ya.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek wisata Bukit Katumbiri Purwakarta telah memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk para wisatawan yang datang. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, gazebo untuk bersantai, hingga spot foto yang instagramable. Tersedia juga kantin atau warung sederhana yang menjual ragam makanan dan minuman. 

Adapun alamat lengkap tempat ini adalah Desa Margaluyu, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu setengah jam. Lokasinya juga berdekatan dengan Giri Tirta Kahuripan, sebuah resort di Purwakarta.

Daya Tarik Wisata Bukit Katumbiri Purwakarta

Bukit Katumbiri Purwakarta berada pada ketinggian bukit yang menghadap pada hamparan pemandangan pegunungan. Gugusan pegunungan dan perbukitan yang indah dengan lanskap pemukiman begitu memanjakan mata. Panoramanya akan makin memesona saat momen matahari terbit dan matahari terbenam tiba. Warna jingga akan menghiasi langit dan menyinari puncak gunungnya.

Udara di tempat ini sejuk khas alam yang masih asri dengan pepohonan hijau yang menciptakan nuansa segar. Bersantai sembari menikmati keindahan dan hawa sejuknya akan menjadi healing yang menenangkan. Apalagi sembari berburu foto yang ciamik berlatarkan pemandangan indah tersebut. 

Terdapat beberapa spot foto yang dapat Anda gunakan, salah satu favorit wisatawan adalah sebuah gardu pandang yang menghadap langsung ke lembah. Gardu pandang yang terbuat dari kayu ini cukup tinggi, berposelah semenarik mungkin dan ambil latar alam agar makin ciamik. Anda juga dapat memanfaatkan hutan yang penuh dengan pepohonan tingginya untuk menjadi spot berfoto yang aesthetic. Setelah itu, jangan lupa untuk menikmati keindahan alamnya sembari bersantap nikmat di warung sederhana Bukit Katumbiri Purwakarta. (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk...

Pijar Park Kudus, Spot Healing di Tengah Hutan Pinus

Pijar Park Kudus merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep bumi perkemahan, kafe outdoor, hingga wahana outbound. Tempat ini cocok menjadi spot healing...

Curug Orak Arik Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Orak Arik Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang menawan. Air terjun ini masih perawan alias belum banyak...

Umbul Besuki Klaten: Info HTM, Fasilitas, Lokasi

Umbul Besuki Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata ini telah ada sejak 2019 dan menjadi favorit...

Terpopuler

Lainnya