Minggu, Juli 14, 2024

Bukit Kanaga Majalengka: Daya Tarik hingga Fasilitas

Bukit Kanaga Majalengka merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan lanskap pegunungan dan terasering. Tempat ini juga merupakan sebuah bumi perkemahan yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Bukit ini berada pada kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai dengan ketinggian sekitar 1.300 hingga 1.450 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika udara yang sejuk dengan hawa yang cenderung dingin akan Anda rasakan saat berkunjung ke sini.

Suasana seperti itulah yang cocok untuk Anda jadikan sebagai spot healing dan berlibur saat akhir pekan tiba. Apalagi jika mengajak teman, keluarga, ataupun rekan kerja untuk menikmati keseruan bersama. Ingin tahu lebih lanjut tentang objek wisata alam ini? Simak penjelasannya dalam uraian berikut ini, ya!

Daya Tarik Utama Bukit Kanaga Majalengka

Mendatangi tempat-tempat yang indah dengan udara sejuk yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadi kegiatan yang menarik akhir-akhir ini. Terutama saat hari libur tiba, orang-orang berbondong-bondong mengunjungi tempat dengan suasana tenang untuk sekadar bersantai bersama orang tersayang. Nah, salah satu tempat tersebut adalah Bukit Kanaga Majalengka yang ada pada kawasan Gunung Ceremai. Pemandangannya pun begitu memesona dengan gugusan pegunungan dan perbukitan yang indah.

Yang menjadi ciri khas dari objek wisata ini adalah pemandangan agraris berupa terasering perkebunan warga yang tersusun rapi. Terasering tersebut cukup luas dengan jejeran berbagai tanaman sayuran segar yang meliuk-liuk mengikuti kontur tanahnya. Pemandangan ini pun menjadi spot menarik untuk menjadi latar belakang berswafoto bagi wisatawan.

Bukit Kanaga Majalengka juga memiliki hutan pinus yang menjadi favorit wisatawan untuk berswafoto. Area hutan pinus ini pun menjadi salah satu area untuk berkemah karena teduh dan sejuk. Potret pepohonan pinus yang menjulang tingginya akan makin terlihat eksotis saat kabut menyelimuti. Saat matahari terbit, cahayanya akan menelusup ke sela-sela pepohonan. 

Aktivitas Menarik di Bukit Kanaga Majalengka

Terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa Sobat Djava lakukan saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Salah satunya adalah berwisata menikmati keindahan alamnya yang eksotis. Anda bisa menyusuri area perbukitan hingga hutan pinus dengan berjalan kaki sembari menikmati udara segar. Jika lelah, cobalah untuk bersantai di gazebo yang tersedia sembari menikmati lanskap alam.

Aktivitas lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah berkemah di Bukit Kanaga Majalengka. Area bumi perkemahan ini mencapai 3 hektare sehingga mampu menampung ratusan tenda. Anda bisa bebas memilih ingin mendirikan tenda pada area manapun karena setiap sis dari bukit ini menyuguhkan view yang eksotis. Mulai dari Gunung Ceremai, Waduk Darma, bahkan hingga Gunung Cikuray Garut jika cuaca sedang cerah.

Jika tidak ingin menginap, Anda bisa piknik saja di puncak bukitnya atau di area hutan pinus yang lebih rindang. Bagi Anda penikmat sunset dan sunrise, tempat ini juga cocok, lho. Saat malam, pemandangan akan berganti dengan gemerlapnya lampu-lampu dari perkotaan, alias citylights. 

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk bisa berlibur di Bukit Kanaga Majalengka, Anda perlu menyediakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Menurut review pengunjung dalam Google, tidak ada tambahan biaya parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Namun, nominal biaya ini tidak bersifat permanen, artinya sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai kebijakan pengelola. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi lamam Instagram resminya, yakni @bukitkanaga_official.

Adapun fasilitas yang tersedia adalah area parkir, masjid kecil yang bersih dan nyaman, toilet, dan warung-warung makan. Kemudian terdapat fasilitas camping ground, kayu bakar untuk api unggun, dan ragam spot foto kekinian. Terdapat juga taman bunga dengan warna-warni yang beragam dengan patung naga di tengahnya.

Alamat Lengkap

Tertarik berkunjung ke sini? Kunjungi alamat lengka Bukit Kanaga Majalengka, yakni Kampung, Desa Ciinjuk, Cipulus, Kec. Cikijing, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat 45466. Akses jalannya bisa untuk mobil dan motor, tetapi jalannya cukup sempit. Jalannya sudah beraspal, tetapi konturnya menanjak dan berkelok-kelok. (Ris/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya