Sabtu, Juni 15, 2024

Bukit Cilenguk Boyolali, Tempat Sederhana yang Memesona

Bukit Cilenguk Boyolali merupakan sebuah objek wisata alam yang sederhana, tetapi menyimpan keindahan alam yang memesona. Selain sebagai objek wisata yang hits di kalangan masyarakat, tempat ini juga merupakan sebuah petilasan, Sobat Djava. Meskipun terlihat sederhana dan tidak menyediakan banyak wahana seperti objek wisata lainnya, tempat ini sangat istimewa. Bagaimana tidak, dari bukit inilah Anda bisa menyaksikan betapa megahnya pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Jawa Tengah memang menyimpan banyak sejuta tempat yang menyuguhkan kebesaran Sang Pencipta. Salah satunya adalah sebuah kabupaten yang mendapat julukan kota wisata, yakni Kabupaten Boyolali. Kabupaten yang terkenal dengan sate kere dan jenang pecelnya ini ternyata juga cocok menjadi tujuan wisata saat akhir pekan. Terutama bagi Anda yang ingin merasakan kemegahan alam yang asri dan memanjakan.

Salah satu tempat yang recommended untuk healing di kabupaten ini adalah Bukit Cilenguk Boyolali. Sebelum self healing dan berburu spot foto di sana, simaklah terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya, ya!

Eksotisme Bukit Cilenguk Boyolali

Objek wisata alam yang menyajikan pemandangan luar biasa akhir-akhir ini tengah menjadi trend dalam konten social media. Bukan tanpa alasan, indahnya alam terkadang tak hanya membuat mata segar, tetapi juga mampu menjernihkan pkiran yang gusar. Bahkan badan seolah terisi energi kembali dan siap menjalani hari berikutnya dengan semangat yang berapi-api. Tak heran jika objek wisata alam selalu ramai saat akhir pekan.

Seperti yang terjadi pada objek wisata bernama Bukit Cilenguk Boyolali ini. Bukit ini tak tanggung-tanggung menyuguhkan dua keindahan gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Gagahnya dua gunung legendaris di Pulau Jawa tersebut bisa terlihat jelas, tetapi pastikan cuacanya sedang cerah. Jika cuaca sedang tidak bersahabat, gugusan gunung-gunung tersebut akan tertutup oleh kabut. Selain pemandangan gunungnya yang menawan, tempa ini juga memungkinkan Anda untuk menyaksikan eksotisnya lautan awan.

Seperti petilasan pada umumnya, bukit ini memiliki satu pohon besar yang dahan dan daunnya membuat rindang dan meneduhkan. Dari bingkai pohon besar inilah wisatawan biasanya mengambil foto yang sekaligus berlatarkan Gunung Merapi setinggi 2.910 meter di atas permukaan laut. Wisatawan juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk bersantai di bawah pohon sembari menyaksikan panorama alam. Juga menyaksikan persawahan dan permukiman warga yang berjejer di kejauhan.

Saat malam hari, dari pemukiman tersebut tentu akan terlihat gemerlapan cahaya lampu. Orang biasa menyebutnya dengan lanskap citylights yang tak jarang menciptakan suasana romantis dan kesan yang syahdu. Dari ketinggian Bukit Cilenguk Boyolali, Anda juga bisa menyaksikan fenomenalnya momen sunrise dan sunset yang biasa orang tunggu-tunggu. 

Petilasan Raja Kasunan Surakarta

Selain alamnya yang indah sehingga menjadi objek wisata yang hits, tempat ini juga menjadi petilasan Raja Kasunan Surakarta. Raja tersebut memerintah pada sekitar tahun 1893-1939, bernama Raja Susuhunan Pakubuwono X. Bangunan berupa tembok 2,5 meter pun menjadi ciri dari petilasan tersebut. Pada bangunan tersebut tersimpan batu nisan dan beberapa barang miik Raja Susuhunan Pakubuwono X.

Oleh karena itu, wisatawan yang datang ke Bukit Cilenguk Boyolali harus menjaga sopan santun. Juga harap untuk selalu menjaga kebersihan tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

HTM, Fasilitas, dan Alamat Bukit Cilenguk Boyolali

Selain menampilkan panorama alam yang menawan, bukit ini juga memiliki daya tarik lain. Yakni harga tiket masuknya yang terjangkau untuk semua kalangan, alias gratis. Bahkan Anda tidak perlu membayar biaya parkir kendaraan, lho. Namun, Anda sebaiknya menyisihkan sedikit rezeki untuk sedekah dan masukkan pada kotak amal yang tersedia. Adapun fasilitas yang tersedia adalah area parkir, warung, gazebo, hingga spot foto yang ciamik.

Tertarik berkunjung ke Bukit Cilenguk Boyolali? Catat alamatnya di Dusun III, Lencoh, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57363. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Boyolali-Magelang. Naik sejauh sekitar 200 meter untuk tiba di puncak bukitnya. Jalannya cukup menanjak, akan lebih leluasa jika Anda menempuhnya mengunakan kendaraan bermotor. (Ris/Djavatoday)

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.

Curug Tengah Puraseda Bogor, Miliki Bentuk Unik Bak Perosotan!

Curug Tengah Puraseda Bogor merupakan sebuah objek wisata yang memiliki bentuk unik meliuk layaknya sebuah perosotan. Air terjun yang sempat viral saat tahun 2019...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya