Kamis, Mei 30, 2024

Batu Lawang Cirebon: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Batu Lawang Cirebon merupakan sebuah objek wisata alam baru yang menyuguhkan keindahan dari ketinggian. Bagi Sobat Djava yang ingin merileksasi tubuh dan pikiran setelah sepekan berkutat dengan pekerjaan, tempat ini bisa menjadi pilihan. Hal tersebut karena panorama alam berupa pegunungan dan batuan besarnya yang eksotis begitu memanjakan mata. Semilir angin yang membawa udara segarnya pun turut mendukung suasana untuk healing melepas lelah yang mendera.

Selama ini kita tahu bahwa Cirebon populer dengan hawa panas dan julukan kota udangnya. Namun, siapa sangka kabupaten ini menyimpan tempat dengan panorama eksotis bak latar dalam film-film action luar negeri. Tak hanya panoramanya, fasilitas yang tersedia juga memberikan kenyamanan tersendiri. 

Penasaran ada apa saja pada objek wisata Batu Lawang Cirebon? Simak uraian berikut ini untuk mendapatkan informasi penting sebagai referensi, ya!

Pesona Eksotis Batu Lawang Cirebon

Sobat Djava, pernahkan Anda melihat batu dengan ukuran yang besar, bahkan saking besarnya memberikan kesan yang megah? Jika belum, maka Anda wajib berkunjung ke Batu Lawang Cirebon untuk melihat batuan tersebut secara langsung. Tempat healing yang satu ini memberikan pesona dan daya tarik yang berbeda. Yakni batuan yang terbelah dua secara alami dengan ukuran raksasa yang membuatnya tampah gagah dan juga megah.

Batu-batu tersebut berwarna abu kehitaman sehingga memberikan kesan misterius sekaligus eksotis. Berfoto dengan latar batu tersebut akan memberikan kesan dramatis bak latar sebuah film action. Cocok bagi Anda yang gemar mencari foto instagramable, bahkan tempat ini langganan menjadi lokasi syuting dan foto prewedding. Panorama pegunungan yang hijau pun ikut menambah daya tarik tempat ini.

Camping, Climbing, dan Aktivitas Menarik Lainnya

Dari bebatuan yang ada, wisatawan biasanya duduk bersantai menikmati semilir angin sembari memandangi eloknya alam pegunungan Cirebon. Bagi Anda yang ingin menenangkan diri dengan tadabur alam, Batu Lawang Cirebon adalah pilihan yang tepat. Selain bersantai, terdapat berbagai aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda jajal saat berlibur ke sini.

Salah satunya adalah berkemah pada area hijau dekat taman tepat di dekat bebatuan raksasanya. Bermalam di alam bebas yang memesona dan jauh dari hiruk-pikuk kota tentu bisa manjadi pengalaman baru yang mengesankan. Anda juga dapat berburu indahnya bintang, citylights, panorama matahari terbit, hingga sunset saat berkemah. 

Selain itu, terdapat beberapa aktivitas outbound yang bisa Anda coba. Seperti menaiki flying fox dan mengelilingi area objek wisata Batu Lawang Cirebon dengan ATV. Jika Anda mengajak anak-anak, biarkanlah mereka bermain pada area playground dengan fasilitas bermain ayunan, perosotan, hingga jungkat-jungkit. Terdapat juga area taman hijau dan gazebo jika Anda ingin ngadem menikmati suasana alamnya. Jangan lupa untuk mencoba climbing pada dinding bebatuannya yang lengkap dengan perlengkapan keamanan dan pendampingan dari profesional. 

HTM dan Jam Operasional 

Harga tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau, hanya Rp10.000 saja per orangnya. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk akses fasilitas wahana flying fox dan ATV, ya. Terdapat tambahan biaya parkir Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. 

Untuk Anda yang ingin camping, siapkan biaya Rp15.000 per orang. Begitupun dengan Sobat Djava yang tertarik mencoba climbing. Untuk biaya prewedding, kisarannya adalah Rp250.000 per hari. Nominal biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata, kunjungi Instagram @batulawangcirebon_official untuk informasi terbaru setiap saatnya.

Adapun jam operasional objek wisata Batu Lawang Cirebon adalah mulai pukul 07.00-17.00 WIB setiap harinya. Sementara fasilitas camping tetap buka selama 24 jam. Kami sarankan untuk datang pagi atau menjelang sore agar terhindar dari terik matahari.

Fasilitas dan Alamat Batu Lawang Cirebon

Beberapa fasilitas yang tersedia pada objek wisata ini adalah area parkir kendaraan, toilet, musala, gazebo, spot foto, dan jembatan kaca. Kemudian terdapat fasilitas camping ground, flying fox, ATV, climbing, dan taman bermain anak. Jika lapar, tersedia kantin dan warung-warung yang menjajakan ragam makanan lezat dengan harga terjangkau.

Tertarik untuk datang ke Batu Lawang Cirebon? Kunjungi langsung lokasinya dengan alamat Desa Cupang, Kec. Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45161. Berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota. Kami sarankan untuk datang menggunakan sepeda motor karena jalannya cukup sempit untuk mobil. (Ris/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya