Minggu, Juli 14, 2024

Telaga Sunyi Banyumas: Alamat, HTM, hingga Daya Tarik

Telaga Sunyi Banyumas merupakan sebuah objek wisata yang menyuguhkan keindahan sebuah telaga atau danau yang begitu jernih. Saking jernihnya, Anda bahkan bisa melihat dasar airnya dengan jelas, lho, cocok untuk diving ataupun snorkeling, bukan? Warna airnya memanglah jernih, tetapi jika Anda lihat kolam ini berwarna hijau kebiruan dengan cantiknya. Berpadu dengan warna alam di sekitarnya sehingga mampu menciptakan nuansa asri.

Telaga in berada di dalam area Hutan Limpakuwus dan berada pada kaki Gunung Slamet. Mata air danau ini pun tentu berasal dari gunung tersebut, tak heran jika airnya begitu jernih dan menyegarkan saat menyentuh permukaan kulit. Wisatawan yang datang pun selalu tergoda untuk menceburkan diri alias berenang di telaga ini.

Bagi Sobat Djava yang ingin healing atau sekadar ingin merileksasi jiwa, tempat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa menyimak uraian berikut ini karena kami akan memberikan ragam informasi menarik tentang Telaga Sunyi Banyumas. Yuk, simak selengkapnya, Sobat Djava!

Baca juga: Taman Mas Kemambang, Tempat Rekreasi yang Murah Meriah!

Alamat Lengkap Telaga Sunyi Banyumas

Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya, bahwa objek wisata ini berada di Kabupaten Banyumas. Lebih tepatnya adalah  Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183. Berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota dan lokasinya dekat dengan Lokawisata Baturraden, sekitar 15 menit perjalanan saja. Akses menuju objek wisata ini pun cukup baik dan bisa untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, kontur jalannya memang cukup berkelok dan menanjak khasnya jalan pegunungan, tetapi tidak begitu curam.

Saat tiba di area parkirnya, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke Telaga Sunyi Banyumas dengan berjalan kaki. Tenang, Anda tidak harus mendaki bukit ataupun menuruni lembah, hanya perlu melewati jalur trekking berupa jalan setapak saja. Waktu tempuhnya hanya sekitar 3 hingga 5 menit dengan pemandangan hutan pinus dan damar yang eksotis. Sepanjang perjalanan juga Anda bisa menikmati pemandangan hijau-hijau yang memanjakan mata dan mendengerkan gemercik air sungai yang damai.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa berlibur dan healing di tempat ini, Anda harus menyiapkan biaya tiket masuknya, yakni sebesar Rp15.000 per orangnya. Harganya tetap sama saat hari biasa maupun saat akhir pekan atau libur nasional, sedangkan untuk biaya parkirnya gratis. Jika ingin menyewa ban pelampung untuk berenang, siapkan uang sebesar Rp10.000. Tersedia juga paket snorkeling mulai dari Rp200.000 lengkap dengan peralatannya.

Informasi lain yang tak kalah penting tentang objek wisata Telaga Sunyi Banyumas adalah jam operasionalnya. Menurut laman jatengprov.go.id, jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat hari biasa dengan kondisi cuaca cerah saat pagi hari. Perlu Anda ingat bahwa harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa berubah kapan saja, hubungi nomor 082137500800 untuk informasi terkini.

Fasilitas dan Daya Tarik Telaga Sunyi Banyumas

Untuk berwisata yang nyaman, pihak pengelola wisata telah menyediakan ragam fasilitas yang bisa Anda gunakan. Seperti area parkir kendaraan, toilet, kamar ganti, warung-warung, hingga spot foto yang ciamik berlatarkan alam. Tersedia juga penyewan ban pelampung dan peralatan snorkeling.

Setelah beberapa informasi penting di atas, mari kita beralih ke informasi yang menarik tentang daya tarik Telaga Sunyi Banyumas. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan sebuah telaga yang bening di tengah tebing berbatu. Tempat ini pun menawarkan keseruan aktivitas air seperti berenang, diving, hingga snorkeling karena airnya yang jernih. Anda juga bisa piknik di tepian danaunya sembari menikmati pesona alamnya yang asri.

Alam di sekitar danau ini begitu bersih dan asri dengan pepohonan rindang dan vegetasi alam yang memanjakan mata. Udaranya pun bersih dengan hawa sejuk yang mampu merileksasi jiwa. Anda juga akan mendengar gemercik air terjun kecil yang menjadi sumber air telaga ini. Tepat di samping air terjun, terdapat sebuah goa kecil.

Telaga ini memang tidak begitu luas, kedalamannya pun hanya sekitar 5 meter, tetapi warna airnya yang kebiruan mampu memikat wisatawan. Potretnya berpadu dengan batuan di sekitarnya yang eksotis. Cocok menjadi latar belakang fotomu agar terlihat lebih ciamik. Jangan lupa untuk berenang agar bisa merasakan langsung kesegaran air Telaga Sunyi Banyumas. Namun, pastikan perut Anda tidak kosong karena airnya cukup dingin, lho. (Rismawati?Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya