Sabtu, Mei 25, 2024

Air Terjun Kembang Soka; HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Air Terjun Kembang Soka merupakan sebuah objek wisata alam di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan coban atau curug yang memiliki warna jernih dengan nuansa alam yang asri. Tak hanya itu, wisatawan yang datang juga banyak tertarik karena kolamnya yang berwarna hijau dan terkadang biru tosca. 

Objek wisata ini juga berada di tengah hutan dengan pepohonan yang rimbun dan udara yang segar. Tempatnya cocok menjadi spot untuk healing dan refreshing, apalagi Sobat Djava yang sedang lelah karena beban pikiran. Alam memang selalu menjadi solusi terbaik untuk relaksasi sebelum kembali beraktivitas di keesokan hari.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, mari simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi menarik dan penting seputar Air Terjun Kembang Soka yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak uraian informasinya berikut ini!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Air Terjun Kembang Soka

Untuk bisa berlibur di objek wisata ini, Anda harus menyiapkan beberapa biaya, salah satunya tiket masuk. Biaya tiket masuk objek wisata ini adalah Rp11.000 per orang dengan tambahan biaya parkir motor Rp3.000 atau mobil Rp10.000. Untuk Anda yang ingin merasakan kesegaran air kolamnya, tetapi belum mahir berenang, Anda bisa menyewa pelampung dengan harga Rp10.000 saja.

Siapkan juga uang untuk biaya lainnya, seperti membeli pakaian ganti atau untuk bersantap di warungnya. Adapun jam operasional wisata Air Terjun Kembang Soka adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Khusus untuk hari Senin akan buka hingga pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca cerah.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek wisata ini memang berada di salam hutan, tetapi fasilitasnya cukup lengkap, lho. Di dekat air terjunnya telah tersedia warung yang menjual ragam camilan dan hidangan lezat dengan harga yang terjangkau. Kemudian ada toilet dan kamar bilas serta musala untuk beribadah. Terdapat kios yang menjual pakaian ganti dan juga tempat penyewaan rompi pelampung. Tersedia juga area parkir kendaraan dan loket tiket.

Air Terjun Kembang Soka ini berlokasi dekat di Yogyakarta, tepatnya Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Dari pusat kota Jogja kira-kira menghabiskan waktu 1 jam perjalanan dengan kondisi akses jalan yang cukup bagus. Lokasi curug ini berada di lembah perbukitan Menoreh dengan suasana alam yang masih asri dan berjarak sekitar 39 kilometer dari pusat Jogja.

Daya Tarik Air Terjun Kembang Soka

Objek wisata alam memang selalu menjadi incaran jika hari libur tiba. Nuansanya yang tenang dan membawa kedamaian membuat alam mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Salah satu objek wisata alam yang sering menjadi pilihan adalah curug atau coban.

Yogyakarta memiliki banyak coban dengan keindahan yang memukau, salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka. Coban ini berlokasi di Kulon Progo dan berada di antara lembah alam yang indah. Ketika sampai di area parkir, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni tangga. Kemiringannya cukup curam sehingga Anda perlu berhati-hati.

Jarak yang Anda tempuh tidak begitu jauh, hanya sekitar 200 meter dengan pemandangan alam khas hutan sepanjang perjalanan. Rimbunnya pepohonan akan membuat aktivitas treking lebih mudah karena teduh. Suara burung-burung pun turut meramaikan suasana hutannya.

Sebelum tiba di Air Terjun Kembang Soka, Anda akan terlebih dahulu menemukan kolam alami dengan warna hijau tosca. Sembari beristirahat, Anda bisa bermain air dahulu di sini atau bersantai di gazebonya. Lanjutkan kembali perjalanan, maka Anda akan menemukan jembatan kayu yang artinya Anda sudah sampai di lokasi wisata.

Air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter pun akan menyambut Anda dengan alirannya yang cukup deras dan warnanya yang jernih. Namun, derasnya air tergantung pada kondisi musim, ya. Yang pasti adalah kolam tempat menampung jatuhan air terjunnya tidak pernah surut. Uniknya, kolam yang cukup luas dengan kedalaman 2-3 meter ini berwarna hijau dan terkadang biru tosca!

Kolam toscanya pun menjadi daya tarik yang membuat wisatawan tergiur untuk merasakan langsung kesegaran airnya. Suhu airnya cenderung dingin sehingga menciptakan kesegaran yang bisa menghilangkan kepenatan. Anda bisa berenang dan melompat dari atas ketinggian jembatan kayu untuk menciptakan pengalaman liburan yang menyenangkan. 

Kolam Air Terjun Kembang Soka ini bersumber dari 3 mata air, yakni Kembang Soka, Kalimiri, dan Tuk Jaran. Ke tiga mata air tersebut merupakan air terjun dengan ketinggian yang beragam. Tak heran jika Anda akan melihat aliran air terjun lain dari berbagai sisinya. Selesai bermain air, berenang, dan berburu spot foto, jangan lupa untuk menghangatkan diri dengan semangkuk mie yang lezat di warungnya, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya