Minggu, Juli 14, 2024

Air Terjun Kedung Kayang, Elok dengan Panorama Merapi

Air Terjun Kedung Kayang merupakan objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan curug beserta dengan lanskap Gunung Merapi. Curug yang berada di Magelang ini menjadi salah satu primadona wisata karena keelokannya yang bisa membuat fotomu terlihat instagramable. Kesejukan alamnya juga selalu sukses menggoda banyak wisatawan untuk berlibur dan healing di sana. Meskipun harus melalui trekking yang cukup jauh untuk bisa menikmati kesegaran airnya, pesona curug ini tak pernah menyurutkan semangat wisatawan.

Terutama para kaum muda-mudi yang gemar berpetualang dan menjelajahi alam untuk bisa menikmatinya sebagai bentuk relaksasi diri. Bagi Anda yang gemar fotografi juga akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda hunting foto di sini. Penasaran seperti apa informasi lengkap dari objek wisata ini? Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, ya!

Baca juga: Kemuning Sky Hills, Ada Jembatan Kaca Terpanjang Se-Jawa Tengah

Daya Tarik Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Terdapat ragam daya tarik yang Air Terjun Kedung Kayang tawarkan untuk setiap wisatawannya, yang paling utamanya pastilah curugnya. Curug ini berbentuk lurus dan berasal dari aliran sungai dengan debit air yang deras. Airnya yang jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter begitu jernih dan menyebarkan tempias yang menyegarkan. Sekeliling curug ini adalah berupa tebing tinggi yang melengkung seolah mengungkung area curugnya.

Hal menakjubkan lain yang terdapat pada tempat wisata ini adalah Anda akan menikmati panorama Gunung Merapi dengan jelas. Panorama ini tepat terlihat dari atas curug, berpadu dengan pemandangan sungai dan persawahan yang hijau sejauh mata memandang. View ini tentu begitu memanjakan mata dan bisa menjadi spot refreshing yang menyenangkan. Healing di sini sembari menikmati pemandangan kombo yang memesona patut Anda coba.

Terdapat dua cara menikmati pemandangan Air Terjun Kedung Kayang, dari atas dan dari bawah. Saat menuju lokasi, Anda akan terlebih dahulu sampai pada area gardu pandang atau spot selfie dengan view curug dari atas. Juga dengan sajian panorama Gunung Merapi yang gagah memesona. Jika Anda meneruskan perjalanan, Anda akan sampai pada lokasi jatuhan curugnya dan bisa bermain air di sana. Namun, berhati-hatilah saat bermain karena bebatuannya cukup licin, khawatir akan membahayakan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk yang begitu terjangkau, cocok untuk Anda yang ingin healing dengan budget miring. Harga tiket masuknya hanya Rp4.000 per orang saja! Adapun biaya parkir jika Sobat Djava membawa kendaraan adalah Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. Kemudian terdapat biaya untuk mengakses gardu pandang, yakni Rp5.000 per orang dan Rp2.500 per file foto untuk jasa fotografer.

Sangat terjangkau, bukan? Pastikan pula Anda datang pada saat jam operasionalnya. Air Terjun Kedung Kayang buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dan tutup setiap hari Jumat. Kami sarankan untuk datang saat musim kemarau agar jalur trekkingnya lebih aman dan debit airnya tidak terlalu deras. Jika debit airnya terlalu deras, bisa membahayakan dan ada kemungkinan airnya keruh.

Fasilitas, Alamat, dan Trekking Air Terjun Kedung Kayang

Beberapa fasilitas yang tersedia pada objek wisata alam ini adalah area parkir, toilet, musala, dan warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Namun, fasilitas tersebut hanya ada di dekat area parkir, jadi siapkan perbekalan untuk di lokasi curugnya, ya. Objek wisata ini juga memiliki spot foto kekinian, yang paling populernya adalah gardu pandang yang eksotis terbuat dari kayu menghadap ke panorama curug dan Merapi.

Adapun alamat Air Terjun Kedung Kayang adalah Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56411. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Magelang atau bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Setelah tiba di area parkir, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan untuk tiba di curugnya.

Sobat Djava akan terlebih dahulu tiba pada area gardu pandang. Bersantai dari area ini saja sebenarnya sudah cukup karena pemandangan curug dan Gunung Merapi terlihat jelas. Namun, jika Anda penasaran dengan kesegaran curugnya, lanjutkanlah perjalananmu sekitar 600 meter lagi dengan medan yang tidak selalu mudah. Meskipun perjalanannya cukup melelahkan, pesona Air Terjun Kedung Kayang akan mengobatinya. (Ris/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya