Minggu, Juli 14, 2024

Air Terjun Jumog Karanganyar dengan Fasilitas Lengkap!

Air Terjun Jumog Karanganyar merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam yang menawan. Objek wisata ini juga memiliki fasilitas liburan lain yang lengkap untuk dan mengasyikkan. Bagi Sobat Djava yang sedang mencari tempat rekreasi atau piknik dengan nuansa alam yang asri khas pegunungan, tempat ini bisa menjadi pilihan. Apalagi akses menuju tempat ini tidak begitu melelahkan karena jalur trekking-nya berupa tangga.

Air terjun atau curug ini termasuk pada kawasan wisata Tawangmangu yang populer dengan daerah pegunungannya yang sejuk. Daerah penyuplai oksigen bersih dan udara segar yang banyak dicari para wisatawan yang berasal dari perkotaan. Tempat ini menjadi spot healing dan refreshing yang tepat untuk mengusir rasa penat atau bosan karena rutinitas harian.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Air Terjun Jumog Karanganyar untuk liburan nanti, ada baiknya menyimak terlebih dahulu uraian berikut ini. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik dari objek wisata ini yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya, ya!

Baca juga: Kemuning Sky Hills, Ada Jembatan Kaca Terpanjang Se-Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog Karanganyar

Salah satu kelebihan objek wisata Jawa Tengah selain panorama alamnya yang tak main-main adalah harga tiket masuknya yang terjangkau. Termasuk harga tiket masuk untuk memasuki objek wisata acurug ini, Sobat Djava hanya perlu membayar Rp15.000 saja per orangnya. Nominal biaya tersebut berlaku baik untuk hari biasa maupun saat akhir pekan dan libur nasional. Juga berlaku untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Kemudian, terdapat biaya lain yang harus Anda bayar ketika ke Air Terjun Jumog Karanganyar menggunakan kendaraan, yakni biaya parkir. Adapun besaran biaya parkir tersebut adalah Rp2.000 untuk setiap sepeda motor dan Rp5.000 untuk setiap mobil. Sementara itu, biaya parkir untuk mobil elf adalah 10.000, sedangkan bus adalah sebesar Rp25.000. Perlu Anda ingat bahwa biaya-biaya tersebut tidak bersifat permanen dan bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata.

Daya Tarik Air Terjun Jumog Karanganyar

Mengapa harus berkunjung ke objek wisata curug ini? Jawabannya adalah karena saat berkunjung ke objek wisata ini Anda akan menyaksikan keindahan alam yang memesona dengan nuansa alam yang syahdu. Curug setinggi 12 meternya memang masih kalah tinggi jika kita bandingkan dengan curug lainnya, tetapi keindahannya tak kalah menawan. Aliran curugnya mengalir dari tebing dan jatuh membentuk dua aliran air seperti huruf v terbalik.

Debit airnya cukup deras dan menciptakan suara deburan serta gemercik air yang mengalir dari bebatuan menuju sungai. Warna air dari curug ini juga jernih, kontras dengan warna tebing berbatunya yang gelap kehitaman. Air Terjun Jumog Karanganyar bisa menjadi spot bermain air yang tepat karena airnya berasal dari Gunung Lawu sehingga menyalurkan banyak kesegaran. Udara tempatnya yang bersih dengan hawa yang sejuk juga menghadirkan nuansa syahdu yang bisa me-refresh pikiran.

Pohon-pohon rindang dengan daun yang rimbun juga membuat kesan yang asri dan meneduhkan area wisatanya. Membuat wisatawan nyaman untuk bersantai dan betah berlama-lama di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan berswafoto berlatarkan curug yang indah ini. Anda bisa berfoto dari sebuah jembatan yang melintang di depan air terjunnya.

Fasilitas Liburan Lengkap

Sobat Djava, Air Terjun Jumog Karanganyar memiliki ragam fasilitas liburan yang seru, lho. Salah satunya adalah kolam renang air hangat yang bisa Anda coba dan kolam untuk anak-anak. Kolam semi waterpark ini pun airnya berasal dari Gunung Lawu langsung sehingga begitu segar. Jika ingin merasakan kesan asri yang lebih, Anda bisa memilih berenang atau bermain air dalam sungainya.

Fasilitas lain yang akan memanjakan wisatawan adalah adanya tempat bersantai di sepanjang aliran sungai yang berada di bawah curug. Meja-meja pun tersedia jika Anda ingin bersantai sembari bersantap nikmat. Tersedia juga payung-payung besar sebagai tempat berteduh.

Para pedagang pun memenuhi area tepi sungainya, mulai dari pedagang sate ayam, sate kelinci, soto, dan lainnya. Harganya pun murah meriah, mulai dari Rp10.000-an saja. Jika telah puas bermain air dan bersantap, jangan lupa untuk mandi dan mengganti pakaian dengan yang kering. Tersedia toilet dan kamar mandi yang bisa Anda gunakan.

Alamat Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog Karanganyar beralamat di Jl. Jumog, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793 (081215823237). Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat Kabupaten Karanganyar. Saat tiba di pintu masuk, Anda masih harus melakukan trekking dengan jarak sekitar 400 meter menapaki anak tangga sebanyak 116 buah. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari. (Ris/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya