Rabu, Oktober 27, 2021

5 Rekomendasi Wisata Curug di Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya memiliki anugerah alam yang begitu kaya, salah satunya air terjun atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama ‘curug’. Biasanya suasana di dekat air terjun juga masih asri sehingga cocok untuk dijadikan tempat relaksasi. Berikut ini 5 rekomendasi wisata curug di tasikmalaya, diantaranya :

Baca juga : Objek Wisata Pamijahan yang Terkenal di Tasikmalaya

Curug Agung Galunggung

Baca juga:

Curug Agung Galunggung berada di kawasan wisata Gunung Galunggung. Curug ini memiliki ketinggian 80 meter. Lokasi curug ini berada di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

Namun sayang, pengunjung tidak dapat bermain di bawah air terjun karena akses yang tidak ada. Curug Agung Galunggung hanya bisa dinikmati dari kejauhan saja. Curug ini menawarkan pesona air terjun yang bisa menyala berwarna-warni saat menjelang malam dengan bantuan lampu LED.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 15.000 untuk melihat pesona Curug Agung Galunggung. Meski tidak dapat bermain air terjun, pengunjung tetap bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah ini di gardu pandang.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng merupakan air terjun yang memiliki tiga tingkatan yaitu setinggi 9 meter, 11 meter dan 13 meter. Curug ini terletak di Cikatomas, Tawang Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya.

Selain menawarkan pesona alam yang masih asri dan mempesona, harga tiket untuk memasuki kawasan curug ini juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 5.000,-

Curug Panetean

Curug Panetean merupakan air terjun yang tidak banyak diketahui keberadaannya. Lokasinya berada di Desa Pangliaran, Pancatengah Kota Tasikmalaya. Warga setempat menyebut curug ini sebagai Curug Leuwi yang berarti cekungan. Selain memiliki banyak cekungan, curug ini memiliki banyak kolam dengan kedalaman yang beragam.

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya diminta untuk membayar biaya parkir kendaraan bermotor.

Curug Badak

Dinamakan Curug Badak karena di tengah aliran air terjun ini terdapat batu berbentuk lonjong yang mirip dengan cula badak. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Lokasi curug ini berada di kawasan Gunung Talaga Bodas, di Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya.

Aliran air di curug ini memiliki kandungan belerang sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Harga tiketnya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 5.000.-.

Curug Ciparay

Curug Ciparay disebut juga Curug Kembar, karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berdampingan. Lokasinya berada di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Volume air terjun yang ada di Curug Ciparay ini cukup deras sehingga suhu di sekitar air terjun terasa sangat sejuk. Selain itu suasananya juga masih asri sehingga cocok untuk dijadikan tempat relaksasi. Harga tiketnya juga terjangkau yaitu Rp. 5.000 per orang. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU