Kamis, Mei 30, 2024

Samsung Galaxy A54, Cocok untuk Daily Driver!

Samsung Galaxy A54 merupakan smartphone seri A yang kembali rilis akhir-akhir ini dengan spesifikasi yang lebih baik. Mulai dari desainnya, teknologi kamera, fitur, layar, hingga kualitas prosesornya yang kencang. Meskipun banyak mengalami peningkatan spesifikasi, A54 ini harganya tidak ikut meningkat, lho, Sobat Djava. Itulah mengapa smartphone kelas menengah ini cocok Sobat Djava jadikan daily driver untuk beberapa tahun ke depan.

Ingin tahu lebih jauh tentang smartphone ini? Simak selengkapnya dalam uraian di bawah ini, ya!

Prosesor Samsung Galaxy A54

Dengan harga yang masih sama seperti tipe seri sebelumnya (A53), yakni Rp5.999.000, Samsung Galaxy A54 telah memiliki mesin yang kencang. Mesin prosesor tersebut adalah Exynos 1380, berbeda dengan A53 yang menggunakan Exynos 1280. Upgrade prosesor ini pun terlihat dari skor AnTuTu 9 yang meningkat sebanyak 15% hingga 20%. Single core pun naik sekitar 5%, begitupun dengan multi core yang naik dua kali lipat. 

Exynos 1380 ini membuat permainan gim online yang berat seperti Genshin Impact menjadi lebih asyik dengan frame rate rata-rata 40-56 fps. Sementara untuk gim online MLBB frame rate-nya aman di angka 60 fps, sedangkan PUBGM hanya 30 fps. Angka-angka ini akan terus naik jika ada perkembangan pada software-nya. Namun, secara keseluruhan smartphone ini aman dan nyaman untuk bermain gim dengan suhu tertinggi sekitar 45 derajat Celcius.

Selain prosesornya yang sudah lebih kencang, Samsung Galaxy A54 juga memiliki RAM dan memori internal yang luas. Untuk varian pertama ada RAM 8GB dengan memori internal 128GB yang harganya Rp5.999.000. Kemudian untuk varian keduanya memiliki RAM 8GB dengan memori internal 256GB yang harganya Rp6.399.000. Dengan RAM dan memori internal tersebut, Sobat Djava bebas mengunduh dan menggunakan aplikasi apapun dengan lancar. 

Kamera 50MP

Satu lagi upgrade dari smartphone ini, yakni kameranya yang meskipun megapikselnya turun ke 50MP, kualitasnya justru meningkat! Hal ini karena kameranya lengkap dengan sensor Sony IMX766 dengan ukuran piksel 1 mikron dan teknologi OIS sebagai stabilisator. Kestabilannya meningkat dari 0,95 derajat menjadi 1,5 derajat dan sistem fokusnya pun yang terbaru, yakni All Pixel AF dengan bukaan f/1,8. Selain itu, terdapat kamera ultrawide 12MP dan kamera macro 5MP, sedangkan kamera depannya 32MP. 

Hasil foto menggunakan kamera Samsung Galaxy A54 ini pun sedap, bahkan terasa seperti hasil jepretan flagship S series. Dalam keadaan low light pun fotonya tetap tajam, warna dan kontrasnya bagus, serta tidak banyak noise. Sementara itu, memotret dalam keadaan cahaya yang banyak pun hasilnya bagus. Terlihat tajam, detailnya terjaga, warnanya all out dynamic range bagus, bahkan masih terlihat bagus saat memotret matahari. 

Meskipun sedikit terlihat oversatured karena processing, hasil fotonya tetap terbaik. Begitupun dengan hasil jepretan menggunakan kamera ultrawide-nya yang bisa Anda andalkan untuk berfoto ramai-ramai. Kamera A54 ini juga memiliki fitur remove reflection, recommended untuk Sobat Djava yang gemar selca. Lalu, perekaman video kamera depannya juga tak kalah bagus, bisa merekam di 4K 30 fps.

Layar Super AMOLED dan Baterai

Samsung Galaxy A54 memiliki layar dengan panel super AMOLED beresolusi full HD+ dan refresh rate 120Hz. Brightness smartphone ini juga mencapai 1.000 nits dengan kontras yang bagus, terutama saat di bawah sinar matahari. Sayangnya, desain layar smartphone ini masih berbezel yang cukup tebal, terutama di bagian sisi kanan dan kirinya. 

Soal baterainya, A54 memiliki kapasitas 5.000 mAh dengan daya tahan yang hemat. Scroll TikTok atau YouTube satu jam hanya berkurang sekitar 8%, sedangkan MLBB atau PUBGM setengah jam berkurang 7%. Untuk kecepatan pengisian dayanya sendiri tergantung dari charger yang digunakan, tetapi maksimal yang smartphone ini terima adalah 25Watt. Ini berarti Samsung tidak menyertakan charger pada paket pembeliannya.

Desain Samsung Galaxy A54

Mengenai desain, Samsung Galaxy A54 ini mirip dengan S Seriea dan Galaxy A14 yang tiga kameranya berjejer ke bawah. Bodi belakangnya menggunakan kaca Gorilla Glass dengan frame metal, warna polos, dan finishing yang glossy. Dengan pilihan empat warna yakni lime, putih, black, dan violet, kesan smartphone ini tentu menjadi mewah dan elegan. Selain elegan, fitur tahan airnya juga bisa Anda dapatkan, dengan sertifikasi IP67, tetap aman walau tenggelam. 

Keunggulan lainnya adalah speakernya yang sudah stereo dengan output suara yang all out. Smartphone ini juga sudah ada fitur NFC, gyro hardware, support WiFi 6, mesin getarnya bagus, dan finger print dalam layar. Samsung Galaxy A54 juga memberikan komitmen update OS termasuk OneUI hingga empat tahun ke depan. (Ris/Djavatoday)

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya