Rabu, Oktober 27, 2021

Membersihkan Layar HP Agar Kembali Kinclong dan Jernih

Tips membersihkan layar hp agar kembali seperti baru, bebas lengket dan tidak berdebu. Layar hp smartphone sering bersentuhan dengan tangan bahkan wajah ketika menelpon, sehingga tak heran jika permukaannya mudah kotor. 

Menjaga kebersihan layar hp sangat penting agar tidak menjadi sarang bakteri. Lagipula, layar hp yang bersih akan selalu terlihat baru. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan layar hp. 

Gunakan Lap dengan Serat Lembut

Baca juga:

Untuk mulai membersihkan layar, pastikan hp kamu sudah dalam keadaan power off atau dimatikan dayanya agar tidak terjadi korslet. Disarankan untuk memilih lap berserat halus seperti kain flanel yang kerap digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Tujuannya untuk meminimalisir goresan pada layar. 

Setelah memilih lap dengan bahan yang tepat, kamu harus menggunakan beberapa cairan ini. 

Air Biasa 

Kamu bisa menyemprotkan air biasa ke permukaan lap kain, kemudian gosokkan secara melingkar pada layar hp. Tentu saja kamu harus berhati-hati agar tidak menyemprotkan air terlalu banyak. Jika hp kemasukan air, nantinya malah rusak. 

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan cairan multifungsi yang bisa digunakan untuk menghangatkan badan. Ternyata kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan layar hp. Teteskan pada lap kain, kemudian gosok layar hp dengan gerakan memutar agar kotoran menjadi terpusat dan lebih mudah dibersihkan. 

Selotip

Ada cara lebih mudah untuk membersihkan layar, yaitu dengan menempelkan selotip kemudian mengangkatnya. Debu dan kotoran yang menempel pada layar akan ikut terangkat. Meski terdengar konyol, tapi cara ini cukup praktis dan lumayan ampuh. Apakah kamu ingin mencobanya?

Sinar UV

Cara paling cepat membersihkan layar hp adalah menggunakan sinar UV. Namun cara ini harus menggunakan alat khusus, dan biasanya hanya tersedia di gerai smartphone atau counter hp. Cara ini tidak membutuhkan berbagai macam cairan untuk membersihkan hp, dan kamu bisa memastikan hp menjadi bersih hingga setiap sudutnya. 

Itulah beberapa cara untuk memastikan layar hp tetap bersih. Kuman dan bakteri bisa bersarang dimana saja, terutama permukaan layar hp yang sering disentuh oleh tangan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, lama-lama bisa menyebabkan jerawat. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU