Selasa, Juli 16, 2024

Cara Membedakan Buku Bajakan dengan Buku Original, Jangan Tertipu

Hallo good people. Setiap orang pasti memerlukan buku sebagai penunjang belajarnya. Namun ada banyak sekali buku bajakan yang sudah tersebar. Bagaimana sih cara membedakan buku bajakan dengan buku asli? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat membedakannya.

Cara Membedakaan Buku Bajakan Dari Fisiknya

Tentu saja sebelum kita mengetahui apakah buku yang kita baca bajakan atau bukan. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan.

Cover Buku Tidak Berkualitas

Sebelum melihat isi pasti terlebih dahulu kita melihat cover buku. Nah untuk buku bajakan cover buku akan terlihat tidak berkualitas. Karena cover buku original mempunyai huruf yang timbul. Sedangkan buku bajakan sudah terlihat dari warnanya pun tidak bagus.

Lem Tidak Rapih

Salah satu cara membedakan buku bajakan selain dilihat dari cover. Lihat pinggir buku, karena buku asli lem nya akan rapih dan mulus. Sedangkan bajakan lem nya akan terlihat bergelombang.

Buku bajakan pun akan mudah copot kertasnya. Sehingga akan ada halaman buku yang berceceran dan tertukar.

Kertas Buku Buram

Buku bajakan dapat dibedakan dari jenis kertas yang dipakai. Biasanya buku original akan mulus dan bagus. Sedangkan buku bajakan akan memakai kertas buram seperti yang biasa dipakai ketika ulangan di sekolah.

Cara membedakan buku selain dari kertas. Terlihat pula pada font atau tulisannya. Di buku bajakan font akan terlihat tidak jelas dan dapat merusak mata.Tapi jangan salah ya, banyak juga buku original yang memakai kertas buram. Biasanya banyak buku impor yang memakai kertas buram untuk menekan biaya produksinya.

Cara Membedakan Buku Bajakan Di Online

Ini nih yang sedikit sulit yaitu cara membedakan buku bajakan di Online. Sekarang banyak marketplace yang menjual buku bajakan. Lalu bagaimana kita dapat membedakannya?

Harga lebih murah

Yang sangat terlihat ketika kita akan belanja online adalah harga yang ditawarkan. Biasanya buku bajakan akan menawarkan harga yang murah. Sedangkan buku original tentu saja sedikit mahal. Buku original biasanya dijual dikisaran harga Rp. 50 ribu ke atas.

Mengapa harga buku bajakan dengan buku original jauh berbeda? Karena para percetakan buku bajakan hanya membayar biaya produksi saja. Tidak dengan penerbit buku. Mereka akan membayar penulis, pajak, negara, dan para orang dibagian redaksi.

Penjual Yang Abal-Abal

Jika kita ingin membeli buku. Belilah ditempat yang sudah terpercaya. Dengan rating serta review yang bagus.

Good people. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membedakan buku asli dan bajakan. Namun saran saya daripada membeli buku bajakan lebih baik kita menabung untuk mendapatkannya.

Bahkan kita dapat meminjam buku milik teman ataupun perpustakan. Asalkan kita rawat bukunya dengan baik.Satu hal yang harus kalian perhatikan. Jika kalian membeli buku bajakan itu sama dengan membunuh penulis dan penerbit.

Tidak sulit bukan membedakan buku asli dan bajakan. Nah cara membedakan buku bajakan diatas dapat kalian coba ya. Jangan mudah tertipu dengan harga yang murah ya. Salm literasi. (Pas/Djavatoday)

Poco F6 5G, Review Desain hingga Kamera

Poco F6 5G kini telah hadir memperpanjang series F yang selalu menjadi andalan ponsel pintar kelas menengah atau middle range.

Tips Hasil Foto Bagus Hanya Menggunakan Kamera HP

Tips hasil foto bagus tentunya akan sangat membantumu dalam hal pengambilan gambar. Hasil foto akan lebih menarik jika kamu bisa memperhatikan setiap hal sedetail...

5 Aplikasi Edit Foto Gratis dengan Hasil Memuaskan

Aplikasi edit foto menjadi salah satu kebutuhan yang wajib banget kamu punya. Terutama untuk kamu si penggemar foto atau memang aktif di sosial media....

Review iQOO Z9, Rekomendasi Hp dengan Baterai Awet!

Review iQOO Z9 ini bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk Anda yang memiliki keinginan untuk membelinya. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik seputar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya