spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

6 Tips Menangkal Virus Laptop dengan Ampuh

Tips menangkal virus laptop menjadi sebuah cara yang harus para pengguna laptop dan komputer ketahui. Virus atau malware memang selalu menjadi momok yang menakutkan para pengguna laptop, terutama yang berbasis Windows. Virus laptop bahkan tak hanya memiliki satu jenis. Ada banyak jenis virus yang bisa menyerang laptopmu dan setiap jenisnya selalu berkembang makin mematikan.

Berbanding terbalik dengan perkembangan virus yang pesat, perkembangan antivirus justru cenderung lebih lambat. Padahal antivirus adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah adanya virus yang bisa merusak laptop dan perangkat komputermu. Oleh karena itu, perlu ada cara atau tips lain untuk mencegah virus itu datang.

6 Tips Menangkal Virus Laptop dengan Ampuh

- Advertisement -

Mengapa kita harus mengetahui bagaimana tips m virus laptop? Karena jika kalian membiarkan virus itu memasuki sistem komputer atau laptopmu, itu sangat berbahaya. Virus akan menggandakan dirinya dan menyusup pada program kmputer untuk kemudian merusak sistemnya. Oleh karena itu, simak tips menangkal virus laptop dengan ampuh berikut ini selengkapnya, ya!

Menggunakan Antivirus

Tips menangkal virus laptop yang pertama adalah dengan menggunakan antivirus. Setiap laptop sebenarnya telah memiliki antivirus bawaan yang bernama “Windows Defender” sebagai pertahanan pertama. Namun, agar pertahanan laptopmu makin kuat, tidak ada salahnya untuk menggunakan antivirus lain sebagai backup. 

Sobat Djava bisa menggunakan antivirus gratis seperti Smadav atau antivirus lainnya. Namun, menggunakan antivirus yang berbayar alias premium lebih bagus karena kamu akan mendapatkan update virus terbaru. Beberapa antivirus premium yang bisa menjadi rekomendasi untuk Sobat Djava di antaranya Norton, Kapersky, Avast, atau antivirus lainnya.

Jangan Asal Mengunduh File atau Aplikasi

Tips menangkal virus laptop yang selanjutnya adalah janganlah mengunduh file, aplikasi, atau apapun dengan sembarangan. Jangan sesekali mengunduh file yang mencurigakan dan tidak dikenal. Mengapa? Karena spyware, virus, worm, trojan, bahkan hacker bisa masuk dan mengakses laptopmu melalui file yang kamu unduh tadi. 

Jika Sobat Djava ingin mengunduh file atau aplikasi, pastikan mengunduhnya dari sumber yang resmi dan terpercaya. Berhati-hati juga saat mengunduh aplikasi berbayar yang telah dimodifikasi menjadi gratis. Aplikasi ‘bayangan’ seperti itu cenderung memiliki keamanan yang rendah sehingga berpeluang membawa virus.

Jangan Sembarangan Membuka Link

Tips menangkal virus laptop yang berikutnya adalah jangan sembarangan membuka link. Jika Sobat Djava membuka sebuah link, kemudian muncul peringatan sertifikat keamanan pada website-nya, sebaiknya jangan lanjutkan untuk membuka link tersebut. Pun jika terdapat website atau spam email dengan link yang aneh dari pengirim yang tidak jelas dan anonim, sebaiknya jangan buka.

Scan Perangkat yang Masuk

Selain menjangkit melalui internal laptop, virus juga ternyata bisa masuk melalui cara eksternal. Yakni melalui perangkat yang tersambung ke laptop atau komputer. Biasanya perangkat tersebut adalah flashdisk atau diska lepas dan memory card. 

Untuk mencegah hal-hal yang negatif terjadi nantinya, sebaiknya scan-lah terlebih dahulu perangkat yang akan kamu sambungkan ke laptop. Kamu bisa menggunakan antivirus untuk scan sehingga virus mati dan hilang sebelum masuk ke laptop.

Scan dan Update Antivirus Secara Berkala

Menggunakan antivirus saja ternyata tak cukup, tips menangkal virus laptop berikutnya yang harus kamu tempuh adalah update dan scan antivirus. Lakukanlah update dan scan tersebut secara berkala, minimal seminggu sekali. Bila perlu, aktifkan auto update pada antivirus dan scan berkala.

Nonaktifkan Autorun atau Autoplay

Autorun atau autoplay merupakan salah satu fasilitas pada laptop dari sistem operasinya. Fungsinya adalah untuk menjalankan file secara otomatis ketika media seperti DVD-ROM, CD-ROM, dan flashdik. Mengapa autorun ini harus nonaktif? Karena file virus khususnyayang berkestensi .exe juga akan berjalan otomatis oleh autorun tanpa sepengetahuan laptop.  Berbahaya, bukan?

Nah, itulah 6 tips menangkal virus laptop dengan ampuh. Tips-tips di atas harus selalu Sobat Djava lakukan agar tak ada kesempatan bagi virus untuk menyerang laptop atau komputermu. Cek tips lainnya seputar teknologi di Djavatoday.com ! (Ris/Djavatoday)

5 Rekomendasi Kafe Dengan Tema Unik di Bandung

Selain untuk bersantai, kafe juga sering dijadikan tempat kerja oleh sebagian orang. Selain karena suasana yang nyaman, beberapa kafe juga mengusung tema unik sehingga...

Tips Menguatkan Sinyal Handphone Saat Koneksi Buruk

Tips menguatkan sinyal handphone bisa sangat berguna bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. Mengapa bisa begitu? Ternyata alasannya tidak jauh berbeda dengan mereka...

Tips Memilih Power Bank yang Berkualitas, Pintar Sebelum Membeli

Tips memilih power bank akan memberitahumu hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat akan membeli penyimpan daya tersebut. Mengapa harus ada pertimbangan dulu, langsung...

Tips Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips merawat flashdisk masih tetap menjadi suatu hal yang penting, mengingat masih banyak orang yang menggunakannya. Meskipun penyimpanan yang lebih simpel seperti cloud strorage...
spot_img

Terpopuler

Lainnya