Jumat, April 12, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Cara Mengatasi Laptop Panas dengan Baik dan Aman

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara mengatasi laptop panas tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang banyak menggunakan laptop. Biasanya laptop panas jika terlalu lama digunakan. Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Namun jika laptopmu panas berlebihan maka kamu tidak boleh mengabaikannya.

Permasalahan laptop panas mungkin pernah dialami orang semua pengguna laptop. Kondisi ini akan memengaruhi performa laptop, seperti laptop ngelag atau blank. Blank pada laptop sebenarnya adalah respon dari laptop sendiri agar laptop tidak rusak. Namun jika terus dibiarkan maka pekerjaanmu jadi tidak selesai dengan cepat.

Cara Mengatasi Laptop Panas

Berikut beberapa cara mengatasi laptop panas agar bisa bekerja dengan optimal kembali. Yuk simak pada artikel di bawah ini.

Rutin bersihkan ventilasi

Cara mengatasi laptop panas yang pertama yaitu dengan membersihkan ventilasi laptop secara rutin. Salah satu penyebab dari panasnya laptop adalah tersumbatnya ventilasi. Hal ini bisa terjadi karena ventilasi tertutupi oleh kotoran atau debu. Kondisi ini membuat aliran udara menjadi tidak lancar.

Bersihkanlah ventilasi laptopmu secara rutin. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kuas halus. Bersihkan secara hati-hati dan pelan, ya.

Letakkan laptop pada permukaan yang datar

Jika kamu bekerja menggunakan laptop, pastikan kamu menaruhnya pada permukaan yang datar dan keras. Hal ini dilakukan agar ventilasi tidak terhalang karena akan menyebabkan penumpukan panas.

Hindari meletakkan laptop di tempat yang empuk seperti bantal dan kasur karena bisa memblokir aliran udara yang diperlukan untuk menjaga suhu laptop. Sebaiknya gunakanlah meja atau alas khusus untuk memastikan udara dapat mengalir secara bebas di sekitas laptop.

Atur kinerja laptop

Cara mengatasi laptop panas yang berikutnya adalah dengan mengatur kinerja laptopmu. Jangan terlalu sering memaksa laptopmu untuk terus-menerus bekerja. Apalagi jika seharian dipakai tanpa istirahat. Sepeti halnya manusia, laptop juga perlu waktu untuk beristirahat

Beberapa laptop memiliki opsi pengaturan kinerja di sistem operasi. Jika laptopmu memiliki fitur ini maka kamu bisa mengatur kinerja laptopmu. Pilihlah kinerja yang lebih rendah saat laptop tidak digunakan secara intensif. Dengan begitu maka kamu bisa mengurangi risiko produksi panas pada laptopmu.

Gunakan kipas pendingin

Kalau cara yang satu ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan alat yaitu kipas pendingin. Meski setiap laptop sudah dilengkapi dengan CPU colling fan, kamu juga perlu menggunakan pendingin eksternal sewaktu-waktu jika laptop mengalamai overheat. Kipas pendingin ini akan membantu mengurangi hawa panas pada daerah sekitar laptop.

Matikan laptop

Cara mengatasi laptop panas yang terakhir adalah dengan mematikan daya laptop. Cara ini bisa menjadi opsi paling terakhir jika cara-cara sebelumnya belum cukup ampuh untuk membuat laptopmu kembali ke suhu normal.

Setelah dimatikan, cobalah diamkan laptop beberapa saat sebelum dinyalakan kembali. Biarkan laptopmu menurunkan temperaturnya terlebih dahulu. Setelah dirasa cukup dingin barulah kamu bisa menyalakannya kembali.

Demikian cara mengatasi laptop panas yang bisa kamu lakukan agar laptop kembali normal. Semoga bisa membantumu, ya. (Ume/Djavatoday)

Vivo V30 Pro, Review Desain, Kamera, hingga Baterai

Vivo V30 Pro merupakan ponsel pintar terbaru dari V series yang baru rilis sejak satu bulan lalu dengan harga 9 jutaan. Ponsel pintar ini...

Redmi Note 13 Pro+, Memori Luas untuk Harga 6 Juta!

Redmi Note 13 Pro+ telah rilis beberapa waktu lalu dengan berbagai spesifikasi menarik yang menjadi andalannya. Beberapa spesifikasi yang smartphone ini tonjolkan adalah terletak...

Perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office 2021

Halo good people. Beberapa pengguna Microsoft office tidak mengetahui perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office 2021. Apa saja sih perbedaannya? Yuk kita bahas. Siapa yang...

Samsung Galaxy A55 5G, Hp Mid-range yang Recommended!

Samsung Galaxy A55 5G merupakan smartphone kelas middle range dengan rate harga Rp6 jutaan yang recommended. Harganya tidak jauh beda dengan seri A54 ataupun...

Terpopuler

Lainnya