Rabu, Oktober 27, 2021

Tips Produktif Belajar Daring Selama Pandemi di Rumah Aja

Hello good people. Belajar di rumah aja terkadang membuat kita malas-malasan. Lalu bagaimana agar dapat produktif? Ada tips produktif belajar daring yang bisa good people lakukan selama di rumah aja.

Satu tahun telah berlalu namun pandemi tidak berlalu. Kegiatan belajar di rumah pun terus berlanjut, belum diketahui sampai kapan akan berakhir. Meskipun beberapa bulan kebelakang telah diadakan sekolah tatap muka. Namun, itu tidak bertahan lama karena angka terkonfirmasi COVID-19 terus bertambah.

Tips Produktif Belajar Daring

Baca juga:

Meskipun melakukan segala kegiatan di rumah, namun itu bukan alasan untuk bermasalas-malasan. Justru produktivitas good people selama di rumah harus ditingkatkan, minimal selalu ada. Banyak faktor yang membuat rasa malas itu sulit dihilangkan. Namun, yang paling utama adalah faktor dari diri sendiri.

Lalu bagaimana agar kita bisa produktif dalam belajar daring? Nah ada nih beberapa tips produktif belajar daring di rumah aja yang dapat meningkatkan semangat kalian.

Membuat To Do List

To Do List yaitu membuat daftar apa saja yang akan dilakukan pada hari itu. To do list dapat di tulis dimana saja. Baik dalam media kertas seperti jurnal, buku diary, dan buku catatan, ataupun dengan digital. Adapun media yang dapat dipakai adalah handphone, iPad, laptop dengan menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti notes ataupun google notes.

To do list ini akan membuat kalian bersemangat dalam memulai hari dan menjalani hari. Karena good people akan tertarik dengan mencoret satu kegiatan yang harus dilakukan. Sehingga akan mendapatkan kepuasan tersendiri setelah melakukan semua daftar yang ada di To do list. Dalam belajar daring, to do list ini sangat berguna untuk para siswa ataupun mahasiswa.

Mengapa to do list dapat menjadi salah satu tips produktif belajar daring? Karena, ketika good people menjalani hari maka jadwalnya telah tersusun. Contohnya, pada jam 8-12 Zoom meeting sekolah, jam 12-13 makan siang dan istirahat, jam 13-14 mengerjakan tugas, dst. Nah, good people dapat menambahkan tugas atau projek apapun yang akan dikerjakan.

Mengerjakan Beberapa Tugas

Tips yang kedua adalah mengerjakan beberapa tugas. Jika good people merupakan orang yang gampang bosan, cara ini dapat diikuti. Meskipun belajar daring, tentu tugas selalu ada baik tugas kelompok ataupun individu.

Misalnya good people memiliki 3 tugas yang cukup berat. Nah, bisa nih dikerjakan dalam satu hari sekaligus. Meskipun tidak selesai, namun dapat dikerjakan secara dicicil. Sehingga setiap tugas memliki progres.

Tapi, apabila tugas tersebut memiliki deadline yang cukup dekat. Maka, kerjakan telebih dahulu tugas yang dekat dengan deadline nya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bosan Belajar Daring di Rumah

Bersenang-senang

Kata bersenang-senang sungguh menggoda dan terlihat mengasyikkan. Bersenang-senang versi kalian dapat berupa main game, baca buku, menghirup udahan segar, dll. Nah, kita dapat menyelingi belajar dengan bersenang-senang. Contohnya, ketika sedang belajar matematika lalu selingi dengan main game.

Hal yang perlu diingat ketika bersenang-senang adalah waktu. Jangan sampai waktu kalian habis oleh main game. Sehingga waktu kalian harus terkontrol atau bisa juga menggunakan timer. Seperti 45 menit belajar lalu 15 menit main game.

Jauhkan Jangkauan Handphone

Tips produktif belajar daring selanjutnya adalah jauhkan jangkauan handphone. Handphone memiliki pengaruh yang cukup besar dalam bermalas-malasan. Ketika memegang handphone, tidak terasa bahwa waktu telah terbuang sia-sia. Sehingga handphone ini harus dijauhkan dahulu ketika kita akan belajar.

Selain jauhkan jangkauan handphone, hapus lah beberapa aplikasi yang akan menggangu belajar kalian. Apabila pelajaran yang harus dipelajari berada di handphone, maka usahakan untuk tidak membuka aplikasi lain sampai belajar daring nya selesai.

Nah, itulah beberapa tips produktif belajar daring selama di rumah aja. Yang paling penting dari tips di atas adalah kalian harus tau waktu. Sehingga semua akan berjalan lancar dan tetap produktif. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU