Rabu, Oktober 27, 2021

Tips Mendapatkan dan Mempersiapkan Beasiswa, Bagi Mahasiswa-Pelajar

Tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa harus diketahui dan disiapkan dari jauh-jauh hari. Hal ini agar tujuanmu untuk mendapatkan beasiswa bisa tercapai. Bagi kalian para pencari ilmu, baik pelajar ataupun mahasiswa, beasiswa adalah wish list yang harus kalian dapatkan. 

Mendapatkan ilmu dengan biaya minim atau bahkan gratis, siapa yang akan menolaknya? Terutama bagi kalian yang merasa mengalami kesulitan keuangan untuk membiayai sekolah atau perkuliahan. Beasiswa adalah ‘jalan ninja’ untuk bisa menuntut ilmu dan menggapai impianmu.

Tips Mendapatkan dan Persiapan Beasiswa

Baca juga:

Sebelum membahas tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa, kamu harus tahu dulu apa itu beasiswa. Yang dimaksud dengan beasiswa yakni bantuan yang diberikan kepada mahasiswa atau pelajar sebagai bentuk apresiasi prestasi. Juga sebagai bantuan karena keterbatasan finansial.

Beasiswa bisa bersumber dari pemerintahan, perusahaan negara, perusahaan swasta, ataupun dari luar negeri. Beasiswa juga biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan pelajar, baik yang baru ataupun yang tingkat akhir. Ingin tahu bagaimana tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa? Simak artikel ini selengkapnya, Sobat Djava!

Persiapkan Pengalaman (CV)

Tips pertama adalah kamu harus memiliki banyak pengalaman terutama dalam hal-hal yang berhubungan dengan kontribusi terhadap masyarakat. Biasanya kriteria yang menjanjikan adalah mereka yang aktif berorganisasi di kampus atau sekolahnya, bahkan organisasi masyarakat. 

Menduduki jabatan tinggi dalam organisasi tersebut juga menjadi poin plus. Ikutilah berbagai perlombaan untuk mengoleksi sertifikat prestasi dengan tujuan menambah value-mu. Pemberi beasiswa akan memilih kandidat yang memiliki value lebih dan tentunya sesuai dengan kriteria mereka. Pastikan CV kamu benar-benar ‘berisi’, ya!

Gencar Mencari Informasi Beasiswa

Tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa yang kedua adalah kamu harus mencari informasi beasiswa yang dibuka. Cari sebanyak-banyaknya agar kesempatanmu mendapatkan beasiswa makin terbuka. 

Manfaatkan internet dan sosial media untuk following akun-akun penyedia informasi beasiswa. Follow juga akun ormawa karena biasanya mereka membagikan informasi beasiswa yang sudah mereka filter. At least, itu lebih meyakinkan. 

Buat Schedule Beasiswa

Tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa yang ketiga adalah buatlah kalender schedule beasiswa. Catat beasiswa mana saja yang akan atau telah dibuka dan akan kamu coba beserta waktunya. Sebagian beasiswa dibuka setiap tahunnya. Ini akan membantumu mempersiapkan diri, mulai dari fisik, mental, dan lainnya.

Kenali Tipe Beasiswa

Yang terpenting adalah kamu juga harus mengenali tipe dari tiap-tiap beasiswa yang akan kamu coba. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kriteria yang kamu miliki. Biasanya, tipe beasiswa terdiri dari apresiasi prestasi, seperti kriteria dari IPK atau prestasi tertentu. 

Ada juga tipe beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa atau pelajar yang kesulitan secara finansial. Ada juga beasiswa dengan tipe umum.

Ketahui Syarat dan Pembiayaan Beasiswa

Setelah menentukan tipe beasiswa, kamu juga wajib mengetahui dan memastikan bahwa kamu memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa tersebut. Umumnya, syaratnya berupa untuk siapa target, IPK, prestasi, keadaan ekonomi, dan boleh atau tidaknya untuk yang sedang menerima beasiswa lain. 

Selanjutnya, kamu pastikan bentuk pembiayaan beasiswanya. Apakah beasiswa tersebut full founded scholarship atau akan membiayai kamu hingga lulus. Atau beasiswa tersebut hanya berlaku untuk 1, 2, atau 3 tahun saja. Ketahui juga apakah bentuk pembiayaan beasiswanya hanya mencakup uang semester, atau berikut dengan uang saku.

Persiapan Seleksi Beasiswa

Tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa yang selanjutnya adalah siapkan dirimu untuk menghadapi seleksi beasiswa. Umumnya, tahap seleksi terdiri dari tahap administrasi, yakni penyeleksian berkas-berkas untuk menyesuaikan dengan syarat. Lalu, ada tahap tes dan wawancara atau interview. Terkadang juga ada yang mengharuskanmu membuat suatu project. 

Lakukan dengan sebaik-baiknya, belajar dengan giat dan berlatihlah setiap saat. Semua tahapan seleksi itu adalah bentuk uji kelayakan apakah kamu pantas mendapatkan beasiswa atau tidak.

Pelajari Visi dan Misi Pemberi Beasiswa

Tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa yang tak kalah penting adalah mempelajari visi dan misi pemberi beasiswa. Saat diminta mengisi form, essay, motivation letter, atau lainnya, usahakan related dengan visi misi pemberi beasiswanya. Kamu bisa mencari tahu informasinya melalui website resminya, relasi temanmu, atau para alumni yang telah menerima beasiswa ini sebelumnya.

Kencangkan Do’a

Setelah mempersiapkan semua dengan matang, untuk mendapatkan beasiswanya kamu harus dan wajib untuk berdo’a. Biasanya disebut sebagai ‘pendekatan langit’. Ini memang poin terakhir, tetapi inilah poin yang paling penting di antara semuanya. Libatkan Allah dalam segala hal, karena Dialah Sang Pemilik Segalanya. 

Sejatinya, rezeki telah diatur oleh Sang Maha Kuasa maka mintalah dengan sungguh-sungguh pada-Nya. Perbaiki ibadah dan niatkan beasiswamu untuk mencari ilmu yang bermanfaat dan lillahita’ala. Juga, mintalah ridho dan do’a dari orang tua karena ridho orang tua adalah ridho Allah juga.

Itulah beberapa tips mendapatkan dan mempersiapkan beasiswa bagi mahasiswa dan pelajar. Kunci terpentingnya adalah jangan pernah menyerah apalagi lemah. The best way to get a scholarship is you must try and keep trying. Good luck, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU