Minggu, Juli 14, 2024

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Yuk Simak

Tips memilih jurusan kuliah sangat penting untuk kamu ketahui. Ini karena jurusan kuliah akan sangat menunjang pekerjaanmu di masa depan. Mengetahui jurusan apa yang cocok dan sesuai dengan passion kita akan membuatmu lebih nyaman dan menikmati perkuliahan. Jadi, kamu tidak akan mengeluh salah jurusan di pertengahan kuliah nanti.

Para pelajar apalagi yang sedang duduk di kelas 12, biasanya merasa bingung ketika ditanya akan mengambil jurusan kuliah apa. Faktor penyebabnya di antaranya karena tidak mengetahui apa passion yang kamu sukai atau karena faktor dorongan keluarga. Lalu, apakah sebaiknya kita mengikuti passion kita atau mengikuti saran keluarga?

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Nah, untuk kamu yang masih bimbang dan galau, yuk simak tips memilih jurusan berikut ini!

Ketahui Apa yang Kamu Sukai

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama adalah cobalah mencari tahu hal apa yang kamu sukai. Cari tahu apa yang paling membuatmu bersemangat dan begitu senang? Apakah itu adalah sesuatu yang berhubungan dengan medis, teknik, hitungan, sastra, atau sosial? Bisa jadi itu adalah bidang passion-mu.

Explore bidang kesukaanmu dan cobalah ketahui lebih spesifik. Misal, kamu menyukai hal-hal berbau medis, maka cobalah cari tahu bidang medis mana yang lebih kamu sukai. Apakah yang berhubungan dengan penyakit dalam, kesehatan masyarakat, atau lainnya. Dari situ, kamu bisa menentukan jurusan mana yang lebih cocok kamu pilih.

Ketahui Minat dan Bakat

Setelah mengetahui bidang yang kamu suka, tips memilih jurusan kuliah yang selanjutnya adalah ketahui apa minat dan bakatmu. Akan lebih bagus jika potensi minat dan bakatnu adalah hal yang kamu sukai. Cara mengetahuinya bisa dengan kembali mengingat apa kelebihan dan kelemahanmu. 

Bisa juga dengan menganalisis nilai-nilai raport sekolah atau ujian baik tertulis maupun praktik. Cara lainnya bisa dengan melakukan tes minat bakat. Kamu bisa melakukannya menggunakan berbagai platform di internet.

Riset Jurusan Kuliah

Mengenali, memperdalam, dan menganalisis tiap jurusan kuliah merupakan tips memilih jurusan kuliah yang berikutnya. Pertama-tama, cobalah tulis daftar jurusan kuliah yang sesuai dengan kesukaan, passion, minat, dan bakatmu. Kemudian, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan-jurusan tersebut. Lakukan riset sebanyak mungkin.

Kamu bisa mencari informasi via internet, seperti Google, melalui video atau vlog di YouTube, dan aplikasi media sosial. Cari tahu juga secara langsung dari alumninya atau mahasiswa yang sedang kuliah di jurusan tersebut. Pertimbangkan dengan baik, kemudian coret jurusan yang sekiranya tidak lagi menjadi pilihanmu sehingga tersisa jurusan yang paling sesuai. 

Perhatikan Peluang Masa Depan

Yang paling penting dalam tips memilih jurusan kuliah adalah bagaimana peluangnya di masa depan nanti. Jurusan kuliah setidaknya menjadi acuan profesi yang akan kamu tekuni di masa depan nanti. Jadi, pilihlah jurusan kuliah yang sekiranya tetap dibutuhkan di masa depan. Dengan demikian, kamu bisa eksis berkarir dengan waktu yang lama. 

Peluang pekerjaan atau prospek kerja dari jurusan kuliah bisa kamu cari dengan berbagai cara. Salah satunya dengan bertanya atau mengamati bagaimana kehidupan para alumni dari jurusan tersebut. Bagaimana mereka berkarir setelah lulus dari jurusan tersebut. 

Nah, itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu lakukan. Ada baiknya jika kamu memiliki pilihan jurusan lebih dari satu sebagai cadangan. Setelah menentukannya, kamu harus mulai mempersiapkan dengan belajar agar bisa berkuliah di jurusan yang kamu incar tersebut. Persaingan untuk mendapatkan jurusan tertentu terkadang sangat ketat, so keep prepare yourself better than other! (Rismawati/Djavatoday)

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengawali Semester Baru

Mengawali semester baru merupakan tahap awal yang harus kamu siapkan dengan matang supaya pembelajaranmu lebih terarah. Saat menikmati libur semester yang cukup lama, cobalah...

Gelar Karya P5 SDN 4 Kertasari Ciamis, Tumbuhkan Kompetensi Peserta Didik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SDN 4 Kertasari, Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di lapangan upacara sekolah, Selasa (25/6/2024). Dalam gelar...

5 Keunggulan Perguruan Tinggi Swasta, Tak Kalah Saing dengan Universitas Negeri

Keunggulan perguruan tinggi swasta juga bisa menjadi daya tariknya tersendiri. Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya saat ini banyak universitas swasta yang berkualitas bagus....

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya