Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips Bijak Memilih Presiden dalam Pemilu 2024

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips bijak memilih presiden tentu harus diperhatikan bagi para peserta pemilu 2024 mendatang. Terlebih bagi para generasi Z yang masih cenderung mudah terintervensi. Pemilihan presiden dan wakil presiden sudah makin dekat, kita perlu segera memantapkan pilihan dan memberikan suara untuk paslon terbaik.

Menurut survey penduduk tahun 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau sekitar 27,94% dari total penduduk di Indonesia. Angka yang cukup besar untuk menentukan arah kepemimpinan negara Indonesia. Oleh karena itu, kita harus bisa bijak memilih agar kela tak ada penyesalan karena salah dalam memilih pemimpin negara.

Kami memberikan beberapa tips bagi kamu yang mungkin masih bimbang dan ragu akan memberikan suara pada paslon yang mana. Tanpa terintervensi pada paslon mana pun, berikut kami sajikan beberapa tips bijak dalam memilih presiden dalam Pemilu 2024.

Tips Bijak Memilih Presiden

Berikut beberapa tips bijak memilih pemimpin untuk Indonesia agar makin menjadi negara yang lebih baik lagi.

Telusuri latar belakang paslon

Tips bijak memilih presiden yang pertama yaitu dengan mencari tahu latar belakang setiap paslon. Capres cawapres Indonesia 2024 ini memang semuanya sudah berasal dari dunia politik. Tentunya ada plus-minus dari masing-masing paslon.

Kamu bisa mencari tahu rekam jejak mereka. Pastikan kamu mencari informasi di sumber yang kredibel. Pemahaman latar belakang paslon akan membuatmu mampu menilai dengan lebih cerdas sesuai fakta dan data.

Jangan mudah termakan berita palsu

Musim pemilu seperti sekarang kamu perlu berhati-hati dengan berita yang muncul. Jangan sampai kamu termakan berita hoax yang menjelekkan salah satu paslon. Kamu tidak akan mudah percaya berita palsu jika kamu rajin membaca dan melakukan tips yang sebelumnya.

Jangan hanya ikut-ikutan

Tips bijak memilih presiden yang berikutnya yaitu dengan tidak ikut-ikutan teman. Kamu berhak memilih paslon yang menurutmu paling bagus. Kamu harus bisa menilainya sendiri.

Pemilu 2024 akan menentukan nasib Indonesia lima tahun mendatang. Jangan biarkan hak suaramu sia-sia hanya kamu kurang riset dan hanya ikut-ikutan teman.

Tonton debat secara lengkap

Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa kali menyelenggarakan debat, baik capres maupun cawapres. Acara ini bisa menjadi salah satu cara kamu untuk mengenal setiap paslon. Kamu bisa menilai sendiri visi misi dan program kerja mereka.

Berdiskusi dengan orang-orang yang mengerti politik

Tips bijak memilih presiden yang terakhir ialah dengan perbanyak diskusi. Jika kamu merasa masih belum mengerti tentang politik, maka kamu bisa bergabung dalam forum politik. Kamu juga bisa loh, mengajak temanmu untuk saling berargumen tentang para paslon.

Tak hanya itu, saat ini banyak juga media yang mengadakan acara nobar debat. Di sana kamu juga bisa mendengarkan pendapat-pendapat para pakar politik.

Itulah tips bijak memilih presiden dalam pemilu 2024. Yuk gunakan hak suaramu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai golput, ya! (Ume/Djavatoday)

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...

Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative

Artikel ini berisi tentang Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative di SMP. Sebelum lebih lanjut membahas tentang penerapan Model KWL dalam pembelajaran...

Jangan Asal-asalan! Ini Dia Tips Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat

Memilih jurusan kuliah tidak segampang meneruskan sekolah dari SMP ke SMA. Bukan hanya satu atau dua, kamu harus mempertimbangkan banyak hal dengan matang-matang. Beragam...

Terpopuler

Lainnya