spot_img
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Tips Belajar Bahasa Jepang secara Mandiri untuk Pemula

Tips belajar bahasa Jepang kali ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin kuliah di Negeri Sakura.  Untuk kamu yang ingin menguasai bahasa Jepang karena sekadar hobi juga pas, lho. Menguasai beberapa bahasa asing akan memberimu beragam manfaat. Termasuk bisa mendapatkan pekerjaan, misalnya kamu bisa menjadi guru bahasa Jepang atau menjadi translator yang profesional.

Menguasai bahasa asing bagaikan memiliki pintu yang mengantarkan mu menjelajahi dunia. Kamu tak akan kebingungan lagi ketika mendatangi negara-negara dengan bahasa yang telah kamu kuasai. Belajar bahasa asing termasuk Jepang ternyata bisa Sobat Djava lakukan secara autodidak. Kira-kira, bagaimana caranya?

Tips Belajar Bahasa Jepang secara Autodidak

Selain memiliki tekad kuat untuk bisa menguasai suatu bahasa, ada tips lain yang bisa membantumu, lho. Berikut beberapa tips belajar bahasa Jepang bagi kamu para pemula yang ingin belajar secara autodidak.

Membuat Target Belajar

Mempelajari sesuatu tanpa tujuan atau target yang jelas terkadang berujung pada kata ‘menyerah’. Oleh karena itu, sebelum mulai mempelajari bahasa dari Negeri Sakura ini, sebaiknya kamu membuat target belajar yang terorganisasi. Dengan begitu, arah pembelajaran akan jelas dan lebih efektif.

Tips belajar bahasa Jepang yang satu ini bisa kamu tulis dalam kertas sebagai pengingat. Misalnya dalam 4 bulan kamu harus menguasai buku Minna 1 dan menghafal 100 kanji dasar N5. Targetkan juga untuk mengikuti ujian JLPT (Japan Language Proficiency Test) pada bulan Desember. Targetkan juga untuk bisa memperkenalkan diri dalam bahasa tersebut.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Maudy Ayunda, Yuk Coba

Jangan lupa untuk menyelesaikan buku latihan dengan pemahaman yang baik dan menyelesaikan CD listening 1. Kamu bisa menjadwalkan setiap target belajar tersebut agar lebih terarah. Misalnya Senin waktunya belajar kosakata, Selasa belajar kanji, dan Rabu belajar pola kalimat. Kamis isi dengan latihan soal, Jumat istirahat, dan Sabtu gunakanlah untuk mengulas materi agar tidak lupa. 

Perhatikan Urutan Belajar yang Efektif

Tips belajar bahasa Jepang yang selanjutnya adalah membuat urutan belajar yang efektif. Untuk mempelajari hal-hal dasar, kamu bisa menggunakan buku Marugoto, Irodori, atau Minna no Nihongo 1 dan 2. Urutkan materi-materi dalam buku seperti berikut.

Lancar membaca dan menulis hiragana

Lancar membaca dan menulis katakana

Mempelajari hitungan

Mempelajari waktu (tanggal, tahun, bulan, hari, jam, menit, dll)

Mempelajari satuan (lembar, batang, dll)

Mempelajari kalimat/kata ungkapan dasar sehari-hari

Mempelajari kosakata umum dalam buku

Mempelajari pola kalimat dan partikel

Belajar dengan metode listening dan wacana

Mempelajari arti dan cara membaca huruf kanji Jepang

Tips Tiga Shuu

Tips belajar bahasa Jepang yang berikutnya adalah dengan menerapkan metode tiga shuu. Yakni Yoshuu, Renshuu, dan Fukusyuu yang artinya persiapan sebelum mempelajari materi, saat masuk materi, dan mengulang materi. Ketiga poin tersebut penting untuk menjaga keberlangsungan usahamu dalam belajar bahasa tersebut.

Jam Belajar Efektif

Terapkanlah jam belajar efektif bukan jam belajar yang lama. Jam belajar yang efektif bisa kamu ciptakan dengan fokus dan konsentrasi selama belajar. Hilangkan semua distraksi yang bisa menghilangkan fokusmu, misalnya dengan mematikan gadget. Jangan lupa juga untuk belajar di lingkungan yang tenang agar otak bisa bekerja maksimal memcerna bahasa baru.

Tips belajar bahasa Jepang yang tidak kalah penting adalah luangkan waktu untuk istirahat atau refreshing. Belajar secara terus-menerus alias nonstop juga tidak baik, lho, sebab kepala bisa panas dan mudah suntuk. Yang terpenting Sobat Djava bisa konsisten mempelajarinya dan menikmati prosesnya.

Ingat, belajar bahasa baru secara autodidak atau mandiri tidaklah mudah. Butuh usaha keras secara konsisten juga waktu yang tidak sebentar, jadi kamu harus bersabar. Tumbuhkan selalu motivasi dalam belajar dengan mengingat bahwa ilmu ini adalah sebuah investasi yang akan berguna di kemudian hari. Siapa tahu nanti Sobat Djava mendapat beasiswa ke Jepang atau bahkan bekerja di sana?

Tips Lainnya

Masih ada beberapa tips belajar bahasa Jepang yang bisa kamu lakukan. Di antaranya cobalah belajar listening sembari menuliskan apa yang kamu dengar dan putar rekamannya berulang kali. Kamu juga bisa belajar wacana sembari menerjemahkannya menggunakan kamus kata demi kata. Kemudian, cobalah praktikkan kosakata yang kamu temukan ke dalam pola kalimat dan ucapkanlah agar terbiasa.

Itulah beberapa tips belajar bahasa Jepang untuk pemula secara mandiri yang bisa kamu lakukan. Djava juga bisa mendengarkan lagu-lagu Jepang atau menonton film Jepang untuk belajar tambahan yang lebih menghibur.  Tonton juga video-video YouTube Nihongo Mantappu dari Jerome Polin dkk yang senantiasa mengajarkan bahasa Jepang. Semangat menikmati prosesnya dan jangan menyerah, ya! (Ris/Djavatoday)

5 Rekomendasi Situs Cek Plagiarisme, Gratis dan Kredibel!

Rekomendasi situs cek plagiarisme memang banyak dibutuhkan terutama oleh para mahasiswa. Biasanya ketika pelajar menulis sebuah tulisan seperti karya ilmiah ataupun proposal, tingkat plagiasi...

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Para Introvert

Rekomendasi jurusan kuliah yang akan kita bahas kali ini kita tujukan kepada semua orang yang merasa dirinya introvert. Kepribadian introvert merupakan tipikal orang yang...

Buku Being Happy, Bacaan Untuk Hidup Bahagia Jadi Diri Sendiri

Buku being happy adalah buku karangan dari penulis Andrew Matthews yang terkenal dengan karya buku tentang self-help-nya. Penulis asal Australia ini sudah berkecimpung dalam...

Tips Mengatasi Bosan Belajar Ala Jerome Polin, Bisa Kamu Coba!

Tips mengatasi bosan belajar kali ini datang dari Jerome Polin Sijabat, seorang youtuber muda terkenal asal Indonesia. Jerome Polin merupakan salah satu mahasiswa Indonesia...

Terpopuler

Lainnya